Sukses

6 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Buah kiwi diklasifikasikan sebagai buah beri. Di Indonesia, Anda mungkin mengenal dua jenis kiwi, kiwi hijau dan kiwi gold. Kedua jenis buah kiwi ini sama-sama memiliki kandungan yang baik bagi tubuh Anda. Perbedaannya hanya kiwi hijau mengandung pigmen hijau atau klorofil, sedangkan kiwi gold tidak.

Dilansir dari laman Healthline, Selasa (16/8/2022), kiwi memiliki banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Sayangnya pada sebagian orang, mengonsumsi kiwi mungkin dapat memicu terjadinya alergi pada tubuh.

Terlepas dari hal tersebut, kiwi merupakan buah yang menyimpan banyak kandungan vitamin, serat, dan mineral. Kiwi mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam 100 gram buah kiwi sudah dapat memenuhi lebih dari 80% kebutuhan harian Anda.

Vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Dalam satu buah kiwi dengan berat 75 gram, mengandung kandungan berikut ini:

- Kalori : 42

- Protein : 0,8 gram

- Karbohidrat: 10,1 gram

- Serat: 2,1 gram

- Gula: 6,7 gram

- Vitamin C: 56 mg

- Kalium: 148 mg

Karena itu, ada baiknya Anda untuk mengonsumsi buah yang memiliki campuran rasa manis dan asam ini. Pasalnya, selain memiliki rasa yang nikmat, kiwi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini 6 manfaat buah kiwi bagi kesehatan yang perlu diketahui, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kiwi memiliki tingkat sodium yang rendah dan potasium yang baik. Ini merupakan kombinasi yang elektrolit yang baik untuk mengurangi tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi kiwi juga mengurangi risiko terkena stroke, mengingat buah ini mengandung folat.

2. Mengurangi Gejala Flu

Sebuah penelitian terhadap orang dewasa yang sehat menyatakan, kiwi dapat membantu mengurangi durasi flu. Selain itu, mengonsumsi kiwi gold juga dipercaya dapat mengatasi masalah sakit tenggorokan dan gangguan pernapasan.

3. Mencegah Anemia

Kiwi memang bukan buah yang memiliki kandungan zat besi. Namun kiwi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta dapat mencegah defisiensi zat besi dalam tubuh Anda.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Buah kiwi mengandung vitamin C dan vitamin K yang memainkan peranan penting dalam penyembuhan luka. Vitamin C merupakan prekursor kolagen yang merupakan komponen struktural kulit Anda.

Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah kiwi juga membantu memperbaiki luka dari dalam tubuh. Vitamin K juga dapat membantu membekukan darah, sehingga tidak terjadi pendarahan berlebih.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan bahwa kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan serotonin dan antioksidan yang ada dalam buah kiwi.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kiwi mengandung serat yang baik untuk pencernaan Anda. Serat yang ada pada buah kiwi dapat mendukung bakteri usus sehat yang membantu proses pencernaan, sehingga Anda terhindar dari sembelit.

Selain itu, kandungan enzim actinidin juga membantu meningkatkan pencernaan protein yang ada di dalam lambung dan usus kecil.

4 dari 4 halaman

Tips Menyimpan Kiwi

Kiwi yang sudah matang biasanya dapat disimpan di dalam lemari es selama 7 hari. Untuk membuatnya tidak layu dan bertahan 2 minggu, Anda dapat menaruhnyan ke dalam kantong plastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kelembapannya. Sebelum mengonsumsi kiwi, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengonsumsi kiwi bersama dengan kulitnya, maupun dikupas terlebih dahulu. 

Efek Samping Konsumsi Kiwi

Buah kiwi mungkin saja tidak cocok dikonsumsi pada sebagian orang, karena menyebabkan alergi. Beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan jika Anda mengalami alergi buah kiwi adalah rasa gatal pada tenggorokan, dan bengkak pada bibir.

Selain itu, pada gejala yang parah Anda mungkin akan mengalami palpitasi jantung atau anafilaksis. Hubungi dokter untuk memahami efek samping khusus buah kiwi terhadap diri Anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS