Sukses

Tanda Infeksi Subvarian Omicron BA.2, Waspada Jantung Berdebar yang Tak Biasa

Liputan6.com, Jakarta Kasus varian Omicron, yang sekarang menyumbang hampir semua infeksi virus corona secara global, telah surut. Namun, versi saudara baru dari strain Covid telah muncul – dan para ahli mulai khawatir.

Dikenal secara resmi sebagai subvarian Omicron BA.2 dan dijuluki Stealth Omicron - karena lebih sulit dideteksi - strain ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2021.

Meskipun para ahli sedang mempelajari sub-varian baru ini, sebuah laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa BA.2 berbeda dari mutasi sebelumnya karena struktur protein lonjakan selulernya.

Tidak banyak yang diketahui tentang 'sepupu dekat' Omicron ini yang mulai menyebar ke seluruh dunia. Namun, para ahli mulai mengidentifikasi satu gejala spesifik yang muncul kembali pada penderita.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Gejala spesifik subvarian Omicron BA.2

Meskipun Covid awalnya dianggap lebih sebagai penyakit pernapasan, gejala baru yang muncul selama pandemi dan varian yang berbeda menunjukkan bahwa virus juga dapat memengaruhi organ dan sistem lain di tubuh Anda.

Salah satu gejala tersebut mempengaruhi jantung, dengan peningkatan denyut jantung menjadi gejala umum dari subvarian Omicron BA.2. Demikian menurut British Heart Foundation.

Saat terinfeksi, jantung Anda mungkin berdetak lebih cepat sebagai respons terhadap demam atau peradangan yang disebabkan oleh Covid. Ini dikarenakan jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh untuk melawan infeksi.

3 dari 5 halaman

Jantung berdebar bahkan setelah sembuh

Menurut British Heart Foundation, beberapa orang juga melaporkan jantung berdebar, bahkan setelah sembuh dari infeksi Covid.

Biasanya palpitasi ini tidak perlu dikhawatirkan tetapi jika Anda mengalami detak jantung yang lebih cepat untuk waktu yang lama atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada, pusing, atau pingsan, sebaiknya cari bantuan medis untuk berjaga-jaga.

 

4 dari 5 halaman

Gejala umum subvarian Omicron BA.2

Gejala Stealth Omicron telah digambarkan hampir identik dengan varian Omicron asli. Gejala Omicron menurut penelitian ZOE Covid adalah :

  • Tenggorokan kering/gatal
  • Pilek
  • Bersin
  • Sakit otot ringan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala

Beberapa tanda yang lebih tidak biasa dari strain asli termasuk pingsan, kemacetan, kabut otak, ruam kulit, konjungtivitis, mual atau muntah, kelumpuhan tidur dan keringat malam.

Tercatat, gejala sebelumnya seperti sesak napas atau kehilangan rasa dan penciuman tidak begitu umum dengan varian seperti ketika virus pertama kali muncul pada tahun 2020.

5 dari 5 halaman

Infografis