Sukses

Ternyata Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Menyehatkan Pencernaan dan Mengurangi Mulas

Liputan6.com, Jakarta Entah karena gaya hidup yang serba cepat atau pola makan yang tidak tepat, masalah pencernaan seperti kembung, keasaman, mulas dan sembelit telah menjadi masalah yang sangat umum.

Perbaikan dan penyesuaian kebiasaan sehari-hari dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko masalah pencernaan tersebut. Ini termasuk minum lebih banyak air, berolahraga secara teratur, dan menambahkan lebih banyak serat ke makanan. Namun di sisi lain, tidur ternyata sama pentingnya dalam membantu kesehatan usus kita.

Menurut para ahli, posisi tidur di malam hari bisa berdampak pada pencernaan kita. Secara khusus, ada satu posisi yang membantu mengurangi mulas dan menjaga pencernaan tetap sehat.

Posisi tidur apa yang membantu pencernaan?

Menurut pakar penyakit dalam Dr Manira Dhasmana seperti dilansi dari Mirror Health, tidur miring ke kiri memiliki lebih banyak manfaat untuk sistem pencernaan Anda.

Dia menjelaskan: "Tidur miring ke kiri dengan mudah memindahkan makanan yang kita cerna dari usus kecil ke usus besar. Ini juga mencegah gangguan seperti penyakit refluks gastro-esofagus yang menyebabkan sendawa dan mulas."

Pakar gastroenterologi Dr Mahesh Gupta menambahkan: "Perut berada di sisi kiri tubuh, di bawah kerongkongan. Ketika kita tidur di sisi kiri kita, menjadi sulit bagi asam lambung untuk naik ke saluran pencernaan melawan gravitasi, yang pada gilirannya menjaga asam di perut, berpotensi menurunkan risiko sakit maag dan gejala gangguan pencernaan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Posisi tidur mana yang buruk untuk pencernaan?

Bila tidur miring ke kiri baik untuk pencernaan, sebaliknya tidur miring ke kanan, telentang, atau tengkurap bisa tidak sehat bagi kita.

Para ahli menjelaskan bahwa tidur miring ke kanan setelah makan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan, sementara praktik tidur telentang "menyebabkan asam masuk ke tenggorokan lagi, memberikan sensasi terbakar dan ketidaknyamanan sepanjang malam."

Tidur tengkurap juga dianggap meningkatkan episode refluks asam terutama pada orang dengan masalah seperti penyakit refluks gastroesofegeal (GERD).

Kebiasaan tidur lain yang harus dihindari untuk pencernaan yang lebih baik

Selain posisi tidur Anda, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan tidur lain yang mungkin mempengaruhi pencernaan Anda.

Ini termasuk tidak langsung tidur setelah makan, dengan para ahli menyarankan agar kita memberi jarak setidaknya dua jam antara makan malam dan tidur untuk menghindari refluks.

Makanan sebelum kita tidur di malam hari juga harus lebih kecil dan lebih ringan. Bagi mereka yang menderita GERD, kepala sebaiknya ditinggikan dari tempat tidur. Selain itu, berjalan-jalan setelah makan malam juga membantu.

3 dari 4 halaman

Polos Banget, 5 Zodiak Ini Jadi Gampang Disakiti

Astrologi memiliki kemampuan untuk membantu orang memahami aspek kepribadian mereka dengan menganalisis mereka dengan dua belas tanda zodiak. Oleh karena itu, berikut adalah zodiak yang polos banget.

1. Aries

Mereka mungkin impulsif dan memiliki kepribadian yang berapi-api tetapi mereka sangat polos. Mereka tidak bisa berpikir kejam dan tidak tahu apa-apa tentang skema balas dendam. Mereka selalu mencari kebaikan pada orang, bahkan jika mereka telah dikhianati berkali-kali.

2. Cancer

Mereka sangat sensitif dan berpikir seperti bayi. Mereka cukup protektif terhadap diri mereka sendiri karena mereka bisa menjadi sangat rentan. Tapi inilah yang membedakan mereka dari yang lain. Cancer tidak pernah berpikir buruk tentang cinta. Mereka menganggap cinta hanya sebagai emosi bahagia dan beruntung; mereka tidak tahu apa-apa tentang rasa sakit yang menyertainya.

3. Virgo

Mereka tidak berpikir dengan cara yang bengkok dan percaya bahwa orang lain sama dengan mereka. Mereka bukan pemberontak juga tidak bercita-cita untuk melakukan sesuatu yang akan mencoreng nama mereka. Mereka berusaha menjadi orang baik dalam setiap situasi dan tidak pernah menyakiti siapa pun.

4 dari 4 halaman

4. Capricorn

Mereka sangat jujur ​​dan transparan. Mereka percaya dunia seperti mereka tapi itu jauh dari kebenaran. Mereka hanya fokus membantu orang lain dan mendorong mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Tetapi mereka tidak menyadari bahwa ada orang yang menunggu untuk menggulingkan mereka.

5. Aquarius

Mereka selalu memiliki niat terbaik untuk orang-orang. Mereka tidak tahan memiliki satu pemikiran buruk tentang seseorang. Mereka memanjakan diri dalam dunia kreativitas dan imajinasi mereka. Mereka berpikir dengan sangat polos. Mereka tidak tahu tentang semua hal buruk yang bisa terjadi pada mereka.

Taurus, Gemini, Leo, Libra, Scorpio, Sagitarius, dan Pisces tidak begitu polos. Mereka memiliki perasaan yang sangat kompleks dan terkadang, mereka akhirnya berpikir terlalu buruk tentang seseorang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS