Sukses

Studi: Mendengkur Dapat Meningkatkan Risiko Kanker dan Penurunan Kognitif, Ini Sebabnya

Ternyata mendengkur dapat meningkatkan risiko kanker dan penurunan fungsi kognitif

Liputan6.com, Jakarta Mendengkur dapat disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk konsumsi alkohol, bagaimana mulut dan sinus duduk, alergi atau berat badan. Selama tidur, otot-otot seseorang di langit-langit mulut, lidah, dan tenggorokannya rileks dan ini dapat menyebabkan mendengkur.

Mendengkur sesekali bukanlah masalah kesehatan utama, tetapi bagi mereka yang terus-menerus menderita kondisi tersebut mungkin juga menderita sleep apnea yang bisa sangat merugikan kesehatan mereka. Demikian sebuah studi baru memperingatkan.

Sleep apnea mempengaruhi sekitar 1,5 juta orang dewasa di Inggris, namun hingga 85% tidak terdiagnosis dan karenanya tidak diobati. Mendengkur adalah gangguan bagi penderitanya dan bagi mereka yang berbagi tempat tinggal dengan seseorang.

Tapi mendengkur juga bisa menjadi faktor risiko utama untuk konsekuensi kesehatan yang serius termasuk kanker dan penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian di Swedia, yang dipresentasikan pada konferensi medis di Barcelona, ​​pendengkur mungkin memiliki risiko lebih besar mengalami pembekuan darah di pembuluh darah mereka.

Apa itu sleep apnea dan apnea tidur obstruktif?

Sleep apnea adalah saat pernapasan Anda berhenti dan dimulai saat Anda tidur. Ini adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti dan dimulai.

“Jika tenggorokan Anda menutup sepenuhnya saat Anda tidur, Anda berhenti bernapas untuk sementara waktu. Disebut apnea jika berlangsung selama 10 detik atau lebih,” kata Asthma and Lung UK.

Ia menambahkan: “Pernapasan sering dimulai kembali dengan terkesiap atau mendengus dan beberapa gerakan. Anda rileks lagi, dan polanya kemudian dimulai lagi.”

Sementara obstructive sleep apnea (OSA) adalah jenis apnea tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peningkatan risiko kanker

Dr Andreas Palm, seorang peneliti dan konsultan senior di Universitas Uppsala, Swedia, mengatakan sudah diketahui bahwa pasien dengan OSA memiliki peningkatan risiko kanker.

“Namun belum jelas apakah ini karena OSA itu sendiri atau karena faktor risiko terkait kanker, seperti obesitas, penyakit kardiometabolik dan faktor gaya hidup,” tambahnya dalam siaran pers terbaru.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kekurangan oksigen karena OSA secara independen terkait dengan kanker."

Dalam penelitian tersebut, lebih dari 4.000 orang Swedia dengan sleep apnea parah diselidiki untuk menentukan siapa yang lebih mungkin menderita kanker daripada kasus yang lebih ringan.

Penulis studi Dr Nicola Marchi mengatakan: "Kami menemukan bahwa apnea tidur obstruktif, dan khususnya kadar oksigen rendah selama tidur, dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif, kecepatan pemrosesan, dan memori verbal yang lebih besar."

Dia menambahkan: "Kami menemukan bahwa orang berusia 74 tahun ke atas, dan pria, memiliki risiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif terkait dengan sleep apnea."

 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Dalam studi terpisah yang diterbitkan di National Library of Medicine, OSA dan hubungannya dengan risiko penyakit kardiovaskular dianalisis lebih lanjut.

Studi ini menemukan bahwa “individu dengan sleep apnea yang parah berada pada peningkatan risiko penyakit arteri koroner, gagal jantung kongestif, dan stroke.

Ia menambahkan: "Apnea tidur obstruktif meningkatkan risiko gagal jantung sebesar 140%, risiko stroke sebesar 60%, dan risiko penyakit jantung koroner sebesar 30%."

Disimpulkan bahwa sleep apnea perlu menjadi target penting untuk intervensi kesehatan masyarakat “bertujuan mengurangi penyakit kardiovaskular, penyebab utama kematian di antara orang dewasa di negara maju.”

Menurut NHS, Anda harus menemui dokter umum jika dengkuran Anda berdampak besar pada kehidupan Anda atau pasangan Anda.

Anda juga harus menemui dokter umum jika Anda merasa mengantuk di siang hari, mengeluarkan suara terengah-engah atau tersedak saat Anda tidur, karena itu bisa berarti Anda menderita sleep apnea.

4 dari 5 halaman

3 Zodiak yang Cenderung Memata-matai Mantan Usai Putus Cinta

Akhir dari sebuah romansa bisa menjadi perjalanan yang penuh gejolak. Ada beberapa zodiak yang tidak bisa lepas begitu saja saat sudah putus.

Oleh karena itu, mereka cenderung melekat pada masa lalu dan menggembangkan keterikatan yang cemas dengan mantannya, yang menyebabkan mereka menguntit mantan kekasihnya di media sosial dan bahkan di kehidupan nyata meski setelah putus.

Nah, penasaran zodiak apa saja yang memiliki kecenderungan untuk memata-matai mantannya setelah putus cinta? Berikut ulasannya seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (6/9/2022).

1. Cancer

Cancer menjadi salah satu mantan obsesif yang paling tidak berbahaya yang akan Anda temui. Meskipun cara mereka menguntit cukup halus melalui media sosial, tapi mereka tidak bisa melepaskan diri secara emosional dengan mudah.

Pemilik zodiak ini suka memantau saat mantannya online atau aktif di media sosial, memeriksa unggahan atau unggahan yang mantannya sukai.

Yang terbaik adalah memblokir mantanmu jika Anda ingin berhenti dari kecenderungan menguntit mereka.

5 dari 5 halaman

2. Sagitarius

Sagitarius yang patah hati cenderung merajuk di sekitar lingkungan mantannya dan berharap untuk menemukan mantannya untuk tetap bisa merasakan energi sang mantan.

Mereka terlalu bangga untuk mencoba dan berhubungan kembali dengan mantannya atau mencoba untuk menyalakan kembali perasaannya.

Tapi akan lebih bijaksana bagi mereka untuk memberi dirinya waktu pulih dari perpisahan.

3. Virgo

Seorang Virgo tidak menderita keterikatan yang cemas seperti tanda air yang sensitif. Tapi para perfeksionis ini memiliki harga dirinya.

Mereka tidak memberikan kepercayaannya dengan mudah dan karenanya, akan memantau mantannya untuk mengetahui apakah mereka telah menjalin hubungan lain.

Jika ya, Virgo akan curiga bahwa mantannya berselingkuh, yang akan melukai ego mereka. Namun, mereka tidak bisa menahan diri untuk menyelidiki kabar terkini tentang mantannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.