Sukses

Bisa Ditemukan di Dapur, 13 Bahan Ini Dapat Dijadikan Pelembab Alami

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti pernah memperhatikan label bahan produk pada beberapa produk perawatan kulit alami favorit yang Anda beli. Ketika Anda melihanya, Anda mungkin akan melihat banyak bahan yang Anda kenali dari dapur Anda.

Banyak bahan sehat yang sama di dapur Anda yang dapat anda gunakan dengan mengoleskan secara topikal.

Jadi, jika Anda ingin bereksperimen dengan masker baru atau DIY minyak untuk tubuh Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan di rumah atau Anda juga bisa mendapatkanya dengan berbelanja di toko bahan makanan.

Melansir Mind Body Green Jum'at (11/11/2022), Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk pelembab alami tubuh yang telah didukung sains:

1. Madu

Madu atau bahkan lebih baik lagi madu Manuka adalah salah satu bahan paling multifungsi yang ada di dapur Anda. Berkaitan dengan perawatan kulit, penelitian telah menemukan bahwa madu organik mentah memiliki sifat antimikroba, dapat membantu menyembuhkan luka pada kulit, dan bersifat anti-inflamasi.

Untuk mencobanya di rumah Anda dapat menggunakannya sebagai masker penyembuhan seminggu sekali dengan mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang bersih selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2. Minyak Kelapa

Bahan pokok rumah tangga ini dapat digunakan untuk segala hal, mulai dari lip gloss alami dan masker rambut hingga minyak untuk praktik ayurveda oil pulling.

Minyak kelapa kaya akan asam lemak, yang memberikan sifat antibakteri, membantu kulit Anda meningkatkan produksi kolagen, dan dapat membantu meningkatkan tingkat kelembapan dan fungsi penghalang.

Orang-orang juga menyukainya karena mereka merasa minyak ini lebih mudah diserap daripada minyak lain yang lebih kental, minyak kelapa adalah lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki tingkat permeabilitas lebih tinggi untuk dermis.

Namun, minyak kelapa juga ditemukan bersifat komedogenik yang dapat menyumbatan pori-pori pada beberapa orang. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang sangat tinggi, yang dapat terakumulasi di lapisan atas kulit tanpa menembus kulit, membuat kulit lebih kering dari waktu ke waktu jika digunakan terlalu banyak.

Minyak Ini berfungsi sebagai bahan dasar yang bagus untuk sebagian besar produk kecantikan DIY. Untuk mencobanya anda dapat menggunakannya dengan garam laut untuk lulur tubuh yang melembabkan.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi, antioksidan yang larut dalam minyak yang sering digunakan dalam produk anti-penuaan. Ketika dioleskan secara topikal, ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan rambut.

Vitamin E juga membuatnya sangat anti-inflamasi untuk kulit yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari, menurut sebuah penelitian.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa aplikasi secara teratur dapat memperburuk eksim, jika Anda rentan terhadap gangguan kulit.

Minyak zaitun murni organik cenderung menjadi pilihan untuk pembersihan minyak alami karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan kemampuannya untuk mengangkat riasan yang paling membandel sekalipun.

Bahkan jika Anda bukan orang yang suka membersihkan dengan minyak, satu tetesnya bisa menjadi penghapus riasan yang sangat baik.

 

3 dari 6 halaman

4. Shea Butter

Shea butter kaya akan trigliserida. Shea butter adalah emolien yang sangat baik dan dapat membantu kulit mengurangi hilangnya kelembaban.

Ekstrak shea butter juga telah terbukti sebagai anti-inflamasi, dan satu studi bahkan menunjukkan bahwa shea butter memiliki efek topikal yang sama dengan ceramides, bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit mewah.

Shea butter memeiliki tekstur yang lebih tebal, jadi jika Anda ingin menggunakannya secara topikal, kami sarankan untuk memggunakanya sebagai krim tangan intensif atau pada kaki Anda setelah bercukur.

Anda juga dapat membuat produk bibir yang cukup bagus dengan mentega sebagai bahan dasarnya.

5. Lidah buaya

Lidah buaya adalah pilihan klasik untuk kulit terbakar dan gel yang menenangkan. Lidah buaya mengandung vitamin A, C, E, dan B12 yang tinggi, yang membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, lidah buaya juga mengandung enzim pengurang peradangan.

Tetapi alasan kebanyakan orang menyukainya adalah betapa mudahnya gel ini meresap ke dalam kulit, yang kemungkinan besar karena kandungan airnya yang tinggi. Gel ini mengandung sekitar 90% air.

Cara yang paling populer dan mudah untuk menggunakan tanaman ini adalah dengan mengiris daun dan mengoleskan gel secara topikal.

Anda juga dapat menggunakannya pada luka bakar segar, bersama dengan satu tetes minyak esensial lavender murni. Dan jangan terkejut dengan bau aneh dari lidah buaya mentah, baunnya lebih menyengat dari yang Anda harapkan.

 

4 dari 6 halaman

6. Oat

Oat, ekstrak oat, dan oat koloid adalah bahan favorit dalam produk perawatan kulit sensitif, karena ditemukan sangat menenangkan untuk kulit yang teriritasi. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi, serta efek antihistamin, itulah sebabnya oat sering digunakan untuk menenangkan reaksi alergi atopik.

Cobalah mandi oat koloid atau oat yang digiling hingga menjadi bubuk halus, sehingga bercampur dengan air, yang sangat efektif untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh kulit kering. Campurkan 1 cangkir ke dalam air mandi hangat Anda saat airnya mengalir.

7. Alpukat dan minyak alpukat

Makanan esensial ini adalah penyelamat perawatan kulit berkat banyaknya kandungan lilin, mineral, protein, dan vitamin-dengan penelitian yang menunjukkan bahwa alpukat dapat menjadi antioksidan yang bergizi untuk kulit.

Yang juga perlu diperhatikan, minyak alpukat yang diekstrak dari daging buahnya, telah terbukti meningkatkan sintesis kolagen dalam sebuah penelitian.

Untuk membuat masker alpukat, gunakan setengah alpukat, Anda dapat menyertakan item lain dalam daftar ini, seperti madu, yogurt, dan oat. Kemudian haluskan.

8. Minyak biji bunga matahari

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan ini mungkin akan menjadi salah satu pilihan alami terbaik Anda untuk meningkatkan fungsi penghalang.

Minyak ini, yang tinggi asam linoleat, meningkatkan hidrasi kulit dan sintesis lipid, tanpa menyebabkan iritasi. Minyak ini juga terbukti noncomedogenic.

Minyak ini adalah minyak yang lebih ringan yang dapat dugunakan untuk membersihkan muka, terutama jika Anda rentan berjerawat, minyak biji bunga matahari akan ideal untuk membersihkan.

Faktanya, banyak minyak pembersih muka yang populer mengandung bahan tersebut. Anda juga dapat menggunakannya sebagai minyak tubuh yang ringan, Anda dapat mengoleskannya pada kulit yang basah.

 

5 dari 6 halaman

9. Mentimun

Mungkin tidak banyak penelitian untuk manfaat perawatan kulit dari sayuran ini, tapi ada alasan mengapa mentimun sering digunakan di spa.

Mentimun dapat sangat menenangkan kulit yang lelah atau meradang. Tidak hanya kandungan airnya yang tinggi yang menghidrasi, tetapi penelitian menunjukkan bahwa nutrisi lain dalam jus dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Jika Anda punya waktu di pagi hari, cukup letakkan dua irisan dingin di atas mata Anda untuk menghilangkan bengkak dan memberi energi pada kulit.

10. Minyak almond

Inilah pelembab tubuh yang bagus, Emolien telah terbukti dalam sebuah penelitian untuk membantu mengurangi penampilan dan pembentukan stretch mark.

Minyak almond juga terbukti memiliki efek perlindungan pada kulit, karena dapat membantu mengurangi kerusakan akibat photo-aging atau penuaan dini yang terjadi pada kulit disebabkan karena seringnya kulit terpapar sinar UV A dan UV B yang dihasilkan oleh sinar matahari.

11. Buttermilk atau yogurt

Produk susu yang difermentasi mengandung asam laktat ini menjadi favorit di kalangan ahli kecantikan dan dermatologis karena sifat pengelupasan kulit dan hidrasinya yang lembut.

Produk ini juga mengandung banyak probiotik mikrobioma yang baik untuk kulit Anda, yang menurut penelitian terbaru dapat bermanfaat untuk kulit berjerawat ketika dikonsumsi secara oral atau bahkan secara topikal.

Kombinasi dari kedua bahan aktif ini membuat perawatan kulit yang hebat. Satu studi menemukan bahwa masker yogurt alami meningkatkan kelembapan, elastisitas, dan kecerahan kulit.

Untuk mencobanya di rumah, pertama dan yang terpenting adalah untuk memilih opsi organik, tanpa tambahan gula. Dari sana, Anda dapat membuat berbagai masker dengan yogurt sebagai bahan dasarnya.

 

6 dari 6 halaman

12. Air mawar

 

Mawar mungkin bukan bagian dari rotasi reguler Anda, tetapi jika Anda kebetulan mendapatkan buket bunga mawar, itu dapat digunakan untuk membuat air mawar yang dekaden, yang dapat Anda gunakan sebagai toner pra-minyak yang menghidrasi atau sebagai mist.

Para peneliti menemukan bahwa mist dapat bertindak sebagai pelembab yang efektif sepanjang hari.

Untuk menggunakanya, keringkan mawar organik terlebih dahulu, dan kumpulkan secukupnya untuk membuat seperempat cangkir. Didihkan satu setengah cangkir air, kemudian biarkan mendidih dengan api kecil. Tambahkan mawar dan masak sampai semua warnanya hilang dari kelopak bunga.

Tiriskan ke dalam spritzer dan simpan di lemari es Anda. Gunakan dalam waktu satu bulan. Dan ingatlah bahwa ini adalah resep DIY yang praktis yang tidak mengandung bahan pengawet, jadi tidak akan memiliki umur simpan yang sama seperti yang dibeli di toko.

13. Minyak Jarak

Minyak ini paling dikenal sebagai perawatan rambut favorit. Secara anekdot banyak yang mengklaim bahwa minyak ini mendorong pertumbuhan rambut, namun, tidak ada penelitian yang mendukung hal ini.

Terlepas dari itu, minyak ini adalah pelembab yang bagus untuk rambut dan tubuh karena memiliki sifat humektan. Sebagai pengingat, humektan dapat menarik air.

Anda dapat menggunakannya sebagai pelembab tubuh atau minyak rambut karna kebanyakan orang akan menganggapnya terlalu kental sebagai minyak wajah.

Penggunaan umum lainnya adalah mencampurkannya dengan minyak zaitun untuk membuat pembersih minyak DIY. Minyak jarak penuh dengan trigliserida sehingga dapat menghilangkan kotoran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS