Sukses

5 Cara Berjabat Tangan Ini Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Liputan6.com, Jakarta Saat bertemu orang baru, tak sedikit dari kita yang saling berjabat tangan. Jabat tangan jelas lebih dari sekadar meraih dan berjabat tangan satu sama lain. Hal itu bisa mengungkapkan banyak hal tentang kepercayaan diri, niat, kontrol, ketakutan, intimidasi, dan bahkan kurangnya rasa hormat seseorang. 

Anda hanya perlu tahu cara membaca isyarat bahasa tubuh yang sederhana namun sangat informatif ini. Dilansir dari Brightside, rupanya cara seseorang berjabat tangan bisa mengungkapkan seperti apa kepribadian mereka sebenarnya loh. Nah bagi kalian yang penasaran, berikut ulasannya. 

1. Jabat tangan ganda

 

Jika seseorang melakukan jabat tangan menggunakan kedua tangannya yaitu dengan cara menggenggam punggung tangan lawan dengan dua tangan, itu tandanya orang tersebut menerima dominasi lawan tetapi ingin berdiskusi. 

Bahasa tubuh itu seolah mengatakan, "Ayo kita bicarakan," dan menunjukkan bahwa orang itu jujur ​​​​dan terbuka untuk komunikasi. Namun, jika tangan kedua diletakkan di atas tangan lawan, itu bisa berarti kurangnya kepercayaan sebagai bentuk pertahanan diri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Jabat tangan yang dominan

Orang ini berjabat tangan seperti pegulat, membalik tangan mereka di atas tangan Anda. Telapak tangan yang menghadap ke bawah menunjukkan dominasi dan bahkan mungkin dianggap agresif. 

Orang itu seolah berkata, "Saya bosnya, saya tidak peduli apa yang Anda pikirkan, dan saya akan memiliki kata terakhir." Memutar tangan sedikit menghadap ke bawah sangat mengontrol dan merupakan tanda mengambil kendali orang lain.

3 dari 5 halaman

3. Jabat tangan submasif

Telapak tangan yang menghadap ke atas, di sisi lain, adalah jabat tangan yang tunduk. Jabat tangan jenis ini berasal dari orang yang penakut atau mudah terintimidasi dan berarti orang tersebut tidak percaya diri dan mudah dikuasai. 

Jika Anda memperhatikan bahwa secara tidak sadar Anda membiarkan ibu jari orang lain berada di atas, mungkin ide yang baik untuk mengerjakan ini karena sepertinya Anda berasumsi bahwa orang lain yang memegang kendali.

4 dari 5 halaman

4. Jabat tangan “ikan mati”

Jika jabat tangan yang dilakukan seseorang terasa lemas dan terkulai seperti ikan mati, itu menunjukkan kurangnya komitmen, ketidakpedulian, dan bahkan kelemahan. 

Ini memberi pesan bahwa orang tersebut dapat dengan mudah menjadi penurut. Namun, perlu diingat bahwa di beberapa budaya seperti di negara-negara Afrika, misalnya, jabat tangan yang lembut adalah cara yang sopan untuk menyapa seseorang, sementara jabat tangan yang tegas dapat dianggap ofensif.

5 dari 5 halaman

5. Jabat tangan “seikat wortel”

Ketika seseorang menjabat tangan Anda dengan mengapit tangan Anda di antara jari-jari mereka yang menunjukkan kepasifan. Orang tersebut praktis mengatakan, "Saya tidak peduli," dan bahkan tidak mau repot-repot menunjukkan niat dan karakter mereka. Ini mengungkapkan bahwa orang tersebut dapat dengan mudah didorong. Namun, itu juga bisa berarti bahwa orang tersebut tidak menyukai kontak fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.