Sukses

Piala Presiden MLBB 2022 Masuki Tahap Closed Qualifier

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden Esports 2022 resmi dimulai. Para peserta akan bersaing untuk mendapatkan hadiah total Rp 2 miliar. Piala Presiden Esports pertama kali diluncurkan pada 2019 dan terus berlanjut hingga kini. Usai kick-off, Piala Presiden 2022 akan memasuki kualifikasi regional yang terbagi menjadi regional timur dan regional barat.

Regional timur meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Gorontalo, Papua Tengah, Dataran Tinggi Papua, Papua Selatan.

Sementara, regional barat meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, Aceh.

Sekadar informasi, Turnamen esports ini resmi dibuka sejak 10 Agustus 2022 lalu dengan opening ceremony dilaksanakan di The Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta. Acara ini adalah merupakan ajang esports yang pertama kali diluncurkan pada 2019.

Pada saat ini Piala Presiden Esports 2022 kategori Mobile Legends: Bang Bang telah memasuki babak Closed Qualifier. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai 13-16 Oktober 2022.

Sebelumnya, dalam babak kualifikasi terbuka kategori MLBB, diikuti oleh 2.048 tim dan terbagi kedalam 4 grup. Masing-masing grup tersebut akan meloloskan 2 tim dalam bertanding di group stage Piala Presiden Esports 2022.

Kemudian untuk babak kualifikasi tertutup akan diikuti oleh 8 tim profesional dan disaring menjadi 6 tim yang lolos ke main event group stage di Piala Presiden Esports 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tim Profesional

Pertandingan ini juga dilaksanakan secara hybrid di mana sistemnya daring dan luring, tetapi tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Adapun tim profesional yang akan bertanding adalah :

  • Alter Ego                                                                     
  • Aura Fire
  • Evos Legends
  • Bigetron Alpha
  • Rebelion Zion
  • RRQ Hoshi
  • Geek Fam
  • ONIC Prodigy.

Kualifikasi ini juga akan disiarkan secara live dan dapat kamu saksikan di di aplikasi Vidio Piala Presiden Esports ataupun YouTube dan TikTok KINCIR Esports.

Selain itu, pertemuan ke-delapan tim ini juga bisa menjadi gambaran dari gelaran playoff MPL ID S10 yang akan digelar setelahnya, meski ONIC Esports menurunkan tim MDL mereka pada kesempatan ini.

Nantinya, total akan ada 12 tim yang bakal bertanding di main event Piala Presiden Esports 2022 MLBB. Selain enam tim dari kualifikasi tertutup, ada enam tim lainnya yang akan ikut berlaga. 

Keenam tim tersebut, masing-masing dua dari kualifikasi terbuka, kualifikasi regional Barat dan Timur. Untuk kualifikasi regional Barat dan Timur kini sudah mendapatkan tim terbaiknya. 

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Nonton

Tiket untuk nonton langsung dapat dibeli secara online melalui situs ppe.kincir.com/ticketbox. Harga tiketnya mulai dari Rp 50.000 untuk daily pass. Sedangkan, untuk 3 day pass dengan seharga Rp 150.000.

Tiket tersebut juga dibeli secara online di tiket.com dan nantinya kamu akan mendapatkan e-voucher untuk ditukarkan di ticket box di Istora Senayan mulai dari 11-13 November mendatang.

Jadwal Closed Qualifier Day 2 Mobile Legends MLBB Piala Presiden Esports 2022 yang diagendakan hari ini, Jumat, 14 Oktober 2022.

Pada pertandingan hari pertama, babak kualifikasi tertutup diikuti oleh 8 tim undangan untuk beradu strategi yang sebelumnya melakoni kompetisi profesional di dunia MLBB.

Babak kualifikasi ini menyaring enam tim yang akan lolos melaju ke babak selanjutnya yakni, penyisihan grup di akhir bulan Oktober 2022. Setiap tim yang berlaga bakal bertanding habis-habisan untuk memperebutkan total hadiah senilai 2 miliar rupiah. 

Pada laga tanding perdana mempertemukan dua tim unggulan AURA Fire vs Alter Ego. Meskipun dianggap kuda hitam, nyatanya Alter Ego mampu memberikan kejutan dengan mengalahkan tim Aura Fire dengan skor telak 2-0.

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

Kekalahan tersebut mengharuskan Aura Fire harus tampil di lower bracket yang akan dipertandingkan hari ini, 14 Oktober 2022. Kejutan masih berlanjut, tim papan atas EVOS Legends menghadapi Rebellion Zion pada turnamen kedua.

Tim Macan Putih harus mengakui ketangguhan Rebellion Zion dengan skor telak 0-2. Saat ini skuad Branz dkk mengalami penurunan performa lantaran gagal lolos melaju ke babak playoffs pada turnamen MPL Season 10. Hasil demikian, mengantarkan EVOS Legends menyusul AURA Fire yang sudah lebih dahulu menempati babak lower bracket.

Pertandingan hari pertama memberikan kejutan yang tidak biasa, lantaran RRQ Hoshi yang dinilai skuad kuat harus tumbang dari Bigetron Alpha 0-2. Padahal pemain inti RRQ Hoshi diturunkan mulai dari Skylar, R7, Alberttt dan lainnya. Laga pertandingan terakhir mempertemukan ONIC Prodigy vs Geek Fam.

Pada pertandingan tersebut Geek Fam mampu unggul telak 2-0 atas ONIC Prodigy. Seperti diketahui, ONIC Prodigy merupakan skuad cadangan dari ONIC Esports yang bermain di MDL.

Sementara, RRQ Hoshi, ONIC Prodigy, EVOS Legends dan AURA Fire berada di babak lower bracket. Laga pertandingan babak closed qualifier berlangsung mulai 13-16 Oktober 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS