Sukses

7 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Biji chia kaya akan nutrisi yang memungkinkan memberikan banyak manfaat nutrisi dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Biji chia kaya akan nutrisi yang memungkinkan memberikan banyak manfaat nutrisi dan kesehatan. Faktanya, para ahli mengklaim biji chia sangat baik untuk diet penurunan berat badan.

Tidak hanya itu, biji chia juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan yang lebih baik dan membantumu melawan keinginan untuk makanan berlebihan. Selain itu, biji chia juga diketahui bisa mencegah kanker dan diabetes.

Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat biji chia untuk kesehatan, seperti melansir dari Pinkvilla, Sabtu (24/7/2022).

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Sarat dengan lebih dari 11 gram serat hanya dalam satu ons, biji chia mampu memenuhi hingga 44 persen kebutuhan seratmu dalam sehari.

Karena biji chia berlimpah dalam kandungan seratnya, mereka bekerja untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan.

Baik itu pencegahan sembelit atau buang air besar yang lebih sehat, kandungan serat dalam biji chia bisa memperbaiki apa saja. Itu juga berfungsi sebagai prebiotik yang memicu bakteri menguntungkan di usus.

Tidak hanya itu, ia bahkan berfungsi untuk menyerap jumlah air yang tepat yang membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Ini membantu dalam menyingkirkan kebiasaan makan berlebihan.

2. Membuat kulit lebih sehat

Biji chia sangat kaya akan antioksidan, yang secara efektif bekerja untuk melawan radikal bebas. Ini menghindari kerusakan kulit akibat radikal bebas berbahaya dan mencegah stres oksidatif.

Selain itu, juga mempromosiokan perbaikan jaringan yang lebih cepat dan perlindungan terhadap potensi kerusakan kulit.

Biji chia menjadi salah satu makanan terkaya dalam hal kandungan antioksidan. Anda harus mempertimbangkan ke dalam menu makanmu untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan dan perlindungan dari kerusakan lingkungan juga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji chia sangat kaya akan antioksidan, serat, serta lemak yang menyehatkan jantung. Inilah yang membuatnya sangat sehat untuk kesehatan jantung kita.

Tidak hanya mempromosikan pencegahan penyakit kardiovaskular, tapi juga membantu dalam pengelolaannya. Selain itu, juga untuk mencegah tanda-tanda peradangan dan pada saat yang sama menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap terkendali.

Dengan jumlah asam lemak omega-3 yang tinggi, biji chia secara aktif menurunkan tekanan darah, mengatur kadar kolesterol dan mencegah peradangan. Ini meminimalkan risiko penyakit jantung koroner.

4. Membantu dalam pengelolaan kadar gula darah

Biji chia secara aktif bisa membantu dalam pengelolaan kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan kelimpahan asam alfa-linolenat dan serat, biji chia bisa membantu dalam pengelolaan kadar gula darah normal. Bahkan, itu juga membantu dalam memerangi diabetes tipe 2.

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan tingkat energi dan kinerja olahraga

Biji chia populer sebagai makanan para atlet. Mereka memiliki kekuatan untuk memberikan semua energi penting dengan memberikan karbohidrat esensial dan memaksimalkan penyimpanan glikogen di otot.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi chia lebih baik daripada minuman olahga dalam hal meningkatkan kinerja olahraga dan latihan.

Juga, ia tidak memiliki pengawet, gula dan rasa tambahan yang tidak perlu dibandingkan dengan minuman olahraga yang menjadikannya bahan minuman energi yang sangat efektif.

Biji chia juga super kaya akan kandungan proteinnya yang membantu tubuh membangun massa otot sekaligus meningkatkan kekuatan.

Penelitian telah membuktikan bahwa biji chia adalah makanan pasca-latihan yang sangat baik karena mempromosiokan pemulihan jaringan otot dan secara efektif engurangi waktu pemulihan otot.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Biji chia juga terbukti menguatkan tulang sekaligus kepadatan tulang. Bahkan, itu juga dikenal untuk mempromosikan kondisi terkait tulang yang serius seperti osteoporosis.

Dengan jumlah kalsium dan mangan yang tinggi, biji chia bergungsi sebagai makanan untuk tulang. Itu karena kalsium berperan besar dalam pemeliharaan kekuatan tulang dan kepadatan tulang.

Seiring dengan itu mangan memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme tulang. Hanya satu ons biji chia bisa memenuhi 18 persen kebutuhan kalsium tubuh kita dan sekitar 30 persen kebutuhan mangan yang sangat luar biasa.

 

4 dari 4 halaman

7. Membantu dalam penurunan berat badan

Biji chia secara alami kaya akan protein yang bekerja paling baik untuk menghasilkan otot yang lebih kuat tetapi lebih ramping dan membantu membakar lemak sambil mengelola rasa lapar dan nafsu makan secara efektif.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan peningkatan penurunan berat badan dengan meningkatkan asupan biji chia. Ia bekerja dengan mengekang mengidam makanan apa pun sambil mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Studi lain membuktikan bahwa biji chia mengurangi kadar ghrelin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk stimulasi rasa lapar. Namun, bagian terbaiknya adalah biji chia mengurangi rasa lapar sekaligus menjaga tingkat energi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.