Sukses

Jutaan Orang Diprediksi Telah Kehilangan Indra Penciuman Setelah Terinfeksi Covid-19

Sekitar 5% pasien dengan kasus Covid-19 di seluruh dunia diperkirakan telah menderita kehilangan indra penciuman atau rasa yang tahan lama, sebuah analisis baru menunjukkan.

Liputan6.com, Jakarta Masih berjuang dengan indra penciuman Anda setelah berjuang melawan Covid-19? Anda tidak sendirian. Sekitar 5% pasien dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, sekitar 27 juta orang di seluruh dunia, diperkirakan telah menderita kehilangan indra penciuman atau rasa yang tahan lama, sebuah analisis baru menunjukkan.

Dalam analisis yang diterbitkan Rabu (27/7/2022) di The BMJ (jurnal medis peer-review dari British Medical Association), para peneliti mengevaluasi 18 penelitian sebelumnya tentang kehilangan bau dan rasa di beberapa benua dan dalam berbagai kelompok demografis. 

Sekitar tiga perempat dari mereka yang kehilangan indra perasa atau penciuman mendapatkan kembali indranya dalam waktu 30 hari. Tingkat pemulihan meningkat dari waktu ke waktu, tetapi sekitar 5% orang melaporkan "disfungsi persisten" enam bulan setelah infeksi mereka dengan Covid-19.

Analisis menunjukkan hilangnya penciuman dan rasa bisa menjadi masalah berkepanjangan yang membutuhkan lebih banyak penelitian dan sumber daya kesehatan untuk pasien yang berjuang dengan gejala jangka panjang.

Kehilangan penciuman telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi pada orang dewasa yang lebih tua dan telah terbukti memiliki dampak besar pada kesejahteraan emosional dan psikologis orang, kata Dr. Zara Patel, seorang ahli rinologi di Universitas Stanford yang tidak terlibat dalam penelitian The BMJ.

Memiliki ini sekarang jutaan orang di seluruh dunia dengan penurunan kemampuan untuk mencium, itu mungkin hanya krisis kesehatan masyarakat yang baru,” kata Patel. Kehilangan penciuman adalah salah satu penanda Covid-19 yang paling jelas pada hari-hari awal pandemi.

Anda dapat melacak pandemi di seluruh dunia dengan menganalisis pencarian Google tentang kehilangan bau," kata Patel.

Analisis BMJ memberikan tinjauan luas tentang studi bau di seluruh dunia dan dari waktu ke waktu. Data dari hampir 3.700 pasien dimasukkan dalam analisis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para ilmuwan mulai memahami bagaimana Covid-19 memengaruhi fungsi penciuman

Studi dari Amerika Utara, Eropa, dan Asia semuanya dimasukkan dalam analisis, yang mencatat bahwa wanita cenderung tidak mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa mereka daripada pria. Pasien dengan hidung tersumbat yang lebih besar juga lebih kecil kemungkinannya untuk sembuh.

Analisis menunjukkan peningkatan yang stabil dalam proporsi pasien yang memulihkan indra penciumannya dari waktu ke waktu. Setelah 30 hari, sekitar 74% pasien sembuh, setelah 90 hari jumlah itu naik menjadi 90%. Setelah enam bulan, sekitar 96% pasien mengatakan mereka bisa mencium lagi.

Para ilmuwan mulai memahami bagaimana Covid-19 memengaruhi fungsi penciuman. Virus corona sering menyebabkan pembengkakan di celah penciuman, yaitu saluran di bagian atas rongga hidung tempat manusia merasakan indera penciuman dan memproses rasa di luar rasa dasar seperti asam atau pahit.

Para peneliti berpikir virus pada awalnya tidak menginfeksi neuron penciuman tetapi malah menempel pada sel-sel pendukung, yang membantu neuron menyediakan jalur pensinyalan.

Pasien yang mengalami kehilangan penciuman setelah terinfeksi Covid-19 merupakan bagian yang unik, kata Dr. Aria Jafari, ahli rinologi di UW Medicine Sinus Center di Seattle, yang tidak terlibat dalam analisis baru. "Mereka cenderung menjadi lebih baik dan cepat, yang masuk akal berdasarkan sel-sel yang terpengaruh."

Jafari mengatakan sekitar setengah dari pasiennya yang kehilangan indra penciumannya kemungkinan memiliki Covid-19 di beberapa titik. Banyak yang mengalami dampak dramatis pada kesejahteraan mereka karena kehilangan.

Mereka cenderung bingung tentang hilangnya indra penciuman. Ini adalah bagian penting dari kehidupan kita setiap hari dan apa yang membuat kita menjadi manusia,” kata Jafari, menambahkan bahwa dia memperlakukan koki profesional, pembuat cokelat, dan lainnya yang mata pencahariannya bergantung pada kemampuan mereka untuk menentukan bau dan rasa. 

Hal paling umum yang saya dengar adalah bahwa itu mengarah pada isolasi sosial dan perasaan terputus dari dunia dan masyarakat seperti yang mereka ketahui. Dan itu bisa sangat mengganggu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tips Sederhana Sembuhkan Gejala Kehilangan Indra Penciuman Akibat Covid-19

Gejala Anosmia atau hilangnya kemampuan penciuman pada pasien Covid-19 dapat berakhir permanen. Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Mahatma Sotya Bawono,  mengatakan Anosmia dapat sembuh selama beberapa minggu atau hitungan bulan, namun beberapa kasus ada yang bersifat permanen.

"Ada yang bisa pulih dari anosmia, tetapi ada yang menetap atau tidak pulih. Namun sejauh ini lebih banyak yang pulih," jelasnya Kamis 25 Februari 2021.

Boni sapaan Mahatma mengatakan pasien Covid-19 yang ditanganinya ada yang cukup lama sembuh dari anosmia karena untuk sembuh dapat beragam. Bahkan ada yang sampai dua bulan pascaterjangkit Covid-19 baru pulih indra penciumannya.

"Salah satu pasien saya, ada yang sampe dua bulan pasca-Covid-19 tidak juga pulih," katanya.

Berlatih mengendus

Ia mengatakan memang belum ada panduan standar untuk mengembalikan fungsi penciuman pasien Covid-19 tersebut. Namun, terapi atau latihan dengan memberikan stimulasi pada indra penciuman dapat dilakukan, seperti berlatih mengendus setiap hari dengan menggunakan aroma berbeda-beda dengan aroma lemon, minyak atsiri, kopi, dan lainnya.

"Penggunaan aroma-aroma tersebut dapat untuk melatih penghidung. Berhasil tidaknya ini tentu tergantung dari derajat kerusakannya," ujarnya. 

Menurutnya jika terjadi permanen maka hal ini tidak bisa disepelekan. Karena, dapat berdampak pada kualitas hidup seseorang.

"Kalau tidak bisa menghidu, nanti aroma makanan juga tidak bisa tercium dan ini dapat menurunkan selera makan. Dalam jangka panjang bisa memengaruhi kualitas hidup," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini