Sukses

Stray Kids Jadi Boy Group Kpop Keempat Berhasil Duduki Billboard 200 Lebih dari Satu Album

Stray Kids baru-baru ini kembali mencapai prestasi di Billboard 200.

Liputan6.com, Jakarta - Grup K-Pop generasi keempat, Stray Kids baru-baru ini kembali mencapai prestasi di Billboard 200. Pada 15 November lalu, Billboard mengumumkan mini album "MAXIDENT" telah menghabiskan minggu kelima di dalam daftar Billboard 200.

Melansir Soompi, Rabu (16/11/2022), pencapaian ini menjadikan Stray Kids sebagai boy group KPop keempat dalam sejarah yang berhasil memiliki lebih dari satu album di daftar Billboard 200 selama lebih dari lima minggu berturut-turut.

Nama Stray Kids pun kini menyusul BTS, TXT, dan NCT 127.

Di awal 2022, tepatnya pada bulan Maret, mini album "ODDINARY" Stray Kids berhasil debut di posisi pertama Billboard 200. Selanjutnya, album ini pun berhasil bertahan di dalam daftar tersebut selama lebih dari 7 minggu.

Oktober lalu, mini album terbaru Stray Kids bertajuk "MAXIDENT" telah memulai debutnya di peringkat pertama tanggal lagu Top 200 Album Billboard.

Prestasi ini membuat Stray Kids sebagai satu-satunya artis yang berhasil menduduki puncak tangga lagu dengan album berbeda pada tahun 2022.

Kini, MAXIDENT masih menetap pada peringkat nomor 165 di Billboard 200, secara berturut-turut album ini memasuki minggu kelima dalam daftar tersebut.

Album ini juga masih mempertahankan posisinya di nomor 3 di minggu kelimanya berada di daftar World Albums Billboard.

Jika digabungkan ke dalam daftar seluruh grup KPop bersama BLACKPINK dan TWICE yang mendapatkan predikat yang sama, Stray Kids akan menduduki posisi keenam sebagai artis dengan beberapa album yang berhasil bertahan dalam daftar Billboard selama lima minggu.

Di samping Stray Kids, berikut ini adalah nama-nama boy group KPop yang masuk ke daftar Billboard 200 dengan lebih dari satu album selama lima minggu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. BTS

BTS menjadi boy group pertama yang berhasil menduduki posisi Billboard 200. Di 2018, album "Love Yourself: Tear" menjadi album pertama mereka yang berhasil menduduki peringkat pertama Billboard.

Seiring waktu, setiap album yang dirilis BTS setiap tahunnya kerap memasuki daftar Billboard 200. Album-album selanjutnya yang menyusul adalah Love Yourself: Answer, Map of the Soul: Persona, Map of the Soul: 7, dan BE.

Selanjutnya, album "Proof" mengikuti jejak album-album sebelumnya dan masuk ke dalam daftar Billboard 200, menjadikannya sebagai album keenam BTS yang mampu meraih peringkat tersebut.

Melansir Billboard, Rabu (16/11/2022), pencapaian ini menjadikan BTS sebagai grup pertama dan satu-satunya boy group KPop yang memuncaki tangga lagu Billboard dengan enam album berbeda.

3 dari 5 halaman

2. TXT

Peringkat kedua boy group yang berhasil memasuki daftar Billboard 200 adalah TXT. Grup generasi keempat ini menyusul BTS dan menghabiskan waktu selama dua belas minggu di Billboard 200 dengan lebih dari satu album.

Melansir All K-Pop, Rabu (16/11/2022), setelah memulai debutnya di nomor 4 dengan album "Minisode 2: Thursday's Child" di Billboard 200 pada Mei lalu, album ini berhasil minggu ke-12 secara berturut-turut.

Hal ini membuat mini album keempat "Minisode 2: Thursday's Child" menjadi album TXT terlama yang sanggup bertahan di dalam Billboard 200 dan memecahkan pencapaian rekor mereka sendiri.

TXT telah mengumpulkan total 32 minggu di Billboard 200, menaruhnya dalam peringkat kedua dalam daftar boy group KPop yang pernah duduk di Billboard 200 setelah BTS.

4 dari 5 halaman

3. NCT 127

Mengutip Soompi, Rabu (16/11/2022), "Sticker" dari NCT 127 menjadi album KPop pertama dan satu-satunya yang dirilis pada tahun 2021 yang menghabiskan sebelas minggu berturut-turut di Billboard 200.

Prestasi ini dicapai setelah album ini melakukan debut di nomor 3 pada September lalu. Album ini pun terus menghabiskan waktu di dalam daftar tersebut selama beberapa minggu setelahnya.

Debut pertama mereka di Billboard 200 adalah pada 2018, dengan album "Regular-Irregular" yang menempati peringkat ke-86 pada bulan Oktober.

NCT 127 menjadi grup KPop ketiga dalam sejarah yang albumnya masuk ke daftar album selama sebelas minggu berturut-turut di Billboard 200. Kini, nama mereka menyusul BTS dan BLACKPINK.

5 dari 5 halaman

4. Stray Kids

Prestasi yang dicapai dari dua mini album "ODDINARY" dan "MAXIDENT" memberikan Stray Kids predikat sebagai boy group KPop yang masuk dalam daftar Billboard 200 dengan lebih dari satu album.

Sebelumnya, album ODDINARY sempat menghabiskan waktu selama tujuh minggu berada dalam daftar Billboard tersebut. Kini, album MAXIDENT mulai menyusul pencapaian tersebut setelah memasuki minggu kelima berada dalam daftar Billboard 200.

Di samping pencapaian Billboard 200, album ini juga mempertahankan posisinya di peringkat ketiga dalam tangga lagu Wolrds Albums Billboard dan telah memasuki minggu kelimanya.

MAXIDENT juga menetap di posisi ke-10 dalam daftar Top Current Album Sales, serta berada di peringkat nomor 12 pada daftar Top Album Sales untuk minggu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.