Sukses

5 Tuan Rumah Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Setidaknya ada lima tuan rumah terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai tuan rumah Piala Dunia tentunya harus memberikan fasilitas terbaik kepada peserta dan para suporter yang menonton secara langsung.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia tentunya menjadi suatu kehormatan bagi suatu negara. Dengan menjadi tuan rumah, negara dapat menunjukkan identitasnya aslinya kepada negara lain. Untuk itu, tuan rumah harus mempersiapkan semaksimal mungkin jalannya helatan akbar Piala Dunia.

Ada sejumlah keuntungan suatu negara dapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Misalnya saja untuk meningkatkan sepak bola nasional dan bisa mentas di Piala Dunia. Sejauh ini, diketahui sudah ada beberapa negara di seluruh dunia yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Setidaknya ada lima tuan rumah terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia. Lantas, negara mana yang masuk sebagai tuan rumah terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bleacherrepor, Rabu (23/11/2022).

1. Inggris Tahun 1966

Piala Dunia tahun 1966 di Inggris menjadi kenangan bagi warga negara Inggris. Karena itu terakhir kali mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia, tapi juga terakhir kali Inggris mengangkat trofi di akhir turnamen.

Persaingan masih sangat kecil, hanya terdiri dari 16 regu dari lima federasi. Hal ini menyebabkan hanya 32 pertandingan yang dimainkan, tetapi stadion masih menarik banyak orang. Dengan lebih dari 51.000 penggemar yang bersemangat menemukan kursi untuk setiap pertandingan, Piala Dunia 1966 menempati urutan ketiga sepanjang masa dengan kehadiran per pertandingan yang memiliki banyak penonton.

Beberapa tempat yang sangat terkenal, masih berdiri sampai sekarang, berfungsi sebagai tempat bermain pada tahun 1966. Villa Park, Stadion Wembley, Taman Goodison, dan Old Trafford adalah empat dari delapan stadion yang tersebar di seluruh Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Amerika Serikat Tahun 1994

Tuan rumah terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia selanjutnya adalah Amerika Serikat. Piala Dunia 1994 merupakan turnamen ke-14 FIFA yang berlangsung mulai 17 Juni hingga 17 Juli 1994.

Meski olahraga sepak bola tidak begitu populer, tetapi Amerika Serikat mampu menunjukkan kehebatan sebagai tuan rumah. Negeri Paman Sam ini berhasil membawa sekitar 68.991 penonton per laga di Piala Dunia.

Piala Dunia yang berlangsung di Amerika Serikat ini menjadi final pertama yang ditentukan melalui tendangan penalti. Brasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Italia dengan skor 3-2 usai bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

3. Korea Selatan-Jepang Tahun 2002

Ini menjadi yang paling inovatif dari semua Piala Dunia, karena untuk pertama kalinya, turnamen ini diadakan di dua negara tetangga dan yang pertama diadakan di Asia. Peristiwa tahun 2002 juga menjadi kali terakhir aturan gol emas aktif.

Korea-Jepang adalah tontonan yang menarik, membuka tempat-tempat dengan perspektif gemilang (kebanyakan di Jepang) dan latar belakang malam hari yang indah.

Sayangnya, itu adalah salah satu Piala Dunia yang memiliki penonton sedikit dalam 30 tahun terakhir, tetapi mendapatkan pengalaman dari kompetisi terbesar permainan yang terbagi antara Asia Timur Laut membuat kesuksesan yang dirayakan.

3 dari 4 halaman

4. Prancis Tahun 1998

Piala Dunia 1998 di Prancis menjadi kali terakhir negara tuan rumah mengangkat trofi di penghujung turnamen.

Les Bleus, dipimpin oleh Zinedine Zidane dan Thierry Henry muda, menangani tim Brasil yang menampilkan pemain yang sangat dipuji seperti Ronaldo dan Roberto Carlos. 

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia menampilkan 32 tim nasional di final, menyiapkan format standar untuk kompetisi mendatang.

Meski berumur pendek, gol emas diterapkan di sini untuk pertama kalinya, hanya untuk dihapuskan oleh FIFA pada tahun 2004.

Afrika Selatan dan Jepang juga lolos untuk pertama kalinya, melambungkan kedua negara menjadi negara tuan rumah di masa depan.

Meskipun tempat-tempat itu kurang estetis daripada kebanyakan turnamen hari ini, 10 stadion yang digunakan memberikan banyak daya tarik sepak bola pedesaan dan tradisional.

4 dari 4 halaman

5. Afrika Selatan Tahun 2010

Ini adalah pertama kalinya Piala Dunia diadakan di tanah Afrika, dan hal ini tentu tidak mengecewakan.

Stadion baru yang gemerlap dipadukan dengan latar belakang yang tak terlupakan dan penggemar yang antusias menciptakan latar yang mendebarkan mulai dari gol pembuka megah Siphiwe Tshabalala melawan Meksiko hingga penyelesaian klasik Spanyol atas Belanda untuk merebut mahkota.

Sementara Vuvuzela menghasilkan banyak kontroversi selama dan setelah turnamen, mereka memberikan banyak budaya untuk dianut, ekspresi flamboyan yang hampir tidak terlihat sebesar itu.

Tidak hanya itu, lagu yang menjadi ciri khas Piala Dunia Afrika Selatan ini sangat dikenang. Mungkin butuh 40 tahun lagi sebelum Piala Dunia kembali ke Afrika, tetapi turnamen 2010 adalah salah satu yang tidak akan pernah terlupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.