Sukses

Situasi Sidang Perdana Ferdy Sambo Cs di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang Ferdy Sambo Cs terkait pembunuhan berencana Brigadir J.

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan hari ini Senin, 17 Oktober 2022 pukul 10.00 WIB menggelar sidang perdana untuk membaca dakwaan terhadap Ferdy Sambo Cs terkait pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Sidang Ferdy Sambo Cs dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Oemar Seno Adji dengan kapasitas 50 orang saja.

Ketua hakim mengetuk palu untuk membuka sidang perdana Ferdy Sambo pukul 09.57 WIB.

Pantauan Liputan6.com, Ferdy Sambo Cs tiba pukul 09.10 WIb di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Seperti biasa, kedatangan Ferdy Sambo dikawal oleh sejumlah pegawai PN Jaksel.

Berbeda dengan terdakwa yang lain, Sambo datang menggunakan kendaraan teknis.

Ferdy Sambo mulai memasuki ruang sidang pukul 09.48 WIB dengan mengenakan pakain batik dan masker hitam. Sementara terdakwa lainnya, seragam mengenakan kemeja putih. Termasuk istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang mengenakan kemeja putih dilapis rompi tahanan.

Sebelumnya, para jaksa penuntut umum (JPU) sudah datang pukul 09.46 WIB disusul oleh penasehat hukum Ferdy Sambo yaitu Arman Hanis, Rasamala Aritonang, Sarmauli Simangunsong, Bobi Manalu.

Sebelumnya, Putri sampai di PN Jaksel sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengawalan ketat dari pengaman dalam (pamdal).

Tak ada perkataan yang keluar dari Istri Ferdy Sambo tersebut, dia hanya berjalan ke ruang tunggu untuk nantinya akan hadir secara langsung di ruang persidangan ketika proses tahapan pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU) telah dimulai.

Setelah Putri, datang pula dua terdakwa lainnya, Bripka Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf. Mereka tiba di PN Jaksel pukul 08.30 WIB.

Keduanya datang dengan kawalan ketat sejumlah polisi menggunakan mobil tahanan. Mereka datang dengan borgol di tangannya.

Ricky dan Kuat Ma'ruf mengenakan kemeja putih dengan balutan rompi tahanan berwarna merah (sebelumnya disebut oranye).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Live Streaming

Sebelumnya, Humas PN Jakarta Selatan, Haruno, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah persiapan guna memfasilitasi sidang yang akan mengundang kali ini dengan menyiapkan streaming sidang.

"Antusiasme publik untuk memperoleh serta mengikuti informasi perkembangan persidangan perkara FS dkk akan difasilitasi oleh siaran atau liputan TV melalui TV Poll. Sehingga publik tidak perlu datang menghadiri langsung ke PN Jakarta Selatan," ujar Haruno.

Menurut dia, langkah itu untuk meminimalisasi keramaian yang bisa mengganggu tertibnya suasana selama sidang berjalan. Terlebih, kapasitas ruang sidang utama di PN Jaksel terbatas.

"Karena, kapasitas muat ruang sidang utama PN Jakarta Selatan terbatas jumlahnya (maksimal 50 orang), maka akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung sidang yang bisa masuk ke ruang sidang utama," ungkap Haruno.

Sedangkan untuk akses siaran streaming di lokasi, pihak pengadilan telah menyiapkan delapan titik layar monitor yang ada di kantor PN Jakarta Selatan dan link streaming channel youtube PN Jakarta Selatan. 

3 dari 4 halaman

Permintaan Komisi Yudisial

Wakil Ketua Komisi Yudisial, Taufiq HZ, mendatangi langsung Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia mengatakan, kedatangan hari ini guna memantau langsung jalannya persidangan kasus dugaan pembunuhan oleh eks Kadiv Propam Ferdy Sambo.

“Kami dalam persidangan akan melakukan pemantauan InsyaAllah lancar dan tidak ada kendala apa pun,” kata Taufiq di PN Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022).

Taufiq menjelaskan, nantinya akan ada dua tim dengan masing-masing terdiri dari tiga orang. Artinya total akan ada enam orang anggota Komisi Yudisial yang akan memantau langsung jalannya sidang tersebut.

“Kami akan memantau langsung di ruang sidang dan kami juga akan memantau lewat kamera,” jelas Taufiq saat menjawab pertanyaan terkait terkait teknis persidangan.

Taufiq berharap, hakim bisa berjalan sesuai beleid dan etik dalam menjalankan tugasnya hari ini. Dia memastikan, Komisi Yudisial akan memantau dari awal hingga putusan nanti dibacakan.

“Intinya kami memantau hakim apakah sesuai UU sampai nanti putusan, kita selaku pengawas ekternal mengawasi apakah hakim merasa nyaman tidak ada tekanan,” dia menutup.

4 dari 4 halaman

Siapkan Skenario Pengalihan Lalin

Sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo cs, akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada hari ini, Senin (17/10/2022). 

Polisi pun menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Selatan AKPB, Ruslan Idris mengatakan pengalihan arus ini diterapkan jika situasi arus lalu lintas di Jalan Ampera sekitar PN Jaksel padat selama sidang Ferdy Sambo.

"Iya ada, kalau di depan PN krodit, iya (pengalihan arus) situasional," kata Ruslan saat dikonfirmasi Merdeka, Minggu 16 Oktober 2022.

Adapun rencana skema pengalihan arus yang akan berlaku jika situasi kendaraan padat nanti, yakni:

1. Arus lalin dari Jalan Pejaten yang mengarah Jalan Ampera Raya di belokan kanan di pertigaan madrasah ke Jalan Madrasah;

2. Arus lalin dari Jalan Madrasah yang mengarah Jalan Ampera Raya di belokan kiri di pertigaan madrasah ke Jalan Pejaten;

3. Arus lalin dari Jalan Tb Simatupang arah timur yang mengarah Jalan Ampera Raya diluruskan ke arah ragunan;

4. Arus lalin dari Jalan Cilandak kko yang mengarah Jalan Ampera Raya di belokan kanan ke arahragunan;

5. Arus lalin dari Jalan Tb simatupang arah selatan yang mengarah Jalan Ampera Raya diluruskan ke arah Fatmawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.