Sukses

Fakta Mini Album MAXIDENT, Album Stray Kids yang Jadi Jawara di Billboard 200

Stray Kids kembali menduduki peringkat pertama Billboard 200 dengan mini album keduanya tahun ini, MAXIDENT pada Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Stray Kids kembali menduduki peringkat pertama Billboard 200 dengan mini album keduanya tahun ini, MAXIDENT pada Oktober 2022. Sebelumnya, mereka sudah menempati posisi tersebut dengan mini album ODDINARY, yang rilis pada paruh pertama 2022.

Melansir Billboard.com, album yang berisi delapan lagu tersebut meraih sebanyak 117.000 copy penjualan total album dengan tiga versi, yaitu satu album limited (GO version) dan dua album standar (Heart version dan T-Crush version).

MAXIDENT menjadi album Korea Pop atau K-pop keempat yang berhasil memasuki daftar Billboard 200 di 2022, mengikuti album Born Pink milik BLACKPINK, Proof dari BTS, dan ODDINARY.

Selain itu, album ini juga hanya membutuhkan sekitar enam bulan dan tiga minggu untuk kembali menduduki posisi paling atas Billboard 200, setelah ODDINARY pada April lalu.

Pencapaian ini menjadikan Stray Kids sebagai K-Pop Group generasi ke-4 pertama, yang berhasil debut di peringkat satu Billboard 200 dengan dua album.

Mereka juga menjadi satu-satunya grup K-pop yang menempati posisi pertama di Billboard 200 sebanyak dua kali tahun ini.

Sebelumnya, Stray Kids juga telah menjadi grup K-pop kedua dengan total penjualan album tertinggi dalam sejarah Hanteo, setelah BTS yang berada di posisi pertama.

Mereka menjual lebih dari dua juta copy album pada minggu pertama perilisan MAXIDENT. Jumlah ini dua kali lipat dari penjualan album sebelumnya, ODDINARY.

Berdasarkan pencapaian ini, MAXIDENT menjadi album keempat dengan total penjualan tertinggi pada minggu pertama menyusul ketiga album BTS, yaitu Map of the Soul: 7, Proof, dan BE.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bang Chan Stray Kids Bongkar Proses Produksi Lagu di Album MAXIDENT

Belum lama ini, Bang Chan sempat membagikan informasi di balik pembuatan lagu di dalam album. Dalam live streaming "Chan's Room Episode 179" pada 15 Oktober lalu, ia membongkar caranya menyusun lagu dan memutar beberapa rekaman vokal mentah.

Melalui live streaming, Bang Chan menjelaskan bagaimana lagu B-Side "CHILL" direkam di ruangannya. Ia mengatakan bahwa original track dari lagu yang liriknya ditulis oleh HAN ini, dibuat pada akhir tahun lalu.

Selain itu, ada juga B-Side "Give Me Your TMI" yang sudah direkam sejak lama hadir dalam album ini. Namun, Chan tidak bisa menunjukkan rekaman mentah lagu tersebut, karena tidak direkam menggunakan alat pribadinya sehingga tidak banyak data yang tersimpan.

Salah satu pertanyaan unik yang ditanyakan penggemar adalah pengisi suara yang terdengar seperti mobil yang melintas dalam lagu "SUPER BOARD". Chan mengakui dirinya yang mengisi suara tersebut.

Selama proses pembuatan, ia sempat merekam suara tersebut beberapa kali dan memutuskan untuk menggunakan suara yang paling menjengkelkan.

3 dari 4 halaman

Tentang Title Track 'CASE 143'

Berbeda dari beberapa title track yang pernah dibawakan sebelumnya, dalam "CASE 143" Stray Kids mengusung konsep lagu cinta sebagai lagu comeback-nya. Konsep ini didukung dengan kombinasi warna yang digunakan untuk album kali ini, yaitu pink dan hitam.

Melalui unggahan video intro MAXIDENT di YouTube, masing-masing member memberikan kesan mereka saat pertama kali mendengarkan lagu. Menurut mereka, lagu ini menjadi gambaran bagaimana cara mereka mengungkapkan rasa cinta.

Di samping rap, lagu ini juga menampilkan lirik vokal yang tidak biasa hadir dalam title track Stray Kids. Vokal di bagian pre-chorus dan bridge yang halus menampakkan sisi ringan dari "CASE 143".

Tampilan music video juga menyenangkan dengan beberapa unsur komedi. Stray Kids tetap membawakan cerita mereka dalam melawan monster, seperti yang ditampilkan pada MV "Thunderous".

Kali ini, mereka ditunjukkan sedang menginvestigasi monster berbentuk hati berwarna pink, yang mampu mengontrol pikiran manusia dan membuat mereka melemah serta menyebabkan malapetaka.

4 dari 4 halaman

Tiga Lagu dari Grup Subunit

Tidak main-main dengan julukan self-produced group yang dimilikinya, seluruh anggota Stray Kids kembali berpartisipasi dalam menulis lagu di dalam album kali ini.

Sebelumnya, pada album ODDINARY telah muncul grup subunit baru yang memisahkan antara tim vokal dan rap. Tim vokal yang beranggotakan Bang Chan, Lee Know, Seungmin, dan I.N membawakan lagu "Waiting For Us". Sementara tim rap yang berisi Changbin, Hyunjin, HAN, dan Felix menyanyikan "Muddy Water" dalam album tersebut.

Pada album MAXIDENT, terdapat tiga lagu subunit yang dinyanyikan oleh masing-masing tim produksi atau 3RACHA, tim dancer atau DANCERACHA, dan tim vokal atau VOCALRACHA.

Ketiga subunit tersebut sebelumnya sudah pernah merilis lagu untuk album IN LIVE di 2020 lalu. Namun ketiga tim kembali menulis lagu untuk album kali ini.

3RACHA datang dengan lagu berjudul "3RACHA", lagu bergenre hip-hop dan berat akan lirik rap. Hal ini kontras dengan lagu "TASTE" dari DANCERACHA yang mengeluarkan kesan intens, dengan nada tinggi.

Terakhir, VOCALRACHA membawakan "Can't Stop" tampil dengan kesan cerah, ditambah beberapa gerakan koreografi yang menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.