Sukses

Pentingnya Belajar Second Language, Ini 5 Keuntungan Paham Bahasa Asing

Memahami second language, membuat kita mudah beradaptasi dan terlihat lokal di daerah mana pun kita berada.

Liputan6.com, Jakarta - Komunikasi yang baik tidak akan terjadi, ketika kita terus mengharapkan orang lain untuk memahami bahasa yang kita gunakan tanpa mempelajari bahasa mereka.

Ini karena belajar bahasa asing merupakan proses mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain.

Keuntungan yang didapatkan dari belajar bahasa asing semakin menjamur seiring banyak orang mulai mengembangkan keahliannya sebagai seorang bilingual.

Sebagian dari mereka mungkin mulai memikirkan bahwa kemampuan berkomunikasi lebih dari satu bahasa sangat berguna, khususnya untuk membangun koneksi.

Mempelajari bahasa asing menjadi sebuah keterampilan hidup yang sangat penting yang hanya dapat dikembangkan dengan cara berinteraksi dengan orang lain.

Ketika kita menguasai bahasa asing, kita dapat melihat kemampuan tersebut sehingga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain secara lebih baik.

Pada dasarnya, keuntungan dari belajar bahasa asing yang termasuk sebagai second language kita, mampu membuat kita lebih sukses di hampir setiap aspek kehidupan.

Di dalam dunia yang semakin berkembang dan terhubung ini, kemahiran dalam berbahasa asing merupakan keahlian vital yang memberikan kita kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan hampir seluruh penjuru dunia.

Melansir situs Lead With Languages (04/11/2022), salah satu aspek yang paling berharga dari pengalaman manusia adalah kemampuannya untuk terhubung dengan orang lain.

Seorang bilingual atau seseorang yang mampu berkomunikasi dalam dua bahasa, memiliki kesempatan unik untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka.

Memahami second language, membuat kita mudah beradaptasi dan terlihat lokal di daerah mana pun kita berada. Tidak hanya kita bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang asing, kita juga bisa membangun sebuah persahabatan yang kuat dengan menguasai bahasa asing.

Merangkum dari situs Goabroad.com (04/11/2022), berikut ini keuntungan-keuntungan lain jika kita mempelajari second language.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Belajar Bahasa Asing Membuka Peluang dalam Dunia Kerja

Bukan hal yang tidak biasa bahwa memahami bahasa asing dapat meningkatkan kesempatan kita mendapatkan sebuah pekerjaan.

Saat ini banyak perusahaan yang membuka kantor bisnis di berbagai negara. Namun, mereka tidak bisa mempekerjakan karyawan yang tidak memiliki kemampuan berbicara setidaknya satu bahasa asing.

Bahkan untuk perusahaan-perusahaan lokal kecil, kemampuan seorang pelamar yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing, bisa menjadi nilai tambahnya dibandingkan pelamar kerja yang lain.

Akan tetapi, menguasai bahasa asing bukan hanya tentang mempercantik tampilan CV saja. Seiring perkembangan globalisasi, kemungkinan besar kita akan bekerja bersama orang-orang yang menggunakan bahasa internasional sebagai cara komunikasinya.

Mampu berkomunikasi dalam second language membuat kita tampak lebih bernilai dalam dunia pekerjaan. Selain itu, hal ini juga membuat tampilan resume jadi lebih menarik dan menarik perhatian.

 

3 dari 6 halaman

2. Mempelajari Bahasa Asing Membantu Perkembangan Otak

Beberapa studi menemukan bahwa bilingual cenderung memiliki otak dengan kapasitas yang besar, ingatan yang lebih baik, lebih kreatif, dan pemecah masalah yang baik pula.

Keuntungan ini tidak hanya mempermudah untuk mempelajari lebih banyak bahasa, tetapi juga mempermudah untuk menguasai banyak hal lainnya.

Salah satunya adalah kemampuan multitasking. Bilingual cenderung memiliki kemampuan untuk beralih antar satu tugas ke tugas lain lebih cepat. Hal ini membuat mereka bisa menangani lebih banyak tugas sekaligus.

 

4 dari 6 halaman

3. Menguasai Bahasa Asing Membuat Kita Lebih Open-Minded

Belajar bahasa asing mungkin telah menjadi edukasi yang sangat mendasar. Namun, lebih jauh dari itu, mempelajari bahasa asing juga memiliki arti yang membawa kita keluar dari keterbatasan dan kesempitan dalam berpikir.

Setiap bahasa asing yang kita pelajari akan membawa budaya dan tradisi bersamanya. Ini menyebabkan kita juga turut mempelajari budaya dan pandangan dunia dari sisi yang berbeda. Hal inilah yang membuat kita menjadi individu yang berpikiran terbuka dan penuh toleransi.

Saat kita menyadari kebenaran bahwa setiap manusia adalah makhluk budaya, produk dari lingkungan kita sendiri, dan mengenali dasar budaya untuk bersikap dan berperilaku, kita mampu mempertimbangkan orang lain dalam sudut pandang yang lebih baik.

 

5 dari 6 halaman

4. Mampu Membangun Persahabatan yang Bermakna

Bertemu dengan orang-orang baru dan mengembangkan pertemanan yang dapat bertahan seumur hidup, tentu saja menjadi tujuan yang sebagian orang cita-citakan. Belajar bahasa selain bahasa mother tongue merupakan cara yang bisa mempercepat proses tersebut.

Bahasa membantu kita dalam mengekspresikan perasaan, keinginan, dan terhubung dengan manusia lain di sekitar kita. Dari sini kita dapat membentuk hubungan yang lebih bermakna.

Di samping itu, berbicara menggunakan bahasa asing bisa kita ubah menjadi kode-kode rahasia yang hanya diketahui oleh sahabat kita. Hal ini menjadi salah satu kelebihan ketika pertemanan tersebut memiliki satu bahasa asing mereka pahami dengan baik.

 

6 dari 6 halaman

5. Belajar Bahasa Asing Membuat Kita Terlihat Lebih Keren

Satu hal yang mungkin banyak orang sadari, berbicara dengan bahasa asing membuat mereka terlihat lebih menarik dan lebih cerdas. Hal ini disebabkan bahasa tersebu memiliki aksen dan kosakata yang unik, membuat orang terlihat lebih mempesona.

Belajar bahasa asing yang memiliki aksen yang menarik, memungkinkan kita untuk mengeluarkan aura yang berbeda dan lebih memikat. Untuk beberapa bahasa seperti Spanyol dan Perancis memiliki logat hangat dan membuat banyak orang jatuh hati. Sebagian bahasa asing yang lain juga bisa membuat orang lain terlihat lebih seksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.