Sukses

Deretan Penyebab Bau Ketiak Tak Sedap Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ketiak sering kali menjadi asal muasal bau badan yang mengganggu. Lakukan cara ini demi menghindari bau tak sedap.

Liputan6.com, Jakarta - Keringat yang keluar membanjiri badan merupakan kondisi alami guna mendinginkan suhu tubuh. Kadang kala keringat mengeluarkan bau tak sedap yang dapat mengganggu penciuman. Bau keringat yang umumnya berasal dari ketiak terjadi akibat penumpukan bakteri.

Mungkin kalian sempat berpikir bau badan disebakan oleh keringat yang keluar. Nyatanya, keringat manusia hampir tidak mengeluarkan bau. Lantas, dari mana datangnya bau tak sedap? Bau ketiak menyengat muncul karena terpecahnya molekul protein dalam keringat di kulit yang menghasilkan bau.

Dilansir dari medicalnewstoday, Kamis (24/11/2022), bau badan biasanya akan terjadi selama masa pubertas, karena hormon dan kelenjar keringat bekerja lebih aktif. Selain itu, orang dengan penyakit tertentu seperti obesitas lebih rentan mengalami bau badan.

Bau tak sedap yang keluar dari badan terjadi karena adanya perkembangbiakan bakteri dan penguraian keringat yang berubah menjadi asam. Adapun area yang lebih sering mengalami bau tak sedap, diantaranya kaki, pangkal paha, ketiak, alat kelamin, pusar, anus dan area belakang telinga.

Gaya dan pola hidup seseorang dapat memengaruhi aroma tak sedap yang keluar dari tubuh mereka. Selain itu, kondisi kesehatan lainnya dan obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan bau badan.

Tak heran, jika setiap individu memiliki bau badan yang berbeda-beda, karena adanya perbedaan gaya hidup mereka. Setiap individu mempunyai kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin memiliki fungsi utama, yaitu mengatur suhu tubuh melalui keringat.

Sedangkan, kelenjar apokrin berfungsi saat kalian mengalami pubertas. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang kaya akan protein, namun tak berbau. Ketika bakteri memecah protein yang ada, inilah awal mula timbulnya bau badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencegahan Awal Bau Badan

Individu yang memiliki konsentrasi kelenjar apokrin besar di ketiak membuat area ini rentan terhadap bau badan. Meski begitu, bau badan tetap bisa muncul di hampir semua bagian tubuh seseorang. Lakukan cara pencegahan awal bau badan sebagai upaya mengontrol aroma tak sedap, berikut ini:

1. Mencuci Area Tubuh dengan Sabun

Kalian harus mencuci area rentan bau keringat dengan sabun, setelah itu pastikan agar kering menyeluruh. Selain itu, kalian bisa menggunakan sabun penghilang bau badan yang tersedia dan bisa dibeli secara online maupun di toko.

2. Mencukur Ketiak

Rambut di area ketiak dapat memperlambat penguapan keringat dan justru memberi bakteri ruang untuk memecah protein sehingga menghasilkan bau. Biasakan untuk rutin mencukur rambut ketiak guna mengontrol bau badan di area tersebut.

3. Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant dapat mengurangi intensitas bau badan yang dihasilkan seseorang. Kandungan ini dapat mengubah volume keringat dan memperhambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan

Dilansir melalui timesofindia, Kamis (24/11/2022), deodoran atau antiperspirant bisa menjadi solusi sementara untuk masalah bau keringat. Adapun 3 cara efektif untuk menghilangkan bau badan, berikut ini:

1. Gunakan Tawas

Tawas merupakan bagian kelompok garam yang bersifat isomorf. Gunakan tawas dengan cara melarutkannya di dalam air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan ketika kalian mandi. Air tawas memiliki kegunaan untuk membersihkan dan juga menghilangkan keringat berlebih.

2. Semprotkan Cuka Apel

Tuangkan cuka apel dengan berukuran satu botol dan campurkan dengan ½ air. Kemudian, masukan ke dalam botol semprot. Gunakan ramuan ini setiap malam di area ketiak sebelum tidur. Cucilah dengan air hangat di pagi hari.

3. Gunakan Kentang

Iris tipis kentang dan gosokkan pada ketiak selama 30 menit, kemudian cucilah dengan air. Dengan begitu, bau ketiak kalian akan menghilang jika cara ini dilakukan secara rutin. 

4 dari 4 halaman

Ketiak Cerah Bebas Gelap

Ketiak merupakan area lipatan yang cenderung berwarna kegelapan. Lipatan ketiak berwarna gelap ini timbul, karena adanya sel pigmen kulit yang berkembang biak lebih cepat dari biasanya.

Warna gelap ini umumnya muncul akibat dari mencukur ketiak yang terlalu sering dilakukan. Padahal, kebanyakan orang mengira mencukur bulu ketiak bisa membantu mencerahkan area lipatan satu ini.

Namun, terlalu sering mencukur ternyata malah menimbulkan kegelapan di area ketiak. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan ketiak gelap?

Mencukur atau mencabut bulu ketiak terlalu sering menyebabkan ketiak gelap. Oleh karena itu, gunakan pelembab guna mengurangi iritasi. Selain itu, kalian pun perlu menggunakan sabun atau busa khusus, sebelum bercukur dan pilihlah produk yang cocok untuk kulit sensitif. 

Langkah terakhir, kalian disarankan untuk mengoleskan pelembab tanpa kandungan pewangi ke area ketiak guna mengurangi iritasi dan mencegah perubahan warna kulit.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.