Sukses

4 Amalan yang Bisa Umat Muslim Lakukan Saat Peringatan Maulid Nabi

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Rabiul Awal, seluruh umat muslim di dunia akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari NU Online, peringatan Maulid Nabi memiliki hukum yang sunnah karena tujuannya adalah meneladani Nabi Muhammad SAW dan bershalawat kepadanya.

Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat Muslim dianjurkan melakukan sejumlah amalan. Lantas apa saja amalan yang bisa dilakukan umat muslim dalam memperingati Maulid Nabi? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber: 

1. Puasa Sunah

Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad adalah berpuasa. Rasulullah SAW selalu memperingati hari lahirnya dengan berpuasa pada hari Senin. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits berikut ini:

"Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan Al-Qur’an kepadaku)". (HR. Muslim)

2. Bersedakah

Selanjutnya amalan sunnah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa dilakukan ialah bersedekah. Hal ini dilakukan untuk memperingati kelahiran Rasulullah sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Terlebih lagi keutamaan bersyukur bagi umat muslim salah satunya ialah Allah akan menambah nikmat dan dilapangkan rizkinya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, 'Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'," (QS Ibrahim ayat 7).

3. Berzikir

Berzikir kepada Allah SWT juga bisa menjadi salah satu amalan yang dilakukan umat muslim untuk memperingati Maulid Nabi. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan supaya setiap muslim selalu mengingat Allah.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ro’d ayat 28 yang berarti:

"Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram." (QS Ar-Ro’d;28).

4. Membaca Sholawat

Salah satu amalan sunah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Sholawat nabi bisa dibaca kapan saja tanpa mengenal waktu mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an berikut ini:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

20 Link Twibbon Maulid Nabi 2022, Yuk Meriahkan Kelahiran Rasulullah SAW di Medsos

 Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam penanggalan kalender Hijriyah. Pada bulan ini ada satu peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan, yakni hari kelahiran Rasulullah SAW atau Maulid Nabi yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Umat Islam di Indonesia tidak luput merayakan hari lahir Rasulullah SAW selama bulan Rabiul Awal. Maka dari itu, bulan Rabiul Awal sering disebut sebagai bulan Maulid atau Mulud. Maulid bermakna lahir dari bahasa Arab.

Ada banyak jenis perayaan memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW. Mulai dari pengajian, pembacaan maulid nabi, hingga tabligh akbar. Biasanya penceramah pada peringatan Maulid Nabi membahas tentang sosok Rasulullah SAW dan kelahirannya.

Selain memperingati kelahiran nabi dengan acara religi, umat Islam juga bisa menggunakan cara lain untuk memeriahkan bulan kelahiran Rasulullah SAW. Caranya bisa dengan meramaikan media sosial dengan konten-konten yang berbau Maulid Nabi.

Salah satu ide konten media sosial tentang Maulid Nabi adalah dengan mengunggah twibbon. Sekarang membuat twibbon tak perlu repot-repot, sebab sudah praktis. Tinggal pilih twibbon yang dianggap menarik, pasang foto, lalu mengunggahnya di media sosial.

3 dari 3 halaman

Twibbon Maulid Nabi

Berikut ini adalah kumpulan twibbon Maulid Nabi 2022 yang dapat digunakan secara gratis. Sebelum pilih twibbon, yuk siapkan foto terbaiknya.

1. Twibbon 1 

2. Twibbon 2 

3. Twibbon 3  

4. Twibbon 4 

5. Twibbon 5 

6. Twibbon 6 

7. Twibbon 7 

8. Twibbon 8 

9. Twibbon 9

10. Twibbon 10 

11. Twibbon 11 

12. Twibbon 12 

13. Twibbon 13 

14. Twibbon 14 

15. Twibbon 15 

16. Twibbon 16 

17. Twibbon 17 

18. Twibbon 18 

19. Twibbon 19 

20. Twiibbon 20 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.