Sukses

Deretan Rekomendasi Lagu Mixtape Stray Kids yang Wajib Kalian Dengarkan

Dengan genre lagu yang berbeda-beda tiap tahunnya, masing-masing dari lagu ini bisa didengarkan melalui platform musik dan YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Stray Kids seringkali memberikan kejutan kepada penggemarnya. Tidak hanya melalui setiap comeback-nya yang selalu tampil dengan lagu-lagu yang tidak pernah gagal di telinga para penggemar, tetapi juga melalui perilisan seri mixtape mereka.

Mengingat Stray Kids merupakan grup yang memproduksi lagunya sendiri, mixtape merupakan kumpulan lagu-lagu yang mereka ciptakan sebelum debut. Tepatnya, ketika mereka masih menjalani acara survival show.

Album Mixtape dirilis pada awal 2018. Beberapa judul lagu yang ada di dalamnya adalah Hellevator, BEWARE, Spread My Wings, YAYAYA, GLOW, School Life, dan 4419. Lagu seperti "Hellevator" dan "YAYAYA" masih mereka bawakan dalam konser tur dunia keduanya tahun ini.

Setelah melewati masa debut, seri lagu ini pun tetap dilanjutkan. Boy group yang beranggotakan Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, HAN, Felix, Seungmin, dan I.N ini, kerap mengeluarkan lagu seri mixtape dalam rangka merayakan hari tertentu.

Lagu "Mixtape: On Track", misalnya. Mixtape ini dirilis di 2020 ketika merayakan hari ulang tahun grup yang berusia dua tahun. Genre lagu yang diusung juga cukup berbeda dari lagu-lagu bergenre hip-hop dengan lirik rap berat yang biasa mereka bawakan.

Cerita di dalam music video-nya pun menunjukkan kesan berkelanjutan dengan beberapa lagu lainnya, yaitu "B Me" dan "Mixtape: OH". Kedua video klip lagu ini menunjukkan dampak dari akhir adegan dalam "On Track", ketika pertemanan mereka pecah dan mereka berpisah.

Namun, akhir yang bahagia ditampilkan dalam music video "The View". Menurut para penggemar, lagu tersebut merupakan kelanjutan dari "Mixtape: OH" ketika pertemanan mereka terselamatkan dan kembali bersama lagi.

Sampai saat ini, terdapat empat judul mixtape yang dikeluarkan Stray Kids setiap tahunnya. Dengan genre lagu yang berbeda-beda tiap tahunnya, masing-masing dari lagu ini bisa didengarkan melalui platform musik dan YouTube.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mixtape: Gone Days

Lagu ini dirilis ketika Stray Kids sedang melakukan comeback dengan lagu "Levanter" di 2019. Di tengah masa promosi album Clé: Levanter, mereka mengeluarkan "Mixtape: Gone Days" sebagai judul mixtape terbarunya.

Judul "Gone Days" merupakan bentuk permainan kata dari ungkapan bahasa Korea, yaitu Kkondae atau dalam Bahasa Inggris berarti "an old man". Ungkapan ini merujuk kepada seseorang yang selalu memaksakan pemikiran dan ekspektasi yang sudah ketinggalan zaman kepada generasi yang lebih muda, berdasarkan usia dan status mereka.

Melalui lagu bergenre hip-hop ini, Stray Kids menyindir orang-orang dengan pola pikir kuno, untuk berhenti berpikir tentang masa lalu dan membiarkan mereka berpikir sesuai perspektif mereka sendiri.

Hal ini bisa dilihat dari lirik yang memiliki arti "Jangan pikirkan tentang masa lalu, ini adalah generasi baru" pada bagian reff lagu. Music video "Gone Days" dikemas dengan menyenangkan. Dalam video tersebut menunjukkan bagaimana setiap anggota Stray Kids melakukan pemberontakan terhadap sosok orang dengan topeng kuda.

3 dari 5 halaman

Mixtape: On Track

Stray Kids mengeluarkan "Mixtape: On Track" sebagai hadiah kepada penggemarnya, STAY, dalam merayakan ulang tahun kedua mereka. Berbeda dengan mixtape sebelumnya yang bergenre hip-hop penuh rap, "On Track" termasuk sebagai lagu genre pop dengan dominasi vokal. Ini membuat lagu terkesan lebih ringan.

Lagu ini menjadi salah satu lagi bertema cinta yang liriknya ditulis oleh Changbin, salah satu member tertua di Stray Kids, sekaligus anggota dari 3RACHA. Bagi penggemarnya pasti sudah mengenali sub-unit yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, dan HAN ini biasa menciptakan lagu untuk grup mereka.

Lirik lagunya sendiri memiliki makna seseorang yang sedang berusaha mengejar cintanya. Melansir Soompi, melalui lagu ini, Changbin menjelaskan dirinya ingin memberikan orang lain semangat untuk mengejar impian atau mimpi mereka.

Makna ini ditunjukkan dalam music video lagu yang menampilkan bagaimana Hyunjin yang terjebak dalam cinta segitiga, berusaha mencuri hati pemeran wanita yang di dalam video terlihat dekat dengan Lee Know.

4 dari 5 halaman

Mixtape: OH

Mixtape ini merupakan lagu pertama yang dirilis Stray Kids di 2021, setelah mereka melakukan comeback terakhir dengan lagu "Back Door" dan berpartisipasi dalam acara Kingdom: Legendary War.

Perilisan "Mixtape: OH" menjadi sebuah bentuk kejutan kepada penggemar, sekaligus jadi penanda kembalinya Hyunjin ke dalam kesibukan Stray Kids, usai menjalani hiatus selama beberapa bulan terkait sebuah skandal.

Sama seperti "On Track", "Mixtape: OH" juga tidak termasuk sebagai lagu bergenre hip-hop. Lagu ini memberikan sorotan terhadap vokal setiap anggota. Lagu ini melanjutkan kisah pertemanan kedelapan anggota Stray Kids sebelumnya di lagu "On Track", ketika terjadi perpecahan di antara mereka setelah insiden cinta segitiga.

Di music video "Mixtape: OH", masing-masing dari mereka tampak berpisah setelah menjalani hari kelulusan sekolah. Beberapa di antara mereka masih merasa kesal dengan apa yang terjadi. Namun, mereka juga merindukan momen-momen yang mereka lakukan dulu.

Dari lirik lagunya sendiri mengungkapkan, bagaimana seseorang merasa rindu terhadap seseorang dan apa yang telah mereka jalani. Mereka ingin menghubungi orang tersebut dan kembali menghabiskan waktu bersama.

Jika "On Track" menceritakan keinginan seseorang mengejar impiannya, lagu ini mengungkapkan bagaimana mereka merindukan momen bersama temannya dan ingin melakukannya lagi.

5 dari 5 halaman

Mixtape: Time Out

"Mixtape: Time Out" juga hadiah dari Stray Kids dalam merayakan hari ulang tahun penggemar mereka, STAY, yang keempat tahun. Dirilis di 2022, lagu ini melanjutkan seri lagu mixtape sebelumnya, yaitu "Gone Days", "On Track", dan "OH".

"Time Out" membawakan genre lagu yang berbeda dari ketiga mixtape sebelumnya. Genre rock dan beberapa instrumen band dalam lagu ini, memberikan kesan musik yang cocok diputar pada musim panas.

Vokal yang ditampilkan dalam lagu ini pun menunjukkan kesan segar dan cerah. Jika sudah pernah mendengarkan lagu "The View" di album NOEASY, lagu ini menampilkan aura yang mirip dengan lagu tersebut.

Music video-nya juga mengambil latar di rumah di pinggir pantai dan pantai, mendukung suasana musim panas yang dikeluarkan lagu. Di dalam video menyoroti bagaimana setiap anggota Stray Kids menghabiskan waktu bersama, dengan ringan hati dan energi yang menggembirakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.