Sukses

8 Tips Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

Cara berikut akan membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal selama Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berpuasa selama kurang lebih 30 hari, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berbagai sajian lezat yang sangat menguggah selera.  Sayangnya, makanan khas lebaran tersebut justru bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh kita naik, apalagi jika Anda tidak mampu menahan diri dari godaan makanan bersantan.

Kenapa sih kita harus menjaga kadar kolesterol tetap normal? Sebab, jika kolesterol kita naik saat lebaran, bukan hanya bisa merusak momen kemenangan dan kebahagiaan Anda di hari lebaran, tapi kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan serangan jantung hingga stroke.

Ada beberapa menu sajian lebaran yang bisa memicu kelonjakan kadar kolesterol, antara lain rendang, sayur ketupat lebaran, opor ayam, dan aneka kue kering. Semua sajian khas lebaran ini tetap bisa disantap kok, asal jangan berlebihan.

Untuk mempersiapkan kesehatan selama lebaran, berikut cara mudah untuk membantu mencegah ataupun mengurangi kadar kolesterol, seperti melansir dari Theupdates.pk dan beberapa sumber lainnya, Rabu (27/4/2022).

Kurangi dan batasi makanan tinggi LDL

Ada dua jenis kolesterol, yang pertama dikenal sebagai HDL atau lemak baik, dan lainnya adalah LDL yaitu lemak atau kolesterol jahat. Beberapa sumber LDL ada pada potongan daging berlemak, gorengan, mentega, minyak kelapa, makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan panggang seperti kue kering.

Sebelum terlambat, identifikasi jenis makanan sebelum Anda mengonsumsinya. Mungkin makan secukupnya, lalu biasakan untuk menahan diri agar Anda terhindar dari resiko penyakit berbahaya akibat kolesterol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbanyak minum air putih

Saat puasa satu bulan penuh telah usai, tentu perasaan lupa diri akan mendorong Anda untuk menyantap semua makanan tanpa ampun. Jika seperti itu, niat untuk memuaskan diri malah jadi bencana bagi kondisi kesehatan Anda.

Agar bisa mencegah kolesterol naik saat lebaran, biasakan untuk perbanyak minum air putih sebelum memakan sesuatu di hari lebaran. Minum sekitar 1-2 gelas sebelum makan ternyata bisa membuat perut terasa kenyang. cara tersebut juga mampu menekan dan mencegah keinginan makan berlebih.

Perbanyak makan buah dan sayur segar

Tujuan dari makan buah dan sayuran segar adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Jadi, setelah seharian makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat, Anda bisa detoks seluruh makanan tersebut dengan buah ataupun sayuran segar.

Buah dan sayur juga akan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Mereka juga memiliki peran penting dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula darah, hingga kadar kolesterol tubuh.

Untuk itu, setelah santap makanan lebaran jangan lupa untuk langsung mencari buah atau sayuran segar sebagai pengganti camilan yang menyehatkan.

Makan tepat waktu

Hindari makan berkali-kali dalam sehari dengan tujuan untuk mencegah kolesterol naik. Caranya, Anda harus makan sesuai pada jam makan yang telah ditentukan sebelumnya.  Ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa lapar dan mengidam yang tidak jelas.

 

3 dari 4 halaman

Banyak bergerak

Jangan biarkan tubuh Anda lemas dan mengantuk sehabis makan banyak di hari lebaran. Untuk mencegah dan menurunkan kolesterol, Anda perlu bergerak agar membakar lemak di dalam tubuh.

Tidak perlu berolahraga berat kok, cukup bersih-bersih rumah setelah kunjungan silahturahmi. Anda bisa mengerjakan pekerjaan di rumah seperti, menyapu, mengepel, mencuci piring, menata perabotan rumah sambil mengelap meja yang kotor. Jika masih ada waktu, boleh juga lakukan jogging atau berjalan kaki mengitari komplek selama 20 hingga 45 menit.

Makan menggunakan piring kecil

Seberapa sulit sih menahan godaan makan di tengah sajian lebaran yang berlimpah? Ya, itu sulit banget. Tapi mau tak mau Anda harus menahan diri demi menjaga kesehatan tubuh. Untuk menghindari makan berlebih, Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan piring kecil.

Penggunaan piring kecil akan membuat jumlah makanan yang Anda ambil pun semakin sedikit, sedangkan untuk menambah makanan pasti akan merasa malu. Demikian mengapa piring kecil menjadi solusi dalam pencegahan meningkatnya kadar kolesterol di hari lebaran.

 

4 dari 4 halaman

Mengonsumsi makanan berserat

Tips lain yang bisa mencegah angka kolesterol naik saat lebaran adalah dengan mengonsumsi makanan berserat sebelum menyantap menu lebaran. Anda bisa mengonsumsi oatmeal atau gandum.

Mengutip dari Cleveland Clinic, makanan berserat tinggi bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga cara ini mampu mencegah keinginan makan banyak di lain waktu. Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Terhitung 5-10 gram serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Serat bekerja dengan cara mengikat kolesterol di usus halus agar lebih mudah dikeluarkan dan diserap ke dalam aliran darah.

Jadi, selain menu aneka santan yang menjadi makanan khas lebaran, Anda juga perlu menyiapkan bebeapa hidangan berserat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, coklat hitam, ubi jalar, ikan atau ubi jalar.

Berhenti merokok

Kunci untuk menurunkan atau bahkan mencegah kolesterol naik adalah dengan berhenti merokok. Ketika Anda berhenti merokok, kadar HDL atau kolesterol baik di dalam darah akan meningkat sehingga membuat jantung Anda bekerja lebih baik dan perlahan pulih dari kerusakan akibat merokok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.