Sukses

5 Bocoran iPhone 15 Pro, Usung USB Type C hingga Zoom Lebih Canggih

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dirilisnya iPhone 14 pada September 2022, Apple dikabarkan akan merilis iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max sekitar September 2023. iPhone 15 series ini dikabarkan hadir dengan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya.

Dikutip dari Macrumors, Sabtu (19/11/2022), pada September lalu, analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa penjualan yang baik dari model iPhone 14 Pro berpotensi membuat Apple untuk meningkatkan perbedaan antara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, dengan versi iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Meski belum bisa dipastikan fitur dan pembaruan apa saja yang mungkin disematkan Apple pada iPhone 15 Pro, berikut adalah sejumlah bocoran tentang fitur pada ponsel tersebut:

1. Chip A17

Model iPhone 15 Pro akan dilengkapi dengan chipset A17 Bionic yang diproduksi berdasarkan proses 3nm generasi kedua TSMC. Nikkei Asia menyebut, chipset ini akan memberikan peningkatan kinerja dan efisiensi daya smartphone. 

Masih menurut media Jepang tersebut, kemungkinan Apple kembali hanya menghadirkan chipset terbarunya, dalam hal ini A17 Bionic, pada model iPhone 15 Pro. Jika informasi ini benar, artinya selama dua tahun berturut-turut hanya model Pro yang didukung chipset terbaru Apple. 

2. Port USB Type C Berteknologi Thunderbolt 3

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan, kemungkinan besar model iPhone 15 Pro akan menampilkan port USB Type C dengan dukungan untuk setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3. 

Kuo mengatakan, dukungan Thunderbolt 3 akan memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan iPhone dengan Lightning port.

Meski begitu, kehadiran port USB Type C untuk model iPhone 15 standar akan tetap mengusung teknologi USB 2.0, teknologi yang kini juga dipakai oleh port Lightning. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. RAM Lebih Besar

Model iPhone 15 Pro kabarnya juga akan dilengkapi dengan peningkatan RAM, hingga 8GB. Menurut perusahaan riset Taiwan TrendForce, model iPhone 15 standar kemungkinan masih memiliki RAM 6GB, seperti versi saat ini. 

Dengan RAM tambahan, aplikasi seperti Safari browser bisa menyimpan lebih banyak konten aktif di latar belakang. RAM besar juga mencegah aplikasi memuat ulang konten saat dibuka kembali.

4. Tidak ada Tombol Fisik 

Kuo mengatakan, model iPhone 15 Pro akan hadir dengan volume solid-state dan tombol daya. Analis menyebut, perangkat ini akan dilengkapi dengan dua Taptic Engines tambahan yang memberikan umpan balik haptic untuk mensimulasikan perasaan layaknya menekan tombol.

Hal ini mirip dengan tombol Home pada iPhone SE terbaru atau trackpad pada MacBook yang lebih baru.

5. 10x Optical Zoom di Lensa Periskop

Analis Ming-Chi Kuo menyebut, iPhone 15 Pro Max kemungkinan akan dibekali lensa telefoto periskop.

Imbasnya, kamera periskop iPhone 15 Pro bakal memiliki kemampuan 10x optical zoom. Pada versi sebelumnya, adalah 3x optical zoom, yakni di iPhone 14 Pro. 

3 dari 4 halaman

Patuhi Regulasi Eropa Soal Penggunaan USB Type C

Apple diketahui bakal mengikuti regulasi yang diterapkan Parlemen Eropa mengenai penggunaan USB Type-C, sebagai standar pengisian daya untuk perangkat yang dipasarkan di wilayah Uni Eropa.

Hal itu diungkapkan oleh SVP Marketing Apple Greg Joswiak saat berbicara di event Wall Street Journal Tech Live.

Seperti dikutip dari The Verge, pernyataan itu keluar saat Gred ditanya mengenai kemungkinannya mengganti Lightning port ke USB Type-C. Saat itu, ia menjawab, perusahaan harus mematuhinya, karena tidak ada pilihan.

Namun, ia tidak mengungkap secara detil rencana tersebut, termasuk kemungkinan penerapan teknologi ini di luar Eropa. Meski mengaku akan mematuhinya, Apple tampaknya tidak terlalu senang dengan regulasi tersebut.

4 dari 4 halaman

Harga Lebih Mahal dibanding iPhone 14 Pro Max

Apple kabarnya berencana untuk menaikkan harga salah satu model iPhone 15, di penjualan globalnya akhir tahun depan. Adapun model tersebut adalah model iPhone paling premium, yang diduga mengusung nama iPhone 15 Ultra.

Menurut LeakApplePro, seorang leaker populer, peningkatan harga jual iPhone 15 Ultra kemungkinan karena biaya untuk memproduksi yang lebih mahal ketimbang saat memproduksi iPhone 14 Pro Max. 

Meskipun LeakApplePro tidak menyebut secara pasti berapa harganya, kemungkinan harga iPhone 15 Ultra lebih mahal dibandingkan versi pendahulu. 

Sekadar informasi, iPhone 14 Pro Max dibanderol sekitar Rp 22 jutaan untuk model memori 128GB hingga Rp 33 juta untuk varian 1TB.

Kehadiran iPhone 15 Ultra ini memang sudah menjadi perbincangan banyak pihak, karena model tersebut akan menggantikan varian Pro Max untuk masa mendatang. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS