Sukses

Merasa Kesendirian di Lingkungan Ramai Ternyata Bukan Hal Buruk, Ini Penjelasannya!

Kesendirian selalu mendapat pandangan yang buruk, tetapi bagi sebagian dari kita, itu seperti mimpi.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang pernah mengalami situasi kesendirian di dalam hidupnya. Bagi sebagian orang itu hal yang menyedihkan, namun banyak juga lho yang merasakan kebahagiaan secara individual. Berada di situasi sendiri, mengajarkan untuk bersyukur atas segala sesuatu yang diberikan tanpa adanya iri dan dengki. 

Apakah kamu pernah mengalami kesendirian? Jika pernah, itu bukanlah hal yang buruk lho! Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya seperti dikutip dari medium.com berikut ini. 

Secara Pengertiannya

Psikolog memberitahu bahwa kita adalah makhluk sosial, dan oleh karena itu hubungan sosial yang kuat sangat penting untuk kesejahteraan mental dan kebahagiaan, bahkan kesehatan fisik yang baik. 

Tapi bagaimana dengan kita yang sangat suka menyendiri? Apakah itu tidak sehat? Apakah kita ditakdirkan untuk hidup dengan penderitaan mental dan kesehatan yang buruk?

Masih suka bingung perbedaan  antara kesepian dan kesendirian? Menurut pengertiannya, kesepian adalah perasaan negatif, kesedihan yang ditandai dengan rasa terisolasi, nyata atau dirasakan. Sedangkan, kesendirian adalah situasi fisik dan temporal, yang mungkin tidak diinginkan bagi sebagian orang, tetapi bagi yang lain sangat dicari sebagai preferensi untuk beberapa waktu yang luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Say Goodbye terhadap Pengaruh Buruk!

Dengan melakukan kesendirian di tengah keramaian, dapat menghindari kamu dari orang-orang yang memiliki pengaruh buruk atau toxic people. Bahkan, itu juga sangat penting lho untuk diri dan kesehatan mental kamu. Mungkin di setiap lingkungan memiliki teman atau orang-orang yang sering berperilaku negatif seperti membicarakan teman sendiri, tidak supportif, serta mengajak hal-hal negatif yang merugikan diri kamu. 

Batasi interaksi dengan orang-orang yang menurutmu membawa pengaruh buruk seperti ini. Lebih baik menjadi diri sendiri sehingga bisa membuatmu berkembang dari segala aspek.

3 dari 3 halaman

Me-Time Lebih Seru

Diantara kita pasti sering kali mendengar kata me time. Dengan melakukan sesuatu yang disukai seperti perawatan ke salon, membaca buku sendirian di taman, atau melukis sambil mendengarkan lagu. Jadi, konsep kesendirian di lingkungan yang ramai, salah satunya bisa dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri yaitu me time. 

Nah, meskipun sendirian bukan berarti kesepian, me time diperlukan untuk bisa merasakan kesenangan batin. Dengan cara ini, kita dapat membuang energi negatif yang ada pada dalam diri kita. Selain istirahat setelah bekerja, jangan lupa untuk melakukan hal yang menyenangkan juga untuk diri sendiri ya.

Karena merasa kesendirian sebenarnya tak seburuk yang kamu kira, maka kamu akan dapat lebih realistis dalam menjalani hidup sehingga apapun impian lambat laun akan mudah tercapai. Lagipula, kamu pasti ingin selalu membahagiakan yang ada di pikiranmu, bukan?

Fall in love with yourself is the first secret to happiness

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini