Sukses

Simak Tahapan Penggunaan Basic Skincare untuk Pemula, Yuk Coba!

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit dari berbagai produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Skincare adalah serangkaian perawatan kulit dari berbagai produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Perlu diketahui bahwa perawatan kulit tidak hanya dilakukan dengan menjaga asupan makanan, namun juga perlu melakukan perawatan kulit dari luar.

Adapun berbagai perawatan kulit wajah dari luar ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai produk seperti pembersih wajah, penggunaan serum, pelembab sampai dengan sunscreen. 

Dengan menggunakan rangkaian produk skincare dari berbagai brand yang ada di pasaran seperti sekarang ini, merupakan satu langkah menjaga kondisi kulit wajah agar terbebas dari berbagai masalah seperti kulit kusam, berminyak, jerawat, tanda penuaan dini, noda hitam bekas jerawat, dan breakout.

Melansir laman cashbac, penggunaan skincare sendiri memiliki manfaat bagi kulit wajah di antaranya :

– Kondisi kulit wajah tetap bersih

Untuk menjaga kulit wajah agar bersih dari masalah bakteri, debu, kotoran dan polusi lainnya. 

– Kulit wajah ternutrisi dengan baik

Penggunaan skincare dalam kehidupan sehari – hari ini juga dapat memberikan nutrisi bagi kulit wajah. Dengan adanya skincare ini, maka kulit wajah akan ternutrisi dengan baik.

Mau mulai pakai skincare tapi kadang banyaknya produk di pasaran, jadi  bingung sendiri harus mulai dari mana. Tenang.

Secara umum untuk menjaga kulit bersih dan sehat dengan skincare, cuma ada 5 tahapan dasar.  Dan ini paling cocok untuk pemula yang kebingungan mau mulai dari mana, simak di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cleansing

Melansir laman theread.zalora.co.id Jumat, (14/10/22), berikut urutan step penggunaan basic skincare:

Tahapan awal yang paling penting adalah cleansing atau membersihkan. Ini yang wajib banget dan jangan sampai diskip.

Proses cleansing bermanfaat untuk membersihkan kulit bukan hanya dari residu make up tapi juga polusi dan debu karena aktifitas sehar-hari. Bahkan jika  seharian di rumah saja, proses ini tetap penting.

Memulai proses cleansing, ada 2 kelompok produk yang harus di miliki. double cleansing yaitu micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil dan juga facial wash.

Double cleansing adalah tahap awal proses cleansing, mengangkat sisa make up, sunscreen, polusi dari wajah secara gentle. Proses ini memastikan ketika mencuci wajah dengan sabun, semua kotoran dijamin terangkat. Jadi jangan sampai diskip.

Produk yang harus di miliki diantaranya yang berlabel Micellar Water, Cleansing Balm, Cleansing Oil, atau Cleansing Lotion.

Setelah itu baru boleh mencuci wajah dengan facial wash. Ini produk yang sangat familiar di pasar, biasanya berlabel Facial Wash atau Facial Cleanser dengan aneka jenis tekstur menyesuaikan kebutuhan kulit.

3 dari 6 halaman

2. Toning

Nah, setelah wajah dipastikan sudah bersih tahap selanjutnya adalah toning. Toning ini adalah tahap penting karena akan mengembalikan pH kulit wajah menjadi normal setelah proses cleansing. Tahap ini juga memastikan kuliat terhidrasi dengan baik.

Biasanya yang paling dasar dari toning adalah menggunakan hydrating toner namun, sebagai pemula pasti sempat bingung dengan banyaknya produk toner diluar kan?

Yang wajib di miliki adalah hydrating toner, setelahnya ada exfoliating toner ini adalah toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Urutan penggunaannya yaitu hydrating toner diikuti dengan exfoliating toner.

Exfoliating toner tidak wajib di miliki, dan membutuhkan kulit untuk beradaptasi dengan produknya. Wajib untuk melakukan banyak baca sebelum menggunakan exfoliating toner, perbedaan keduanya yaitu:

1. Exfoliating toner adalah toner dengan fungsi utama melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan kulit terluar. Toner jenis ini akan membersihkan sisa kotoran dari langkah sebelumnya serta sisa makeup dari wajah.

2. Hydrating toner adalah jenis toner dengan kegunaan utama melembapkan kulit wajah. Dengan membuat kulit lebih lembap, hydrating toner turut mempersiapkan kulit Anda untuk menerima produk-produk perawatan kulit selanjutnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Moisturizing

Tahapan skincare dasar pemula yang ketiga adalah moisturizing. Ini adalah tahap melembabkan, sangat penting karena sebagai pelindung barrier kulit agar tetap sehat dan tidak gampang jerawatan. Sekali pun kamu memiliki kulit berminyak, moisturizing wajib loh.

Di tahap ini, produk yang digunakan adalah moisturizer dalam bentuk dan tekstur beragam, gel, cream, hingga oil. Tekstur yang dipilih tergantung kebutuhan dan jenis kulit.

Biasanya kulit kering lebih cocok menggunakan moisturizer dengan tekstur cream karena lebih melembabkan.

Kulit berminyak lebih cocok dengan tekstur gel karena selain melembabkan juga lebih gentle dan tidak membuat kulit lebih berminyak. Sedangkan tekstur oil dapat digunakan jenis kulit apa saja menyesuaikan bahan utamanya.

Proses moisturizing wajib dilakukan baik siang maupun malam, memastikan kulit tetap lembab saat beraktivitas maupun saat tidur.

Ini nih tahap yang menjaga kulit dari masalah seperti jerawat, kulit kering, breakout hingga penuaan dini.

 

5 dari 6 halaman

4. Booster dan Serum

Ini tahap penting enggak penting. Sebenarnya, 3 tahap sebelumnya jika rutin dilakukan sudah cukup menjaga kesehatan kulit.

Namun, jika ingin lebih fokus menyelesaikan beberapa masalah kulit dan terus menambah kesehatan kulit, tahap yang bisa dilakukan adalah menggunakan booster dan serum.

Booster biasanya produk berupa essence, dilabeli seperti essence toner, essence cream, atau booster essence.

Essence juga mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA maupun PHA yang fokus memperbaiki kerusakan kulit. Penggunaan essence disesuaikan biasanya dengan kebutuhan kulit, jika ingin kulit lebih kenyal terlihat cerah dan lembut, jangan lupa pakai essence.

Selanjutnya setelah essence ada serum. Serum biasanya mengandung bahan aktif dan lebih fokus memperbaiki masalah kulit.

Tiap serum dikhususkan untuk masalah kulit tertentu, misalnya menggunakan serum vitamin C hanya akan fokus memperbaiki kulit kusam, jika ingin kulit lebih kencang, ada serum dengan bahan aktif tertentu.

Tahapan skincare dasar untuk pemula yang terakhir adalah sunscreen. Ini jangan sampai lewat sebab menggunakan sunscreen itu wajib baik saat beraktivitas di siang hari di luar maupun dalam ruangan.

6 dari 6 halaman

5. Sunscreen

Tahapan skincare dasar untuk pemula yang terakhir adalah sunscreen. Ini jangan sampai lewat. Menggunakan sunscreen itu wajib baik saat beraktifitas di siang hari  di luar maupun di dalam ruangan.

Sunscreen membantu menjaga kulit terlindungi dari sinar UV yang disebabkan oleh matahari. Terekspos sinar UV yang tinggi tidak baik untuk kulit loh, makanya harus ada barrier yang menjaga kulit.

Hasil penggunaan sunscreen akan terlihat bahkan ketika sudah berumur loh, kulit jadi lebih sehat, minim keriput dan pastinya menunda penuaan dini.

Melansir dari Jovee, suncreen sangat diperlukan saat Anda terpapar sinar matahari langsung, dalam waktu tertentu antara jam 10.00 pagi sampai jam 16.00 karena waktu tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Alasan utama orang-orang menggunakan sunscreen. Berikut alasan lain pentingnya memakai sunscreen: 

- Menghindari kulit terbakar matahari

Kulit terbakar matahari akan berdampak buruk karena membuat kulit menjadi rusak dan menghitam.

- Mencegah kanker kulit 

Hal ini dikarenakan paparan sinar UV dalam jangka panjang dan terlalu sering dapat memperbesar kemungkinan kulit terkena kanker.

 

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.