Sukses

6 Manfaat Konsumsi Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut deretan manfaat mengonsumsi daging kambing.

Liputan6.com, Jakarta Di Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban tentu banyak umat muslim yang lantas mengolah daging kurban menjadi santapan lezat. Salah satunya ialah membuat olahan daging kambing. Ada begitu banyak jenis olahan daging kambing, mulai dari sate, tongseng hingga gulai kambing. 

Meski digadang-gadang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, rupanya mengonsumsi daging kambing dapat memberikan banyak manfaat. Tentunya jika mengonsumsinya tidak berlebihan ya. 

Nah, penasaran dengan berbagai manfaat daging kambing yang dapat diperoleh tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut deretan manfaat mengonsumsi daging kambing.

1. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat mengonsumsi daging kambing yang penting diketahui yakni sebagai salah satu asupan makanan untuk menambah massa otot. Hal ini karena daging kambing secara lebih banyak mengandung protein berkualitas.

Protein yang tinggi di dalam daging kambing cukup tepat untuk dikonsumsi. Sebab, asam amino tidak disertai banyak kalori saat dikonsumsi tubuh. Nah, bagi Anda yang sedang rutin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, mengonsumsi daging kambing nampaknya penting untuk dipertimbangkan.

2. Meningkatkan Pembakaran Lemak 

Manfaat mengonsumsi daging kambing berikutnya yakni mampu meningkatkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Lemak secara tidak langsung kemudian akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B yang banyak terdapat di dalam daging kambing. Maka dari itu, asupan daging kambing rasanya tepat pula untuk mendapatkan berat badan secara ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi daging kambing mampu mencegah risiko penyakit kanker. Hal ini diperoleh dengan mudah karena daging kambing memiliki kandungan tinggi vitamin B12, selenium, kolin, dan sebagainya. Berbagai kandungan tersebut dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai pemicu risiko kanker di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B12 juga tepat untuk mencegah stres berlebihan, depresi, hingga gangguan kecemasan.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi daging kambing juga rupanya baik bagi kesehatan jantung. Pada dasarnya, daging kambing justru memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah daripada jenis daging lainnya. Bahkan, mengonsumsi daging kambing secara rutin cukup dianjurkan. Konsumsi daging kambing sebanyak dua kali dalam satu bulan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daging kambing yang berikutnya yakni sebagai asupan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi yang berperan aktif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Zat besi tersebut yang nantinya akan melawan berbagai bakteri, kuman, hingga virus untuk dilumpuhkan. Itu mengapa, mengonsumsi daging kambing dalam porsi yang cukup akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada daging kambing juga berperan aktif untuk menambah suplai darah di dalam tubuh. Hal ini membuat, siapa saja yang mengonsumsi daging kambing akan terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.