Sukses

10 Tips Sederhana agar Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Kuat

Kamu ingin rambut lebih cepat tetapi juga kuat? Berikut adalah 10 sederhana yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kita bermimpi memiliki rambut panjang dan indah, meskipun sepertinya kita tidak bisa membuat rambut kita tumbuh lebih cepat. Tidak ada ramuan ajaib rahasia yang dapat memberi Anda pertumbuhan rambut ajaib seperti Rapunzel.

Namun, ada beberapa teknik yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas perawatan rambut, yang dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik dan meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut. 

Pertumbuhan rambut memiliki tiga tahap yakni anagen, catagen, dan telogen. Setiap helai rambut memiliki tahap perkembangannya masing-masing.

Tahap anagen adalah tahap pertumbuhan dan biasanya berlangsung antara dua hingga enam tahun. Fase catagen terjadi setelah fase anagen dan melibatkan transisi atau pembaruan folikel rambut yang berlangsung selama empat hingga enam minggu.

Telogen atau tahap terakhir merupakan fase istirahat, di mana rambut berhenti tumbuh. Rambut manusia tumbuh sekitar enam inci setahun.

Mengutip Stylecraze, Jumat (11/11/2022), berikut yang dapat Anda lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, di antaranya:

1. Pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala saat keramas adalah cara paling sederhana untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tidak hanya terasa nyaman, pijatan di kulit kepala juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut.

Pijatan di kulit kepala juga bisa memobilisasi minyak kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut.

Pijat kulit kepala menawarkan relaksasi dan berkontribusi pada pertumbuhan rambut. Memijat dengan minyak kelapa meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut di mana minyak ini dikemas dengan vitamin dan nutrisi penting dan bertindak sebagai kondisioner rambut alami.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Potong rambut secara teratur

Rambut rusak atau rambut bercabang menghambat pertumbuhan rambut baru. Pemangkasan rambut secara teratur sangat penting.

Jika dibiarkan, ujung bercabang dapat membuat rambut Anda kusam, kering, dan kusut. Pemangkasan juga mengatasi kerusakan rambut.

Namun, ingat untuk tidak berlebihan dalam memotong rambut. Rata-rata waktu antara setiap pemotongan harus 3 sampai 4 bulan. Juga, potong rambut Anda setengah inci hingga satu inci saat memangkas rambut Anda.

3. Pola makanan seimbang

Diet sehat akan memastikan rambut Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh panjang dan kuat. Diet yang sehat dan seimbang adalah yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Makanan yang kaya vitamin dan mineral juga meningkatkan pertumbuhan rambut, oleh karena itu Konsumsi makanan yang kaya protein dan asam amino, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

 

3 dari 6 halaman

4. Jangan terlalu sering keramas

Menjaga rambut Anda bersih sangat penting untuk kebersihan dan pertumbuhan rambut. Namun, jika berlebihan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Keramas tiap hari dapat membuat rambut kering dan menghilangkan minyak alami kulit kepala. Alternatif yang baik adalah sampo bebas bahan kimia yang diperkaya dengan bahan pemanjang rambut.

Keramas setiap hari juga bisa membuat rambut Anda kekurangan cairan. Apalagi, akar rambut paling lemah saat basah. Oleh karena itu, Anda harus menyisir rambut dengan lembut setelah setiap keramas.

 5. Hindari alat panas untuk penataan rambut

Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan seperti pengering rambut dan pengeriting rambut atau setrika datar dapat merusak rambut Anda dan membuatnya kering dan rapuh.

Anda dapat menggunakan alat tersebut dengan hemat, pada pengaturan panas rendah. Gunakan pelindung panas untuk menghindari kerusakan rambut.

 

4 dari 6 halaman

6. Coba Masker Rambut Alami

Anda bisa mengetahui manfaat dari paket rambut alami. Masker rambut memberikan nutrisi penting yang membantu menyehatkan dan memperkuat rambut Anda dan membantunya tumbuh lebih cepat. Gunakan masker rambut yang melembabkan batang rambut.

Sejumlah bahan alami bisa dijadikan masker rambut, mulai dari madu dan lemon hingga alpukat dan minyak zaitun. Selain itu, ada banyak pilihan bahan alami yang akan melembabkan rambut Anda, membuatnya halus seperti sutra, dan memungkinkannya tumbuh secara maksimal.

Obat alami dan paket rambut yang mengandung bahan herbal seperti gooseberry, shikakai (Acacia Concinna), jus bawang, dan santan membantu menyehatkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tidak hanya itu, masker telur dan kayu manis juga membantu merangsang sirkulasi darah dan menyuburkan helai rambut.

7. Kondisioner

Kondisioner membantu menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut dan juga menyegel kutikula rambut.

Perawatan deep conditioning dan merekonstruksi membantu menghidrasi helai rambut, memperbaiki rambut rusak, dan menghilangkan keriting.

5 dari 6 halaman

8. Jangan terlalu sering menyisir rambut

Meskipun menyisir rambut sangat penting, melakukannya terlalu sering dapat merusak helai rambut Anda. Gesekan konstan dari penyisiran rambut dapat mematahkan helai rambut Anda dan mencegahnya tumbuh lebih cepat.

Kuncinya adalah menyisir rambut Anda dengan lembut, yang merangsang kulit kepala, melepaskan minyak alami, dan membantu menyebarkan minyak itu ke sepanjang helai rambut. 

 9. Ganti sarung bantal dengan bahan sutra

Ganti sarung bantal katun biasa dengan sarung sutra. Sarung bantal katun mengangkat lapisan kutikula luar rambut Anda dan membuatnya lebih mudah kusut, patah, dan rusak. Sementara, bahan sutra lebih halus dan menyebabkan lebih sedikit gesekan. 

6 dari 6 halaman

10. Gunakan suplemen

Kekurangan nutrisi juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Selain memperhatikan makanan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Suplemen biotin dan multivitamin dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Mengkonsumsi makanan dengan banyak omega-3 juga dapat membantu pertumbuhan rambut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.