Sukses

5 Cara Mudah Membakar Kalori Saat Tidur, Dijamin Berat Badan Turun

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memiliki tubuh impian, banyak individu memilih melakukan diet ketat, pola makan yang sehat dan rutin berolahraga. Namun, ternyata ada beberapa cara yang lebih mudah untuk membakar lemak.

Faktanya, dengan beberapa perubahan gaya hidup, Anda bisa membakar kalori lebih cepat, bahkan saat Anda tidur.

Berikut beberapa tips yang bisa membantumu mengoptimalkan tidurmu untuk pembakaran lemak dan menurunkan berat badan sambil menutup mata, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (23/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Tidur tanpa selimut

Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa nyaman tidur dengan selimut. Namun, jika Anda ingin mengecilkan lingkar pinggar, sebenarnya lebih baik tidur tanpa selimut. 

Saat Anda tidur di suhu yang lebih dingin, metabolismemu meningkat dan Anda membakar lebih banyak kalori saat beristirahat. Kondisi yang lebih dingin di malam hari juga meningkatkan jumlah lemak cokelat sehat yang memungkinkan tubuhmu membuang gula darah yang tidak perlu dan membakar lebih banyak kalori.

3 dari 6 halaman

2. Perbanyak tidur

Menghitung kalori dan menghabiskan waktu berjam-jam di gym pasti bisa membantumu menjadi bugar, tapi salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidur lebih banyak. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya satu jam ekstra tidur setiap malam membantumu makan 270 kalori lebih sedikit per hari tanpa banyak usaha.

 

4 dari 6 halaman

3. Gunakan penutup mata khusus tidur

Terkena cahaya di malam hari tidak hanya mengganggu tidurmu, tapi juga bisa menyebabkan tubuhmu menyimpan lebih banyak lemak. 

Individu yang tidur dalam gelap memiliki kemungkinan 21% lebih kecil untuk mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur di kamar yang terang.

Jika Anda tidak bisa berada dalam kamar yang gelap, Anda bisa menggunakan penutup mata yang nyaman dan berkualitas baik yang bisa memberikan kegelapan total setiap saat sepanjang hari.

 

5 dari 6 halaman

4. Jangan tidur dalam keadaan lapar

Sementara makan lebih sedikit kalori akan membantu menurunkan berat badan, tapi melewatkan makan malam malah bisa bekerja sebaliknya. 

Saat Anda tiba-tiba menurunkan asupan kalori, tubuhmu secara otomatis masuk ke mode kelaparan dan menurunkan metabolismemu untuk menghemat kalori.

 

6 dari 6 halaman

5. Makanlah camilan sebelum tidur

Daripada makan makanan porsi besar sebelum tidur, pilihlah camilan kecil, sehat dan bergizi untuk menghindari makan berlebihan dan mendukung tidur yang lebih baik.