Sukses

Waspada, Peneliti Identifikasi Varian Gabungan Antara Delta dan Omicron

Deltacron dengan gen Delta dan Omicron berhasil ditemukan oleh para ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Deltacron dengan gen Delta dan Omicron berhasil ditemukan oleh para ahli. Versi hibrida dari virus Corona yang menggabungkan gen dari varian Delta dan Omicron ini dijuluki "Deltacron" dan telah diidentifikasi pada setidaknya 17 pasien di Amerika Serikat dan Eropa, kata para peneliti.

Karena hanya ada sedikit kasus yang dikonfirmasi, terlalu dini untuk mengetahui apakah infeksi Deltacron akan sangat menular atau menyebabkan penyakit parah, kata Philippe Colson dari IHU Mediterranee Infection di Marseille, Prancis, penulis utama laporan yang diunggah pada Selasa (8/3/2022) di medRxiv. 

Dari tinjauan sejawat timnya menggambarkan tiga pasien di Prancis yang terinfeksi dengan versi SARS-CoV-2 yang menggabungkan protein lonjakan dari varian Omicron dengan varian Delta. 

Dua infeksi Deltacron lain yang tidak terkait telah diidentifikasi di Amerika Serikat, menurut laporan yang tidak dipublikasikan oleh perusahaan riset genetika Helix yang telah diserahkan ke medRxiv dan dilihat oleh Reuters.

Di papan buletin penelitian virus, tim lain telah melaporkan 12 infeksi Deltacron tambahan di Eropa sejak Januari, semuanya dengan lonjakan Omicron dan Delta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rekombinasi genetik

Rekombinasi genetik dari coronavirus manusia telah diketahui terjadi ketika dua varian menginfeksi sel inang yang sama. 

"Selama pandemi SARS-CoV-2, dua varian atau lebih telah beredar bersama selama periode waktu yang sama dan di wilayah geografis yang sama. Ini menciptakan peluang untuk rekombinasi antara dua varian ini," kata Colson. 

Dia menambahkan bahwa timnya telah merancang tes PCR yang dapat dengan cepat menguji sampel positif untuk keberadaan virus ini.

3 dari 6 halaman

Anjing Dapat Mengendus Virus Corona dengan Akurasi Tinggi

Penelitian baru menambah bukti bahwa anjing terlatih dapat membantu mengidentifikasi orang yang terinfeksi virus Corona.

Di dua pusat penyaringan komunitas di Paris, 335 sukarelawan yang menjalani tes PCR tradisional juga memberikan sampel keringat. Secara keseluruhan, 78 orang dengan gejala dan 31 orang tanpa gejala dinyatakan positif melalui PCR. 

Mengingat sampel keringat untuk dicium, anjing-anjing itu 97% akurat dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi, dan 100% akurat dalam mendeteksi infeksi pada pasien tanpa gejala, menurut sebuah laporan yang diunggah di medRxiv.

4 dari 6 halaman

Cukup akurat

Mereka juga 91% akurat dalam mengidentifikasi sukarelawan yang tidak terinfeksi, dan 94% akurat dalam mengesampingkan infeksi pada orang tanpa gejala.

"Pengujian anjing adalah non-invasif dan memberikan hasil langsung dan dapat diandalkan," kata para penulis.

5 dari 6 halaman

Butuh studi lebih lanjut

"Studi lebih lanjut akan difokuskan pada metode mengendus langsung oleh anjing untuk mengevaluasi anjing pelacak untuk pra-tes massal di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, kegiatan budaya atau acara olahraga."

6 dari 6 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Adalah

  • Delta

  • Deltacron