Sukses

Kenali 5 Tanda Jika Anda Tidak Sehat Secara Emosional

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda yang menjadi bukti bahwa Anda secara emosional tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu menjalani hidup dengan berbagai stres dan masalah yang berbeda-beda. Bahkan, segelintir individu memiliki beban lain dalam hidup.

Tapi pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana Anda mengatasinya? Apakah Anda merasa seperti tergelincir ke dalam jurang dan hati Anda tidak pernah merasa baik?

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda yang menjadi bukti bahwa Anda secara emosional tidak sehat, seperti melansir dari Times of India, Rabu (14/9/2022).

1. Anda mengisolasi dirimu sendiri

Pernahkah Anda mengasingkan diri, menghindari orang dan masalah di sekitar Anda?

Pernahkan Anda menemukan dirimu dalam situasi di mana Anda ingin sendirian bahkan ketika tidak ada masalah di sekitar Anda dan itu bukan tentang berada di ruang Anda sendiri?

Jika ini benar, maka Anda secara emosional tidak sehat dan Anda membutuhkan bantuan.

2. Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda baik-baik saja tapi nyatanya tidak

Apakah Anda sering hanya tersenyum pada diri sendiri dan mencoba meyakinkan bayangan cerminmu bahwa Anda baik-baik saja dan kenyataannya adalah sebaliknya?

Apakah Anda sering berada di tengah-tengah perasaan yang saling bertentangan? Banyak orang menekan emosi mereka dan mereka berpikir bahwa itu baik-baik saja dan perbaikan cepat untuk situasi tertentu juga.

Sedikit yang mereka sadari bahwa mereka merusak kesehatan mental mereka sendiri. Menekan perasaan bukanlah jawaban untuk menjadi ‘baik-baik saja’.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Anda tidak bisa memaafkan dan melupakan

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki lebih banyak musuh daripada teman dengan alasan bahwa Anda tidak mampu memaafkan seseorang untuk kesalahan terkecil, maka kita memiliki masalah.

Anda perlu menyadari bahwa ini adalah perilaku beracun. Jika Anda kesulitan melepaskan dendam maka Anda perlu mengatasi masalah Anda itu.

Pengampunan sangat penting bagi seseorang untuk tetap waras, karena manusia sering melakukan kesalahan.

Jika Anda memiliki orang-orang seperti itu di sekitarmu yang tidak bisa memaafkan dan membalas dendam, inilah saatnya untuk melepaskan orang-orang tersebut dari hidup Anda.

4. Anda membiarkan rasa tidak aman dan menang

Kita semua memiliki rasa tidak aman, tapi ini semua tentang seberapa banyak kita membiarkannya menyelinap ke kita. Alih-alih mengerjakannya, jika Anda sudah mulai membangun kompleks, maka Anda berada dalam skenario emosional yang sangat tidak sehat.

Anda harus mengambil langkah kecil dan meningkatkan diri sendiri daripada menyalahkan diri sendiri karenanya. Bahkan orang yang paling tenang di sekitarmu memiliki beberapa atau yang lain rasa tidak aman, tapi ini semua tentang bagaimana mereka mengatasinya.

3 dari 3 halaman

5. Anda tidak menjalani hidupmu

Apakah Anda membiarkan menit dan jam berlalu dan hanya bertahan hidup alih-alih menjalani kehidupan yang memuaskan? Jika ini adalah di mana Anda menemukan dirimu sehari-hari, maka Anda perlu mencari bantuan dari para ahli.

Anda harus menantikan hidup Anda. Lakukan apa yang benar-benar ingin Anda lakukan. Banyak dari kita terjebak dalam pekerjaan yang kita benci, tapi uang itu baik dan kita membutuhkannya sehingga kita menjebak diri kita di dalamnya.

Triknya adalah bersenang-senang setelah jam kerja. Anda harus melakukan sesuatu untuk kewarasan Anda sendiri. Coba untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti membaca buku, melukis dan bermain game.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.