Sukses

Patut Dicoba, 3 Pose Yoga yang Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Siklus menstruasi yang dirasakan wanita memiliki gejala yang tidak nyaman. Dari kram menstruasi yang menyakitkan, kembung, dan kelelahan, hingga jerawat hormonal, nyeri payudara, sakit kepala, dan potensi kemurungan.

Namun, gejala ini tak perlu ditakuti. Ada beberapa alat yang dapat Anda siapkan, seperti gerakan yoga terbaik untuk kram menstruasi yang akan memberikan kelegaan.

Mengutip dari Eat This Not That, Kamis (17/11/2022), Thara Prashad, seorang guru yoga bersertifikat dan pelatih kesehatan dari Institute of Integrative Nutrition tentang gerakan yoga terbaik untuk kram menstruasi.

"Setiap orang mengalami hal yang berbeda, tetapi jika Anda merasakan sesak dan tegang di punggung bawah dan pinggul, serta kram di daerah perut, pose-pose ini dapat membantu," kata Prashad.

Anda pasti ingin memikirkan gerakan-gerakan ini pada saat menstruasi Anda berikutnya, sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kram saat menstruasi.

Oleh karena itu, ketahui tiga pose yoga yang dapat membantu redakan kram saat menstruasi.

1. Child Pose

Jika Anda sering melakukan yoga, mungkin Anda akrab dengan child pose ini. Prashad memandu kita bagaimana menguasai gerakan ini yang akan memberikan peregangan luar biasa pada punggung bawah dan pinggul Anda, karena bagian tubuh ini biasanya terasa sangat kencang selama menstruasi Anda.

"Cobalah untuk menjaga lutut tetap berdekatan saat Anda turun ke pose anak Anda, mengapit perut di atas paha. Hal ini akan membantu menstimulasi organ-organ perut yang membawa angin segar," ungkap Prashad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Wind Relieving Pose

Jangan terlalu terpaku pada nama pose ini, karena Prashad mengatakan bahwa pose ini menjadi favorit untuk alasan yang baik. Dan bersemangatlah, karena pose ini akan memberikan kelegaan.

Prashad menginstruksikan, "Dengan menggunakan napas dan kekuatan lengan Anda, Anda dapat memutuskan seberapa dalam Anda akan melakukannya. Anda juga akan memijat semua bagian usus besar melalui postur ini," tutur Prashad.

"Mulailah dengan sisi kanan, tarik lutut ke dalam dan kemudian keluar dan di sekitar tulang rusuk. Ketika Anda menemukan ruang di mana Anda tidak bisa masuk lebih dalam, tahan di sana selama beberapa napas," jelasnya.

Ketika Anda melepaskannya, darah segar dan oksigen akan membanjiri sendi pinggul dan perut. Ulangi di sisi kiri. Kemudian, tarik kedua lutut ke dada Anda, dan peluk erat diri Anda. Usahakan yang terbaik untuk menjaga agar kepala, leher, dan punggung bawah Anda tetap menempel ke lantai. Tahan selama beberapa tarikan napas dan lepaskan," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

3. Reclined Bound Angle Pose

Terakhir, gerakan yoga ini akan merilekskan pinggul dan otot perut Anda, yang pada gilirannya akan membantu meredakan kram.

Untuk gerakan ini, Prashad menginstruksikan, "Dekatkan satu tangan ke jantung dan satu tangan ke perut, dan luangkan waktu ini untuk terhubung dengan napas dan detak jantung Anda. Biarkan itu menjadi fokus Anda saat Anda masuk ke dalam kondisi relaksasi yang dalam ini. Anda bahkan bisa menempatkan bantal di bawah setiap lutut untuk membuat ini lebih mendukung dan menyehatkan. Tahan setidaknya 5 sampai 8 kali tarikan napas."

4 dari 4 halaman

9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Yoga merupakan senam gerak badan yang mengombinasikan latihan fisik dan meditasi. Olahraga ini juga banyak digemari karena seseorang tak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Yoga dipraktikkan oleh lebih dari 36 juta orang Amerika dan jutaan lainnya di seluruh dunia.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Jumat (1/7/2022), pada umumnya latihan yoga bertujuan untuk menantang fisik, tanpa membuat diri merasa kewalahan. Sementara itu, pikiran dibuat fokus pada latihan napas, dan diajak belajar menerima diri sepenuhnya sampai merasa tenang.

Latihan yoga meliputi olah pernapasan, meditasi, dan menjangkau sejumlah pose yang dirancang untuk menunjang relaksasi. Selain posenya yang beragam, yoga juga menyimpan banyak manfaat positif yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan mental.

Berikut ini sejumlah manfaat yoga untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Membantu Fokus

Orang yang memiliki gangguan seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sering diminta untuk mencoba yoga. Pasalnya, yoga dapat membantu untuk merasa relaks, memusatkan tubuh, dan membantu pikiran untuk fokus.

ADHD sendiri adalah gangguan yang secara langsung memengaruhi fokus dan retensi perhatian. Dengan melakukan yoga, akan menggabungkan teknik pernapasan dan meningkatkan fokus sehingga akan sangat membantu para pengidap ADHD

Selengkapnya di sini...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS