Sukses

Temuan Fosil Dinosaurus Raksasa Setinggi 12 Meter di Kebun Warga, Jadi Salah Satu yang Terbesar

Liputan6.com, Jakarta Sisa-sisa apa yang diyakini sebagai dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Eropa sedang digali di kebun belakang seorang pria.

Kerangka fosil sauropoda ditemukan di Pombal, Portugal, ketika pria itu mulai membangun pekerjaan di propertinya.

Sauropoda, yang memiliki leher dan ekor panjang, adalah dinosaurus terbesar dan hewan darat terbesar yang pernah hidup. Mereka memakan tumbuhan dan berjalan dengan empat kaki.

Para ilmuwan dari Portugal dan Spanyol telah menemukan bagian tulang belakang dan tulang rusuk dari kemungkinan sauropoda brachiosaurid awal bulan ini. Penemuan ini menunjukkan bahwa reptil besar itu memiliki tinggi sekitar 12m dan panjang 25m.

Sekarang ahli paleontologi berharap untuk menggali lebih banyak kerangka karena temuan tersebut relatif utuh.

"Tidak biasa menemukan semua tulang rusuk hewan seperti ini, apalagi dalam posisi ini, mempertahankan posisi anatomi aslinya," kata Elisabete Malafaia, peneliti pasca-doktoral di Fakultas Ilmu Pengetahuan Universitas Lisbon.

Tim peneliti internasional mengatakan dinosaurus ini kemungkinan besar mati di posisi di mana sisa-sisa ditemukan.

Kerangka tersebut telah ditemukan di batuan sedimen Jurassic Atas, menunjukkan bahwa usianya sekitar 150 juta tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Fosil dinosaurus raksasa lainnnya

Penemuan ini muncul setelah bukti fosil menunjukkan kadal laut besar dengan "gigi paus pembunuh" adalah predator laut 66 juta tahun yang lalu.

Makhluk laut raksasa yang disebut Thalassotitan atrox, adalah reptil besar dari kelompok mosasaur yang sekarang sudah punah.

Para ilmuwan percaya itu berasal dari periode Cretaceous di mana makhluk bisa tumbuh hingga 9 meter panjangnya.

Para peneliti di University of Bath baru-baru ini menganalisis fosil yang menunjukkan tengkorak dan gigi makhluk itu membuatnya mampu memakan binatang laut besar lainnya.

3 dari 5 halaman

5 Manfaat Teh Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Gula Darah

Jambu biji disebut sebagai buah super karena kaya akan nutrisi. Buah berkulit hijau ini mengandung 80% air dan diisi dengan kebaikan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk vitamin C, antioksidan dalam jumlah besar dan nutrisi kesehatan jantung.

Bahkan daun buah ini bisa diinfuskan menjadi teh yang membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Teh yang terbuat dari daun jambu biji kaya akan flavonoid dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk lambung, usus, radang, kadar gula darah tinggi, diabetes dan luka.

Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari teh daun jambu biji, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (24/8/2022). 

1. Tingkatkan kekebalan

Baik jambu biji dan daun jambu biji diperkaya dengan vitamin C, yang kekurangannya bisa dikaitkan dengan berbagai infeksi dan penyakit.

Selain itu, sifat antimikrobanya membantu memerangi bakteri da virus berbahaya di dalam tubuh sambil mengobati infeksi apa pun.

Vitamin C bisa dengan mudah dikeluarkan dari tubuh dan karenanya sangat penting untuk mengkonsumsi jumlah yang baik selama diet dan ramuan buatan sendiri yang sehat.

 

4 dari 5 halaman

2. Tingkatkan kesehatan kulit

Berbagai macam antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam daun jambu biji cukup bermanfaay untuk kulit kenyal dan bisa mengurangi proses penuaan sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Selain itu, teh memiliki sifat antimikroba yang melindungi kulitmu dari jerawat sambil mempromosikan kulit yang sehat.

3. Bantu turunkan berat badan

Teh yang diekstraksi dari daun jambu biji membantu menghentikan karbohidrat kompleks dari berputar menjadi gula yang membantu penurunan berat badan dengan cepat.

Selain itu, mengandung kalori nol dan mengekang nafsu makan dengan mengurangi keinginanmu, yang semuanya membantu mengurangi kelebihan berat badan dari tubuhmu.

 

5 dari 5 halaman

4. Mengurangi risiko kanker

Likopen adalah antioksidan yang disebut-sebut bisa mengurangi kemungkinan kanker dan daun jambu biji memiliki antioksidan dalam jumlah besar yang melindungi radikal bebas dari sel-sel perusak, sehingga mengurangi pertumbuhan sel kanker.

5. Turunkan gula darah tinggi

Daun jambu biji mengandung potasium dalam jumlah yang layak sementara seluruh buahnya dikemas dengan kebaikan serat, yang keduanya membantu menurunkan gula darah.

Serat mengawasi pencernaan dan memastikannya tidak langsung menyatu dengan aliran darah.

Anda bisa menyesap teh daun jambu biji secara teratur untuk melihat hasil yang signifikan. Pastikan untuk tidak berlebihan konsumsinya untuk kesehatan yang aman dan sehat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS