Sukses

Profil Erina Gudono, Kekasih Kaesang Pangarep Sekaligus Calon Mantu Jokowi

Mengenal Erina Gudono, calon istri putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, sebelumnya sudah dikabarkan akan menikah dengan seorang finalis Puteri Indonesia 2022, Erina Gudono.

Pernikahan ini direncanakan pada Desember 2022 di Yogyakarta, namun belum diketahui kapan tepatnya hari bahagia putra bungsu Jokowi itu akan berlangsung.

Berikut ini profil singkat Erina Gudono, calon istri Kaesang yang dikutip dari Puteri Indonesia, Senin (17/10/2022).

Perempuan berusia 26 tahun ini memiliki nama lengkap Erina Sofia Gudono. Dia lahir pada 11 Desember 1996 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Erina Gudono merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara, yang dibesarkan di Yogyakarta.

Diketahui Erina Gudono pernah menempuh pendidikan di Manajemen Keuangan Universitas Gadjah Mada sebelum akhirnya lanjut mengambil gelar S2 di Columbia University untuk studi Master of Public Administration.

Calon mantu Jokowi ini juga pernah mengambil kursus pendek musim panas di The Chinese University of Hong Kong dalam bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi. Kemudian Erina Gudono juga mengikuti program pertukaran ke Showa Women's University of Japan.

Erina Gudono memulai karier secara profesional pada 2020 di Bank Indonesia sebagai Project at Payment System Policy Department dan Assistant Manager Apprenticeship.

Calon mantu Presiden Jokowi ini juga pernah bekerja di dua perusahaan besar, yakni Tokopedia dan P&G.

Kemudian, karier Erina Gudono berlanjut di Bank Investasi Internasional, JP Morgan, sebagai Asia Analyst dan menjadi satu-satunya lulusan universitas dalam negeri di angkatannya.

Erina Gudono kemudian mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam ajang Puteri Indonesia 2022. Dalam kontes kecantikan tersebut, Erina Gudono berhasil menembus 11 besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prestasi Erina

Erina Gudono sempat bertemu Presiden Jokowi saat menjalani masa karantina pada ajang Puteri Indonesia 2022.

Selain menjadi 11 besar Puteri Indonesia, Erina telah mengukir segudang prestasi, yaitu:

  • Indonesia Delegate in Harvard World Model United Nation,
  • 1st Winner in Business Project Competition in Tokyo, Japan,
  • 1st Winner in Essay Competition to represent Indonesia in Australia Libertarian Conference,
  • 1st Winner of AIESEC Social Initiative Competition,
  • 1st Winner of National Business Plan Competition,
  • 1st Winner of International Business Case Competition,
  • Winner of “Most Social Spirited Scholar” Award in UGM FEB Award,
  • Diajeng 1 Jogja,

Erina juga menyandang beberapa penghargaan lainnya dan telah mendapat lima beasiswa prestasi.

Erina Gudono dikenal sangat menyukai budaya jawa dan dapat dengan fasih menulis membaca Aksara Jawa. Ia juga memiliki keinginan besar untuk melanjutkan kegiatan sosialnya yang telah dilakukan selama delapan tahun dalam mendukung pendidikan dan membuat sekolah untuk anak-anak marjinal di Yogyakarta.

 

3 dari 4 halaman

Aktif dalam Kegiatan Sosial

Melalui akun Instagram-nya, Erina Gudono beberapa kali mengunggah foto sedang melakukan kegiatan sosial.

Erina menjadi edukator di Sekolah Marjinal, komunitas yang bergerak dalam pengadaan akses pendidikan dan kesehatan gratis untuk kaum marjinal.

Ia melakukan advokasi tentang masalah kesenjangan ekonomi di Yogyakarta. Advokasi ini menyasar perempuan dan anak-anak dalam kemiskinan karena mereka dianggap sebagai kelompok yang paling terkena dampak, sangat rentan, dan tidak memiliki kesempatan atau akses ke dunia pendidikan. 

Hal ini dilakukan mengingat hampir 1.000 anak dan perempuan di Yogyakarta putus sekolah setiap tahun karena kemiskinan.

Oleh karena itu selama 8 tahun sejak tahun 2015, Erina Gudono telah aktif mengadvokasi dan membantu perempuan dan anak-anak yang tinggal di komunitas marginal di Yogyakarta. Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan pendidikan melalui @Takesbook bermitra dengan @sekolahgajahwong, @sekolah_marjinal, dan @harapanfian.

Para perempuan dan anak ini mengikuti program-program seperti bantuan Kejar Paket ABC, donasi buku, kelas calistung untuk anak-anak, pelatihan kewirausahaan bagi perempuan, dan membantu kaum marjinal dalam kemiskinan untuk mendapatkan KTP untuk memudahkan akses terhadap hak-hak dasarnya.

Erina Gudono juga pernah mengikuti social community project di Supiori, Biak, Papua dengan program pengembangan pendidikan dan kewirausahaan di daerah terpencil.

4 dari 4 halaman

Jokowi Cek Persiapan Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Sebelumnya, ada kabar heboh datang dari keluarga Presiden Jokowi, Minggu (16/10/2022). Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri, sidak ke Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang diduga jadi lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Secara spesifik, Jokowi meninjau Pendopo Agung Ambarrukmo. RI-1 tak sendiri. Ia didampingi empat menteri yakni Erick Thohir, Pratikno, Bahlil Lahadalia, dan Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain empat menteri, tampak hadir Kapolda DIY dan Pangdam Diponegoro. Indikasi pernikahan Kaesang mendekat makin kuat ketika sejumlah jurnalis mendapati Erina Gudono bersama rombongan menyusul Jokowi masuk ke hotel melalui Pintu Barat.

Kanal Regional Liputan6.com melaporkan, General Manager Royal Ambarrukmo Hotel, Herman Courbois, membenarkan Jokowi sidak untuk melihat alternatif tempat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.