Sukses

Sudahi Galaumu, 6 Tips Move On Ini Wajib Kalian Coba

Berikut ini adalah sederet tips move on yang wajib kalian coba.

Liputan6.com, Jakarta Cinta adalah emosi yang rumit. Bahkan ketika suatu hubungan jelas-jelas tidak menguntungkan dirimu, sulit untuk memadamkan rasa cinta itu begitu saja. Perasaan cinta memang bisa memudar. Ya, menyembuhkan hati, mental, dan pikiran setelah perpisahan memang bisa. Namun, hal ini membutuhkan proses yang tidak cepat dan mudah.

Hubungan asmara yang kandas ataupun kisah cinta bertepuk sebelah tangan terkadang adalah hal yang sulit untuk diterima. Sangat normal bila banyak rasa ketidaknyamanan dan emosi yang begitu membuat sesak di dada. Hidup terus berjalan.

Daripada terus menerus meratapi nasib ada beragam cara yang dapat dirimu coba untuk membantumu dalam proses move on. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, intip kiat-kiat berikut yang dapat membantumu move on berikut ini:

1. Menerima Kenyataan

Optimisme memanglah penting. Namun, jangan sampai dirimu salah kaprah antara optimisme dengan harapan belaka. Lihat dan terimalah kenyataan! Jangan sampai dirimu terkurung dalam harapan-harapan yang tak pasti sehingga membuat dirimu semakin sulit untuk move on. 

Dibutuhkan keberanian dan kesadaran diri untuk mengenali hal ini. Memang proses untuk melepaskan bukanlah hal yang mudah dalam semalam, tetapi ini adalah langkah positif menuju pengembangan diri. Terkadang isi hati dan isi pikiran saling bertolak belakang. Hal seperti ini tak jarang membuat sebagian orang yang ingin move on justru semakin goyah. Cobalah untuk mulai berpikir realistis untuk kebaikanmu. Sudah sampai sejauh ini, setidaknya kamu harus menyelesaikan sampai akhir. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Terima dan Rasakan

Sedih, marah, kecewa, emosi tersebut kerap kali menghampiri selama proses move on. Tak perlu menyakal emosi karena akan semakin membuatmu semakin sesak. Validasi emosi-emosi tersebut, beri mereka ruang hingga dirimu sepuasmu. Hal ini membantu menemukan kedamaian dan dapat bergerak maju lebih ikhlas. 

3 dari 6 halaman

3. Fokus Melihat Masa Depan

Cinta untuk orang lama dapat membatasimu. Jika kamu terus terjebak pada seseorang yang tak dapat menjalin hubungan denganmu, ini justru mempersulit dirimu menemukan kebahagiaan dengan orang lain. Proses ini memang membutuhkan waktu. Bahkan bila sulit awalnya, kamu harus berkomitmen untuk melihat ke depan dan tak usah melihat ke belakang lagi. 

4 dari 6 halaman

4. Prioritaskan Hubungan dengan Orang Terkasih

Orang yang sedang patah hati cenderung “melupakan” hubungan penting dalam hidupnya. Keluarga, sahabat, teman dapat membantu dirimu untuk move on. Orang-orang terkasih dapat memberikan bimbingan dan kekuatan untuk move on. Sering-seringlah bercengkrama dengan mereka. Kegalauan dan kesedihanmu akan sedikit teralihkan.

5 dari 6 halaman

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ini waktu yang tepat untuk menyenangkan dirimu sendiri, lakukan hobi yang dirimu sukai. Isi otakmu dan perbaiki penampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Cintailah dirimu sendiri. 

6 dari 6 halaman

6. Rehat Sejenak

Jarak bisa menjadi teman terbaik untuk mempermudah proses move on. Sementara waktu cobalah untuk rehat dari handphone, media sosialmu, ataupun melihat foto-foto kenangan masa lalu. Hal-hal seperti ini sesekali dapat menghidupkan kembali perasaan lama. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.