Sukses

Bikin Cerdas, 5 Makanan Ini Bantu Perkembangan Kognitif dan Otak Anak

Liputan6.com, Jakarta - Anak yang sehat dan cerdas adalah anugerah yang diidam-idamkan setiap orangtua. Para orangtua pastinya akan memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang dan kesehatan sang anak. Bahkan para orang tua rela menguras kantong agar anak bisa cerdas dan sehat. Misalnya lewat pendidikan atau les dan berbagai macam vitamin yang dapat mendorong perkembangan otak anak dengan maksimal. 

Otak anak biasanya masih terus berkembang hingga masa remaja. Para orangtua harus sadar bahwa asupan makanan yang masuk dalam tubuh dalam masa-masa emas tersebut. Coba lihat kembali isi bahan-bahan makanan yang ada di dapur Anda. Tanpa Anda sadari banyak sekali bahan-bahan makanan yang murah yang memilki khasiat luar biasa mendorong fungsi otak anak bekerja dengan baik.

Orangtua punya tugas tambahan untuk dapat mengelola kreatif bahan-bahan makanan tersebut sehingga dapat disukai anak. Ini adalah stimulan terbaik untuk memaksimalkan perkembangan otak anak. Penasaran ada makanan apa saja yang dapat membuat otak buah hati Anda berkembang maksimal? Yuk, intip sederet makanan terbaik untuk perkembangan otak anak berikut ini!

1. Seafood

Seafood atau makanan laut mengandung nutrisi seperti lemak omega-3, yodium, dan seng yang sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu, seafood sangat bagus untuk meningkatkan IQ dan kinerja anak di sekolah. Namun, Anda sebagai orangtua juga harus jeli memilihkan makanan laut yang aman. Banyak jenis hewan laut yang terkontaminasi oleh polutan. Anda bisa mencoba kerang atau udang yang lebih aman dari bahaya merkuri. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Telur

Telur menjadi salah satu makanan favorit anak-anak yang kaya akan nutrisi. Telur kaya akan kolin, vitamin B12, dan selenium yang sangat bagus untuk perkembangan otak dan perkembangan kognitif anak. Melansir dari Healthline penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering mengonsumsi telur dan makanan sehat lainnya memiliki IQ yang lebih tinggi. 

3 dari 5 halaman

3. Sayuran Berdaun Hijau

Membuat anak suka makan sayur memang masih jadi tantangan yang sulit bagi sebagian orangtua. Namun, sayuran sangat penting untuk kesehatan otak anak. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan selada kaya akan folat, vitamin E, flavonoid, dan karotenoid. Kandungan folat dan karotenoid sangat bagus untuk mendorong perkembangan kognitif anak.

4 dari 5 halaman

4. Jeruk

Buah manis dan menyegarkan ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Jeruk mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan aktivitas saraf dan aliran darah ke otak serta mendorong perkembangan fungsi kognitif anak. Selain itu, jeruk juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kerja memori otak dan fokus anak. Jeruk dapat dimakan langsung atau disajikan sebagai jus.

5 dari 5 halaman

5. Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Kandungan vitamin E, folat, protein, dan zat besi yang terdapat pada kacang dan bijian-bijian juga membantu kinerja akademik anak. Anda bisa mengkreasikan kacang dan biji-bijian yang ada di dapur sebagai cemilan sehat bagi Anak. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.