Sukses

Dapat Tingkatkan Produtivitas, Yuk Coba 8 Rutinitas Pagi yang Bisa Kamu Lakukan!

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar kata rutinitas pagi bagi sekian orang mungkin terasa menjengkelkan. Pasalnya, saat pagi hari kita menyimpan energi kita untuk menjalankan aktivitas harian.

Nyatanya, rutinitas di pagi hari bisa sangat berpengaruh pada aktivitas kita seharian. Tahukah kamu ada beberapa kegiatan yang bermanfaat memicu semangat sehingga kita tetap berenergi sepanjang hari?

Menurut seorang psikologis klinis di Columbia University Irving Medical Center, Erin Engle, PsyD, rutinitas pagi dengan waktu bangun yang teratur, sarapan sehat, dan olahraga adalah hal yang bagus untuk memulai hari.

Memiliki pendekatan yang lebih disengaja pada hari itu sejak dini hari dapat membantu menanamkan kepercayaan diri dan mengarah pada sisa hari yang lebih produktif.

Melansir Insider, Kamis (10/11/2022), berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan rutinitas pagi yang sempurna:

 

1. Pertahankan Jam Tidur dan Bangun Tidur

Konsistensi adalah inti dari rutinitas apa pun. Engle merekomendasikan untuk menetapkan waktu tidur dan waktu bangun yang tetap serta tetap berpegang teguh pada mereka sesering yang Anda bisa.

Hal ini tidak hanya akan membuat Anda siap untuk hari yang lebih baik ke depan, tetapi juga dapat memberikan tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

Itu karena bangun dan tertidur pada waktu yang sama akan mengatur jam internal Anda, atau ritme sirkadian, yang membuat kualitas tidur lebih baik.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

2. Jangan Menekan 'Snooze' Pada Alarm

"Tunda adalah awal yang salah untuk memulai hari. Dalam jangka pendek, menekan snooze mungkin terasa seperti kemenangan, tetapi memiliki kegunaan yang terbatas dalam memajukan tujuan mencapai istirahat dalam jangka panjang," kata Engle.

Jika Anda sering menunda-nunda waktu tidur, Engle menyarankan untuk mengubah ekspektasi Anda tentang apa yang bisa dicapai dengan bangun pagi.

Jika tubuh Anda membutuhkan lebih banyak istirahat, maka Anda mungkin perlu menyesuaikan jadwal. Orang dewasa biasanya membutuhkan antara tujuh hingga sembilan jam tidur per malam.

Di sisi lain, jika Anda menekan 'snooze' karena Anda merasa kewalahan dengan segala sesuatu yang harus Anda lakukan di pagi hari atau mencoba menghindari hari yang akan datang.

Engle menyarankan untuk bangun dan melakukan satu atau dua aktivitas yang membuat Anda tenang dan senang. Misalnya, Anda bisa bangun dan melakukan sedikit meditasi, berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda, atau memasak sendiri sarapan sehat yang Anda sukai.

 

3 dari 8 halaman

3. Segera Bangun dari Kasur

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk berbaring di tempat tidur dan menelusuri ponsel Anda untuk beberapa waktu sebelum bangun, Engle menyarankan untuk bangun dari tempat tidur.

"Bangun dari tempat tidur adalah langkah pertama. Kemudian, pilih satu aktivitas yang dapat Anda perhatikan sepenuhnya, apakah itu doa, afirmasi, peregangan fisik, atau menyikat gigi," ungkap Engle.

Ia juga mengatakan dengan latihan, mengikuti rutinitas yang dipilih dapat membantu Anda mengatasi stres, meningkatkan kapasitas Anda untuk mengatasi tantangan, dan lebih baik terlibat dengan hari ke depan.

 

 

4 dari 8 halaman

4. Hindari Ponsel

Menggulir berita atau feed media sosial adalah aktivitas pasif yang dapat mengurangi produktivitas pagi Anda.

"Terlibat dengan jenis konten ini sebelum seseorang sepenuhnya terjaga atau bangun dari tempat tidur dapat membuatnya tergoda untuk membaca konten tanpa berpikir, yang mungkin terasa bertujuan, tetapi sebenarnya merupakan aktivitas pasif," tutur Engle.

5 dari 8 halaman

5. Berolahraga atau Peregangan

Berolahraga di pagi hari dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga secara keseluruhan, cobalah melakukan beberapa peregangan untuk menghangatkan otot dan persendian Anda di hari yang akan datang.

 

 

6 dari 8 halaman

6. Minum Air Putih

Seorang ahli gizi, Eleana Kaidanian, RD, CPT, merekomendasikan untuk memulai hari dengan air putih, daripada teh atau kopi. Ia juga menyarankan untuk menyimpan air di samping tempat tidur Anda dan minum delapan ons atau setara dengan satu gelas saat bangun tidur.

Air sangat penting karena membantu tubuh Anda mencerna makanan yang Anda makan, menyerap nutrisi darinya, dan membuang produk limbah dalam tubuh.

7 dari 8 halaman

7. Makan Sesuatu Satu Jam Setelah Bangun Tidur

"Sangat ideal untuk berbuka puasa dari malam sebelumnya dan makan dalam satu jam pertama setelah bangun tidur untuk merangsang metabolisme Anda," ujar Kaidanian.

Menurutnya, memperpanjang keadaan seperti puasa dapat memperlambat metabolisme, yang dapat merusak hari Anda ke depan.

Sebagai perbandingan, tingkat metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh Anda membakar lebih banyak kalori saat Anda menjalani hari Anda; itu juga bisa membuat Anda merasa lebih energik.

Jika Anda akan berolahraga, Kaidanian mengatakan bahwa, makan sesuatu sebelum Anda berolahraga dapat membantu mengisi bahan bakar tubuh Anda.

Dia menyarankan untuk makan apel kecil atau setengah pisang dengan segenggam kacang-kacangan atau selai kacang alami.

 

8 dari 8 halaman

8. Sarapan yang Sehat

"Pilihan makanan terbaik untuk berbuka puasa adalah yang didasarkan pada makanan utuh, yaitu makanan yang dalam keadaan alami dan tidak diproses, dengan protein dan serat untuk memuaskan dan memberi tubuh Anda bahan bakar untuk hari yang akan datang," ungkap Kaidanian.

Oat, buah dengan yoghurt, atau telur rebus dengan sayuran adalah beberapa pilihan sehat yang direkomendasikan Kaidanian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS