Sukses

5 Makanan Terbaik untuk Meringankan Gejala Long Covid

Berikut beberapa makanan bergizi yang membantu meringankan gejala long Covid.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah infeksi Covid-19, gejala bisa berlangsung selama lebih dari 12 minggu, mengakibatkan gejala long Covid. Seiring bertambahnya periode waktu, gejala-gejala ini, seperti kelelahan, kehilangan rasa atau penciuman dan kabut otak bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari dan menyebabkan frustasi dan iritasi.

Untuk mengurangi dampak dari gejala-gejala tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah memantau pola makanmu.

Makan dengan baik menjadi penting untuk bangkit kembali, yang mungkin terjadi ketika Anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pulih.

Anda harus memasukkan banyak makanan sehat dalam menu harianmu dan menyeimbangkannya sehingga Anda mendapatkan semua protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pemulihanmu.

Oleh karena itu, berikut beberapa makanan bergizi yang membantu meringankan gejala long Covid, seperti melansir dari Times of India, Rabu (13/7/2022).

1. Buah segar

Jika Anda makan lima porsi buah setiap hari, Anda akan melihat hasil yang bagus dalam kesehatan, energi dan suasana hatimu secara keseluruhan.

Buah-buahan akan memberimu vitamin, mineral dan serat yang sangat dibutuhkan. Selain buah-buahan segar, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan beku, kalengan atau kering.

Anda bisa memulai pagi Anda dengan satu atau dua potong apel, atau pir.

Anda bisa menikmati buah sebagai makanan tengah antara sarapan dan makan siang. Di malam hari, Anda bisa menikmati buah-buahan manis seperti semangka untuk menyegarkan tubuhmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Karbohidrat bertepung

Individu biasanya merasa kekurangan energi selama dan setelah pulih dari infeksi. Untuk meningkatkan tingkat energimu, sertakan karbohidrat dalam menu Anda dengan makanan seperti kentang, nasi, roti, pasta, atau karbohidrat bertepung lainnya.

Sertakan makanan yang terbuat dari karbohidrat gandum untuh, sebab ini tinggi serat dan memberikan energi pada kecepatan yang lambat namun konsisten, yang lebih ideal untuk menghilangkan kelelahan.

3. Kaya sumber protein

Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur dan daging adalah sumber protein yang baik. Susu, keju, dan yogurt juga merupakan sumber yang kaya protein, kalsium dan vitamin.

Cobalah makan makanan rumahan termasuk makanan non-vegetarian seperti ayam. Anda bisa menyiapkan kari ayam yang lezat di rumah, yang akan jauh lebih sehat daripada daging olahan yang digunakan dalam sosis atau burger.

Protein akan membantu dalam membangun kembali otot-ototmu, menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energimu untuk mendapatkan tubuh yang sehat kembali.

3 dari 3 halaman

4. Lemak sehat

Asam lemak omega-3 memperkuat dinding sel dan membantu memunculkan respons imun yang kuat di hadapan virus, potagen, atau invasi bakteri.

Untuk memasukkan omega-3 dalam makananmu, Anda bisa makan ikan seperti salmon atau sarden, dua kali seminggu.

Jika Anda seorang vegetarian, maka Anda bisa mengonsumsi sumber nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan kedelai.

5. Asupan cairan

Minum banyak cairan setiap hari, terutama air putih. Hidrasi akan membantu tubuhmu untuk menghilangkan racun infeksi dari tubuhmu.

Air juga membantu dalam distribusi oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Selain air, Anda juga bisa minum susu, jus buah dan smoothie, tapi cobalah untuk menghindari terlalu banyak gula.

Jika Anda minum jus, pilihlah jus segar daripada jus kemasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.