Sukses

5 Makanan Sehat Ini Justru Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Berikut ini deretan makanan sehat yang akan berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Mulai dari sayur-sayuran dan buah, banyak makanan sehat yang bisa dipilih untuk kita konsumsi. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan tubuh. 

Namun jangan lupa dengan pepatah segala sesuatu yang berlebih tentu tidak baik. Hal ini rupanya berlaku pula bagi makanan sehat. Banyak dari kita jatuh ke dalam perangkap memakan, katakanlah, buah-buahan dan sayuran tanpa menyadari bahwa mereka bisa sama berbahayanya dengan gula atau natrium jika dimakan berlebihan. Untungnya, kita dapat menghindari semua efek samping dengan makan dalam jumlah sedang.

Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan makanan sehat yang akan berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. 

1. Pisang

 

Makan terlalu banyak pisang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sama seperti gula, buah ini bisa menghasilkan bakteri perusak gigi yang bisa merusak email gigi. Namun kabar baiknya, jumlah gula dalam pisang kurang pekat. Anda mungkin juga mengalami sakit kepala karena pisang matang mengandung tyramine yang tinggi yang bisa menjadi pemicu migrain. Konsumsi 2 pisang sehari dianggap batas yang sehat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oat

Jika Anda makan oat secara berlebihan, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah kembung dan buang air besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala sembelit dapat dikurangi secara signifikan dengan menurunkan asupan serat makanan. Terlebih lagi, makan terlalu banyak oat membatasi penyerapan kalsium, magnesium, dan seng. Selain itu, terlalu banyak oat menyebabkan penambahan berat badan, terutama jika Anda menambahkan terlalu banyak topping. 3-6 ons per hari itu jumlah yang sehat, tergantung pada asupan kalori harian Anda.

3 dari 5 halaman

3. Keju

Porsi besar keju menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Jenis makanan ini tinggi lemak jenuh yang terkenal menyebabkan penyakit jantung koroner. Keju juga sering menyebabkan mulas karena hormon yang disebut cholecystokinin, yang dilepaskan saat makan.

4 dari 5 halaman

4. Nasi

Meskipun nasi itu enak, sebenarnya kandungan vitaminnya sangat sedikit. Jika Anda makan terlalu banyak nasi, Anda menghilangkan semua vitamin lainnya. Itu juga membuat kadar insulin Anda melonjak. Yang paling buruk, itu dapat menyebabkan kinerja mental yang buruk karena paparan arsenik tingkat rendah.

5 dari 5 halaman

5. Brokoli

Brokoli mengandung tiosianat yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut, wajah bengkak, dan konsekuensi lainnya. Brokoli juga bisa menyebabkan hidung tersumbat dan memicu alergi lain, seperti ruam kulit atau gatal-gatal. Sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari 4 cangkir sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.