Sukses

21 Oktober Jadi Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia, Ini Tujuannya

Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia diperingati pada hari ini, 21 Oktober. Peringatan hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan fungsi penting yodium bagi kesehatan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Taukah kalian hari ini diperingati sebagai hari apa? Ternyata, hari ini diperingati sebagai Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia diperingati pada hari ini yaitu setiap 21 Oktober. Peringatan hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan fungsi penting yodium dalam kesehatan manusia. 

Sering diabaikan, yodium merupakan salah satu mineral makanan paling penting yang penting untuk fungsi, pertumbuhan, dan perkembangan normal tiroid kita. Kekurangan yodium dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius yang dapat berakibat fatal.  

Seperti zat besi, tubuh kita tidak membuat yodium sendiri tetapi menyerap dari makanan dan air yang kita konsumsi. Ini menambah fakta bahwa mengonsumsi makanan seimbang yang dikemas dengan nutrisi tidak boleh dihindari karena memberikan semua mikronutrien yang kita butuhkan untuk kesehatan kita.

Sejarah Hari Pencegahan Gangguan Defisiensi Yodium Sedunia

Dilansir nationaltoday.com, Jumat (21/10/2022), penemuan yodium terjadi secara kebetulan selama paruh pertama abad ke-19. Saat mengekstraksi garam natrium untuk digunakan dalam produksi bubuk mesiu pada tahun 1811, Bernard Courtois, seorang ahli kimia Prancis, melihat uap ungu yang tidak biasa naik dari abu rumput laut yang diolah dengan asam sulfat. 

Gaspard Adolphe Chatin, seorang ahli kimia Perancis, adalah orang pertama yang mempublikasikan gagasan kekurangan yodium sebagai penyebab endemik penyakit gondok, yang awalnya diusulkan pada tahun 1852. Hal ini dikonfirmasi oleh Eugen Baumann, yang pada tahun 1896 menerbitkan sebuah makalah yang menjelaskan penemuan gondok yodium di dalam kelenjar tiroid.

Sebuah tujuan untuk menghilangkan kekurangan yodium pada tahun 2000 ditetapkan oleh para pemimpin dunia selama KTT( Konferensi Tingkat Tinggi Bumi) Dunia 1990 untuk anak-anak. Akibatnya, negara-negara seperti India dan Tiongkok menetapkan Hari Nasional Pencegahan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium. 

Negara-negara dari seluruh dunia juga telah memberikan dukungan mereka di balik inisiatif ini dan menemukan cara untuk memastikan warganya mendapatkan cukup yodium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Yodium

Apa itu yodium dan mengapa diperlukan untuk tubuh kita?

Dilansir gigadocs.com, yodium disimpan di kelenjar tiroid tubuh kita dan merupakan mineral makanan yang penting. Hal ini penting bagi tubuh kita karena membantu dalam produksi hormon tiroid tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3). 

Hormon kelenjar tiroid mempengaruhi sebagian besar semua sel dalam tubuh manusia dan juga penting untuk perkembangan sel yang tepat.

Yodium juga membantu dalam metabolisme protein, meningkatkan laju metabolisme tubuh, mengatur pertumbuhan tulang dan perkembangan otak. Pada dasarnya, hormon tiroid mengatur metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat dalam sel.

Yodium untuk Fungsi Tubuh

Kesehatan tiroid yang baik dimulai dengan mikronutrien yang sangat penting untuk fungsinya. Kekurangan yodium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan perkembangan. 

Dikenal sebagai gangguan defisiensi yodium (GAKI), kekurangan yodium adalah penyebab utama keterbelakangan mental yang dapat dicegah. Kekurangan yodium dapat merusak janin selama kehamilan selain pada anak usia dini. 

Intellectual Developmental Disorder (IDD) menyebut, kekurangan yodium akut dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati. Kekurangan yodium ringan dapat menyebabkan hilangnya kemampuan belajar yang signifikan.

3 dari 4 halaman

Dampak Kekurangan Yodium

Kematian bayi: Yodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid ibu dan janin yang mengatur perkembangan dan pertumbuhan janin. Kekurangan yodium yang parah dapat mengancam kelangsungan hidup dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kekurangan yodium juga dapat menyebabkan kelainan kongenital.

Gondok: Kekurangan yodium menurunkan produksi hormon tiroid, yang mengobarkan kelenjar tiroid dan menyebabkan pembesaran gondok.

Sekitar 90 persen kasus penyakit gondok di dunia disebabkan oleh kekurangan yodium yang bila didapat dan tidak disembuhkan, dapat menular bahkan sampai ke generasi ketiga dan keempat.

Hipotiroidisme: Karena penurunan kadar yodium, seseorang mungkin menderita hipotiroidisme (tiroid kurang aktif). Hipotiroidisme dapat mengganggu metabolisme, detak jantung, dan suhu tubuh. 

Paling umum pada wanita berusia lebih tua, gejala hipotiroidisme termasuk kulit kering, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, sensitivitas dingin, dan sembelit.

Kretinisme: Kretinisme menyerang mereka yang lahir dan tinggal di daerah yang kekurangan yodium parah. Kretinisme adalah suatu kondisi di mana anak-anak menunjukkan pertumbuhan fisik dan mental yang terhambat karena hipotiroidisme kongenital yang tidak diobati.

Keterbelakangan mental: Kekurangan yodium menyebabkan kerusakan otak yang ireversibel, yang pada gilirannya dapat menyebabkan keterbelakangan mental yang ireversibel, terutama pada anak- anak . 

Keterbelakangan mental dapat menyebabkan kecacatan intelektual, isolasi sosial, dan masalah kesehatan mental di kemudian hari.

Pendengaran dan Gangguan bicara: Kekurangan yodium dapat mempengaruhi perkembangan hormon tiroid. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak prasekolah yang memiliki konsentrasi yodium urin di bawah 100 g/L telah menunjukkan gangguan pendengaran frekuensi bicara, karena kekurangan yodium.

Gangguan penglihatan: Hormon tiroid mengontrol pigmentasi visual yang diproduksi di sel kerucut visual. Secara sederhana, kekurangan yodium Hormon tiroid dapat mempengaruhi kemampuan mata  untuk mengenali penglihatan warna.

Spastisitas: Kekurangan yodium yang parah dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai Spastisitas. Hal ini ditandai dengan pengencangan, kekakuan otot yang mencegah gerakan cairan normal sehingga mempengaruhi gerakan otot.

4 dari 4 halaman

Sumber Yodium Mikronutrien

Garam merupakan bahan penting dalam masakan India. Garam yang kita konsumsi saat makan adalah salah satu sumber yodium terbaik. Penjualan garam non-yodium dilarang, dan garam biasa yang dijual diperkaya dengan mikronutrien yodium. Berikut adalah bahan makanan lain yang menyediakan yodium:

  • Susu, selain menyediakan protein, vitamin, kalsium  juga merupakan sumber yodium yang sangat baik. Orang dewasa membutuhkan sekitar setengah liter susu untuk mendapatkan tunjangan yodium.
  • Makanan laut, yang meliputi ikan cod, kerang, ikan tuna dan udang.
  • Kuning telur, kuning telur sangat bagus untuk anak-anak, menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Kuning telur juga menawarkan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B , sel darah merah, dan putih yang penting untuk membuat darah di sumsum tulang dan mengubah karbohidrat menjadi energi.
  • Jangan lupa untuk menambahkan makanan seperti ubi jalar, bawang merah, bayam, pisang ke dalam dietmu yang semuanya merupakan sumber yodium yang sangat baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.