Sukses

Pakai Rumus Matematika, Pakar dari Universitas Oxford Prediksi Brasil Juara Piala Dunia 2022

Joshua Bull seorang ahli matematika Universitas Oxford memprediksi Brasil jadi juara di Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 resmi dibuka pada Minggu, 20 November 2022. Kali ini, Qatar terpilih sebagai tuan rumah dari kompetisi sepak bola internasional itu.

Mengutip DNA India, Senin (21/11/2022), beberapa tim sepak bola diketahui diperkuat oleh pemain-pemain ternama seperti Argentina dengan Lionel Messi dan Brasil yang memiliki Neymar Jr. Menurut beberapa prediksi, juara bertahan Prancis akan unggul dan memenangkan Piala Dunia Qatar 2022.

Namun, Universitas Oxford telah memproyeksikan rute Piala Dunia dan memprediksi bahwa Brasil memenangkan trofi untuk rekor keenam kalinya.

Menurut proyeksi tersebut, Brasil, Argentina, Prancis, dan Belgia akan lolos ke semifinal Piala Dunia FIFA 2022. Sementara Brasil adalah tim unggulan untuk mengalahkan Argentina.

Joshua Bull, seorang ahli matematika dari Universitas Oxford, telah memprediksi kemungkinan hasil Piala Dunia 2022. Ia menciptakan prediksi 'Oxford Mathematics 2022 World Cup' dengan mengasah fakta-fakta, menerapkan keterampilan pemodelannya, dan menambahkan sedikit asumsi yang menginformasikan pemodelan.

Prediksi dimulai dengan babak penyisihan grup, di mana Belanda, Inggris, Argentina, Prancis, Spanyol, Belgia, Brasil, dan Portugal diantisipasi untuk finis pertama, diikuti oleh Ekuador, Iran, Meksiko, Denmark, Jerman, Kroasia, Swiss, dan Uruguay.

Di mana hasil akhir akan unggul di Brasil, tetapi Belgia memiliki peluang bagus untuk mengalahkan sang juara bertahan. Perkiraan ini mengarah ke putaran final Piala Dunia FIFA 2022, yang akan mempertemukan Brasil melawan Belgia.

Brasil yang memenangkan juara Piala Dunia sebanyak lima kali, memiliki peluang besar melawan Belgia di putaran final, dengan kemungkinan 61,3 persen untuk memenangkan Piala Dunia FIFA 2022. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persentase Kemenangan

Di perempat final, Argentina memiliki 56,5 persen peluang untuk mengalahkan Belanda, sementara Brasil memiliki 58,5 persen peluang untuk meraih kemenangan melawan Spanyol.

Demikian pula, Prancis memiliki peluang 55,7 persen untuk mengalahkan Inggris, sementara Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo diperkirakan akan kalah dalam pertarungan ketat melawan Belgia di perempat final.

Argentina memiliki peluang 56,5 persen untuk mengalahkan Belanda di perempat final, sementara Brasil memiliki peluang 58,5 persen untuk mengalahkan Spanyol.

Prancis memiliki peluang 55,7 persen untuk mengalahkan Inggris, sementara Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo diproyeksikan kalah dalam pertandingan yang ketat melawan Belgia di perempat final.

Seperti yang diprediksikan Joshua Bull, Brasil, Argentina, Prancis, dan Belgia akan lolos ke semifinal Piala Dunia FIFA 2022. Kemudian Brasil menjadi juara Piala Dunia yang memiliki peluang besar melawan Belgia di putaran final, dengan kemungkinan 61,3 persen untuk memenangkan Piala Dunia FIFA 2022.

3 dari 4 halaman

Piala Dunia 2022: Jadwal Lengkap, Hasil, Klasemen, dan Top Skor

Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung akhir November hingga Desember nanti. Seluruh slot telah terisi oleh 32 tim nasional terbaik. Berdasarkan babak kualifikasi, negara-negara zona OFC (Oseania) tidak akan mengirimkan satupun wakilnya di tunamen akbar tersebut.

Hal itu dipastikan setelah satu - satunya wakil zona Oseania yakni Selandia Baru harus takluk oleh tim dari zona CONCACAF (Amerika Utara) Costa Rica pada perebutan tiket terakhir Piala Dunia Qatar 2022.

Simak: negara eropa yang lolos piala dunia 2022

FIFA selaku penyelenggara membagi 32 negara  tersebut menjadi 8 grup dimulai dari A sampai H. Pada babak penyisihan grup kita akan menyaksikan beberapa  partai menarik seperti final kepagian antara Jerman lawan Spanyol di Grup E, partai balas dendam Ghana terhadap Uruguay pada laga perempat final Piala Dunia 2010 Afrika selatan di Grup H, dan beberapa laga laga tim kejutan seperti Costa Rica dan Denmark.

Baca :Berita Klasemen grup g kualifikasi piala dunia 2022

Piala Dunia pertama di kawasan timur tengah ini bisa saja menjadi panggung terakhir bagi aktor - aktor lapangan hijau seperti Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo. Duo Megabintang tersebut bakal berjuang habis -  habisan dalam meraih trofi lapis emas keramat untuk melengkapi koleksi trofi dan rekor pribadi mereka.

Lionel Messi dan kawan kawan harus melawan Polandia, Meksiko, dan Arab Saudi di grup C, sedangkan Ronaldo bersama Portugal akan kontra Korea Selatan, Uruguay dan Ghana dalam perebutan tiket delapan besar. Simak pembagian grup dan jadwal penyisihan Piala Dunia Qatar 2022 pada halaman selanjutnya.

Baca : Hasil play off piala dunia 2022 zona eropa

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Ketahui 6 Fakta Menarik di Balik Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar

Sebanyak 32 tim, termasuk tuan rumah Qatar telah lolos kualifikasi untuk Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan akan berlangsung dari 21 November hingga 18 Desember.

Turnamen edisi ke-22 ini akan menjadi ajang World Cup pertama yang berlangsung di Timur Tengah dan yang terakhir menampilkan 32 tim.

Mengutip Goal.com, Minggu (20/11/2022), negara yang ikut dalam Piala Dunia 2022 Qatarmencakup Qatar, Jerman, Denmark, Brazil, Belgiam Prancis, Kroasia, dan Spanyol.

Lalu ada Serbia, Inggris, Switzerland, Belanda, Argentina, Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Ekuador, Uruguay, Kanada, Ghana, Senegal, Portugal, Polandia, Tunisia, Kamerun, Moroko, Meksiko, Amerika Serikat, Australia, dan Kosta Rika.

Adapun Qatar menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 secara otomatis sebagai tuan rumah ketika mereka memenangkan tawaran untuk menggelar turnamen. Ini adalah penampilan pertama mereka dalam kompetisi setelah sebelumnya tidak pernah lolos ke putaran final.

Pertandingan pertama piala dunia akan mempertemukan Qatar sebagai tuan rumah dengan Ekuador di Grup A pada pukul 19.00 waktu setempat pada hari ini, Minggu (20/11/2022) di Al Bayt Stadium, atau 23.00 WIB.

Menariknya, piala dunia 2022 akan menjadi momen terakhir bagi pemain sepakbola top dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Selain itu, fakta menarik lainnya ialah Jungkook, salah satu personil BTS akan tampil pada upacara pembukaan.

Tentunya, masih banyak fakta menarik Piala Dunia 2022 ini yang dilansir dari The Daily Star:

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.