Sukses

5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Menyebabkan Berat Badan Anda Bertambah

Berikut ini kebiasaan pagi hari yang tanpa disadari menyebabkan berat badan Anda bertambah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal adalah impian kebanyakan orang, terlebih bagi seorang wanita. Tubuh ideal akan membuat seorang wanita merasa lebih cantik dan dihargai.

Berbagai cara dilakukan untuk meraih hal tersebut. Di kepala Anda, bisa saja berat badan ekstra adalah sesuatu yang harus disingkirkan.

Anda sudah lama tidak makan makanan cepat saji dan permen, Anda berolahraga secara teratur, dan Anda berusaha keras untuk menurunkan berat badan tetapi berat badan ekstra itu tampaknya hanya bertahan.

Faktanya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ritual pagi yang biasa mereka lakukan dapat mencegah mereka mendapatkan tubuh impian mereka.

Terdengar tidak masuk akal, tapi pada kenyataannya, hal-hal yang simpel demikian lah yang luput dari perhatian. Berikut ini beberapa kebiasaan pagi hari yang dapat membuat berat badan Anda bertambah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terlalu banyak tidur

Dengan terlalu sedikit tidur, tubuh Anda lebih mungkin memproduksi hormon kortisol sebagai respons stres yang meningkatkan nafsu makan Anda. Namun, tidur berlebihan mungkin juga tidak lebih baik untuk Anda.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh jurnal PLOS One, tidur lebih dari 10 jam semalam dapat menyebabkan indeks massa tubuh lebih tinggi. Tidak heran jika dokter menyarankan untuk tidur 7 hingga 9 jam setiap hari.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda bersiap-siap dalam kegelapan

Buka jendela atau gorden segera setelah bangun tidur. Satu studi dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa gelombang cahaya biru dari matahari pagi meningkatkan metabolisme Anda dan membantu tubuh Anda bangun.

Bahkan 20 sampai 30 menit siang hari sudah cukup untuk mempengaruhi indeks massa tubuh Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Anda tidak merapikan tempat tidur Anda

Mungkin terdengar aneh, tapi itu benar. Sebuah studi oleh US National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa orang-orang yang melaporkan merapikan tempat tidur mereka juga melaporkan tidur yang lebih baik secara keseluruhan. Bagaimanapun, tidur yang sehat adalah cara optimal menuju berat badan yang sehat.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda lupa menimbang diri sendiri

Para peneliti dari Cornell University membuktikan bahwa penimbangan harian adalah teknik sukses yang mendorong penurunan berat badan.

Waktu terbaik untuk menginjak timbangan adalah di pagi hari sebelum makan atau minum apa pun. Karena Anda kehilangan berat air dalam semalam, Anda akan mendapatkan angka yang paling akurat.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda makan terlalu sedikit untuk sarapan

Peneliti dari Universitas Tel Aviv bersikeras bahwa Anda harus memanjakan diri dengan makanan lezat di pagi hari. Faktanya, sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori protein tanpa lemak, karbohidrat, dan beberapa makanan penutup akan memudahkan Anda untuk mengikuti rencana diet harian Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.