Sukses

Sosok Andries Noppert, Kiper Belanda Pemain Tertinggi Piala Dunia 2022

Andries Noppert yang belum lama masuk timnas Belanda berhasil main di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Doha - Persaingan Grup A Piala Dunia 2022 semakin memanas. Pada Senin malam (21/11), tim nasional Belanda berhasil memenangkan duel ketat melawan Senegal di Stadion Al Thumama, Kota Doha, Qatar.

Tim Oranye unggul 2-0 berkat gol telat Cody Gakpo dan Davy Klaasen. Belanda harus menunggu sampai menit 84 untuk memecah kebuntuan lewat sundulan pemain muda berbakat itu. 

Kemenangan De Oranje juga berkat aksi kiper debutan Belanda Andries Noppert yang dengan mudah menjinakkan bola.

Andries Noppert merupakan satu dari tiga kiper yang dibawa pelatih Belanda, Van Gaal, ke ajang turnamen sepak bola internasional itu. Menariknya, Noppert ternyata menjadi pemain tertinggi di Piala Dunia Qatar 2022.

Dengan tinggi 2,3 meter, Andries Noppert menjadi pemain paling jangkung di antara yang lainnya. Lalu, siapa sosok kiper jangkung ini?

Andries Noppert lahir di Heerenveen, Belanda, pada 7 April 1994. Sebelum masuk tim nasional Belanda, Noppert bermain di klub Heenrenveen.

Melansir situs Goal.com pada Selasa, 22 November 2022, lahir dan dibesarkan di Heerenveen, pemain berusia 28 memulai karier sepak bolanya bersama tim lokal, tapi gagal tampil untuk mereka sebelum pergi pada 2014.

Dia kemudian memulai karier nomaden sebagai kiper cadangan dalam skema sepak bola Belanda, hanya membuat enam penampilan liga dalam empat tahun untuk klub NAC Breda antara 2014 dan 2018.

Tidak puas dengan perannya sebagai pemain kedua, Andries Noppert menuju ke tim Serie B Italia, Foggia, untuk musim 2018/19. Mereka diturunkan, ditolak masuk ke Serie C dan dibuat tidak aktif pada akhir musim itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Ditentang Keluarga

Kemudian, Noppert kembali ke Belanda dan bergabung dengan tim tingkat kedua FC Dordrecht dan menentang seruan dari keluarganya serta istrinya untuk melepaskan kariernya sebagai pesepakbola dan mengambil karier yang lebih stabil sebagai petugas polisi.

Dia dilepas oleh tim tingkat kedua setelah hanya satu tahun dan tidak memiliki klub dari Juni 2020 hingga Juli 2021, membuat kariernya sangat diragukan.

3 dari 4 halaman

Tidak Menyerah pada Impiannya

Akan tetapi, pemain jangkung itu menolak untuk membiarkan mimpinya mati, dan keadaan darurat penjaga gawang di tim Eredivisie yang baru dipromosikan, Go Ahead Eagles, memberi Noppert kesempatan pada bulan Januari itu. 

Noppert direkrut sebagai kiper cadangan Go Ahead Eagles pada awal musim 2021-2022.

Penampilannya selama satu musim membuatnya kembali ke Heerenveen, yang sejak itu dia melanjutkan jalannya hingga mencapai puncaknya.

4 dari 4 halaman

Debut Internasional

Noppert pertama kali dipanggil ke skuad Belanda pada musim gugur tahun 2022 oleh Van Gaal, bagai mimpi yang menjadi kenyataan, mengingat Noppert hanya setahun setelah itu kariernya sebagai pesepakbola tampaknya akan berakhir.

Namun, dia tidak melakukan debutnya, karena menjadi wakil di belakang pemain veteran Remko Pasveer.

Maka, merupakan sebuah kejutan ketika para penggemar mengetahui bahwa Noppert akan melakukan debutnya di Belanda dalam laga pembuka Piala Dunia 2022 melawan Senegal di Grup A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.