Sukses

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Perkenalkan Public Speaking pada Siswa SMK YAPPENDA

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) sebagai bentuk kontribusi yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi SMK Yappenda Jakarta. Kegiatan yang dilakukan mengangkat topik “Pentingnya Keterampilan Public Speaking, Guna Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum bagi siswa di SMK Yappenda”.

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri yang dilaksanakan pada Senin (23/5/2022) dihadiri oleh 31 siswa kelas XII dari berbagai jurusan, di antaranya Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Acara diawali dengan sambutan melalui video dari Ibu Dr. Elly Yuliawati, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. Beliau mengatakan, kuliah peduli negeri merupakan implementasi dan kontribusi mahasiswa sebagai akademisi, yang memberikan keterampilan kompetensinya untuk kemaslahatan masyarakat.

Penyampaian materi kegiatan ini dipandu oleh dua orang mahasiswi Universitas Mercu Buana yakni Dini Meilinda dan Zahrotus Sholihah sebagai pembicara. Materi yang diberikan kepada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dikalangan siswa, khususnya siswa SMK Yappenda. Diharapkan ilmu dan pengalaman yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi siswa, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dunia perkuliahan atau dunia kerja”, ujar Dini Meilinda selaku ketua pelaksana.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 2 halaman

Pentingnya public speaking

Seperti yang diketahui, bahwa public speaking merupakan bagian dari soft skill yang penting untuk dikuasai oleh setiap kalangan. Terlebih, bagi siswa SMK yang pada saat lulus akan memasuki fase siap kerja. Tentunya dengan pengetahuan dan kemampuan public speaking yang baik, mampu membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri saat harus melakukan berbicara dihadapan banyak orang atau khalayak umum.

Acara yang dilaksanakan kurang lebih dua jam berjalan dengan baik dan lancar. Selama kegiatan dilakukan, para siswa terlihat menyimak dan antusias terhadap materi yang disampaikan. Siswa juga mampu mempraktekkan secara langsung proses public speaking dengan mengikuti tips public speaking yang dibagikan oleh pemateri.

“Dari kegiatan ini dan materi yang diberikan membuat saya bisa menjadi orang yang percaya diri. Pada saat saya harus maju ke depan melakukan public speaking, saya merasa lebih percaya diri karena biasanya saya malu melakukan hal tersebut”, ucap Putri Annisa, salah satu siswi SMK Yappenda yang berkesempatan menghadiri kegiatan KPN tersebut.