Sukses

Mau Tahu, Ini 8 Rahasia Kecantikan Ala Cewek Korea

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan-perempuan Korea di drakor atau musik Kpop selalu lekat dengan image cantik, kulit mulus, dan sehat. Oleh karena itu, tidak sedikit perempuan di penjuru dunia ingin punya kulit sehalus dan sebening cewek Korea.

Meski memang tidak semua wajah perempuan Korea sebening bintang Kpop dan drakor, kebanyakan dari mereka memiliki kulit sehat, cerah, dan mulus.

Lekat dengan rutinitas perawatan kulit yang baik dan ditampilkan dalam drakor membuat banyak orang di seluruh dunia akhirnya ingin tahu apa rahasia kecantikan cewek-cewek Korea.

Rupanya, para perempuan Korea ini punya kesadaran merawat kulit sejak dini yang ditanamkan dari generasi ke generasi.

Mengutip uBitto, sebuah platform edukasi sosial Korea, Selasa (1/11/2022), ibu-ibu dan wanita Korea dikenal ketat mengajari anaknya merawat kulit. Para ibu biasanya membiasakan anak mereka untuk memakai tabir surya atau sunscreen setiap hari, sejak usia muda.

Dari usia itulah, cewek-cewek Korea belajar tentang pentingnya merawat kulit dengan baik. Berikut adalah beberapa rahasia kecantikan perempuan Korea yang diturunkan dari sang ibu, dari generasi ke generasi. Apa saja?

1. Double cleansing

Double cleansing berarti menggunakan pembersih minyak dan pembersih berbasis air. Jika Anda bertanya-tanya mengapa membersihkan dua kali? Sederhananya, minyak dan air tidak bercampur sehingga Anda memerlukan dua pembersih berbeda untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak dan air yang menempel di wajah Anda sepanjang hari.

Ibu-ibu di Korea biasanya menyuruh anak-anak mereka untuk menggunakan pembersih berbahan dasar minyak yang membantu membersihkan bekas make up atau riasan, SPF, dan menghilangkan sebum yang menempel di wajah sepanjang hari.

Setelah pembersihan minyak, Anda harus mengikuti dengan pembersih berbasis air (busa/gel) yang membantu menghilangkan keringat dan kotoran. Inilah sebabnya mengapa langkah ini dikenal sebagai pembersihan ganda atau re-cleansing.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

2. Eksfoliasi setiap hari

Para ibu atau generasi yang lebih tua di Korea mungkin tidak pernah menggunakan scrub eksfoliasi, tetapi mereka melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi setiap hari dengan menggunakan waslap.

Cara pembersihan tradisional Korea dilakukan dengan merendam waslap dalam air panas dan kemudian memijat dengan gerakan melingkar dan ke atas di sekitar wajah.

Metode ini membantu eksfoliasi kulit secara alami, untuk mendapatkan kulit yang halus dan bebas noda.

 

3 dari 8 halaman

3. Menggunakan essense

Wanita Korea setuju bahwa tidak ada hal lain yang lebih efektif dari mencuci muka di pancuran air panas beruap dan mengoleskan esensse bersamaan dengan saat mandi.

Saat memakai essense ke wajah, hindarkan wajah dari air. Para perempuan Korea menepuk-nepukkan essense ke kulit wajah mereka.

Setelah mencoba beberapa metode, para perempuan Korea mendapati bahwa teknik ini membantu mengubah kulit kering dan bersisik mereka menjadi lembab dan lembut.

4 dari 8 halaman

4. Aturan 10 detik

Rahasia kecantikan lain yang dipraktikkan para perempuan Korea adalah membersihkan dan mencuci semua riasan mereka dengan cepat setelah mereka tiba di rumah. Kemudian, mereka mengoleskan toner dan serum setelah kulit wajah dibersihkan.

Para perempuan Korea tidak menunda-nunda waktu membersihkan wajah setibanya mereka di rumah. Bahkan, ada aturan tak tertulis yang menyebutkan perempuan Korea mengoleskan toner dan serum maksimal 10 detik setelah mandi.

Pasalnya menurut mereka, menunda-nunda menghapus riasan wajah tidak baik bagi kulit. Apalagi, serum dan toner yang dioleskan ke wajah diharapkan segera bekerja, alih-alih baru dioleskan tengah malam, sebelum tidur.

Selesai dan toner, sebelum tidur, para perempuan Korea bisa melanjutkannya  dengan menggunakan masker tidur semalaman.

 

 

 

 

5 dari 8 halaman

5. Latihan wajah

Para perempuan Korea telah menganjurkan latihan wajah untuk waktu yang lama dan inilah mengapa pijat selama perawatan wajah adalah hal biasa di Korea.

Mereka melakukan peregangan mulut untuk mengencangkan wajah mereka. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu mengatakan A-E-I-O-U secara rutin karena ini membantu darah beredar di sekitar wajah Anda.

Jika Anda siap untuk meningkatkan ke pijat wajah, Anda dapat berinvestasi dalam alat kecantikan berupa roller giok. Dalam hal ini, Giok dipandang sebagai permata yang dapat membantu detoksifikasi, meningkatkan sirkulasi darah , mengencangkan kulit, dan mengurangi bengkak serta munculnya garis-garis halus.

6 dari 8 halaman

6. Tampar-tampar wajah

Rahasia perawatan wajah ini mungkin terdengar gila, namun para perempuan Korea disebut-sebut menampar wajah mereka sendiri dengan keras.

Teknik ini disebut-sebut merupakan teknik yang populer di Korea. Apalagi, menurut informasi, mereka menampar wajah hingga 50 kali setelah menyelesaikan rutinitas perawatan kulit. Mereka melakukan ini untuk melancarkan peredaran darah dan mengencangkan otot-otot di wajah mereka.

Seorang wanita Korea bernama Angela Kim mengatakan bahwa dia tumbuh dengan ibunya dan melakukan itu, dia menampar begitu keras sehingga bisa suaranya terdengar  di dapur dari kamar tidur.

"Mungkin terdengar gila, tetapi bicara soal menampar kulit, semakin keras semakin baik,” ucapnya.

7 dari 8 halaman

7. Lakukan gerakan menekan

Jika Anda telah menyaksikan setiap wanita Korea melakukan perawatan kulit rutin mereka di YouTube, Anda mungkin akan memperhatikan betapa lembutnya mereka dengan kulit mereka.

Mereka tidak menggesek kulit mereka saat mengoleskan produk perawatan kulit, melainkan mereka menggunakan gerakan menekan untuk membantu produk meresap ke dalam kulit mulusnya. Wanita Korea menganggap bahwa menarik-narik kulit akan menghasilkan garis-garis halus dan kerutan dengan cepat.

8 dari 8 halaman

8. Gantung handuk mandi basah di kamar

Saat musim dingin tiba, Korea bisa sangat dingin. Untuk itu masyarakat Korea biasanya memakai pelembab untuk menjaga kulit  tetap terhidrasi karena udaranya yang sangat kering. Namun, karena pelembab di udara dingin harganya ada yang cukup mahal, perempuan Korea menggunakan handuk basah dari waktu mandi.

Rupanya, banyak wanita Korea suka membasahi handuk mereka dan kemudian menggantungnya di sekitar tempat tidur mereka saat mereka tidur di malam hari.

Sebagian besar wanita Korea mengklaim bahwa itu bekerja dengan sangat baik saat mereka bangun dengan kulit yang sangat terhidrasi dan kenyal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.