Sukses

Jadwal Puasa Rajab 2022, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Artinya

Ada berbagai amalan shaleh yang bisa dilakukan selama bulan Rajab, seperti sholat sunnah, puasa sunnah atau pun sedekah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat Islam, bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang sangat istimewa. Untuk itu, umat Islam dianjurkan memuliakan bulan Rajab dengan meningkatkan amalan dan ibadahnya. 

Ada berbagai amalan shaleh yang bisa dilakukan selama bulan Rajab, seperti sholat sunnah, puasa sunnah atau pun sedekah.

Melansir dari NU, Senin (7/2/2022), melaksanakan puasa di bulan Rajab ini dianjurkan atau sunah. Hal ini didasarkan pada penjelasan Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in. Ia menulis, bahwa bulan paling utama untuk ibadah puasa setelah Ramadan ialah bulan-bulan yang dimuliakan Allah dan Rasulnya. Yang paling utama ialah Muharram, kemudian Rajab, lalu Dzulhijjah, terus Dzulqa‘dah, terakhir bulan Sya‘ban. 

Selain itu, Rasulullah saw juga pernah melaksanakan puasa di bulan Rajab. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim. Hadits ini merupakan dialog tanya jawab dari Utsman ibn Hakim al-Anshari kepada Sa’id ibn Jubair. 

“Saya bertanya kepada Sa’id Ibn Jubair tentang puasa Rajab, beliau menjawab berdasarkan kisah dari Ibnu ‘Abbas bahwa Rasulullah SAW senantiasa berpuasa sampai kami berkata nampaknya beliau akan berpuasa seluruh bulan. Namun suatu saat beliau tidak berpuasa sampai kami berkata, nampaknya beliau tidak akan puasa sebulan penuh.” (HR: Muslim)

Lantas kapan jadwal dan bagaimana bacaan niat puasa Rajab? Berikut ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Rajab 2022

Berikut jadwal puasa Rajab 2022 atau bulan Rajab 1443 hijriah.

  • 13 Rajab 1443 H atau 14 Februari 2022
  • 14 Rajab 1443 H atau 15 Februari 2022
  • 15 Rajab 1443 H atau 16 Februari 2022
3 dari 4 halaman

Niat Puasa Rajab Sebelum Subuh

Berikut niat puasa Rajab untuk dibaca sebelum Subuh.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghadin ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya,

"Aku berniat puasa sunah Rajab besok hari karena Allah Taala."

4 dari 4 halaman

Niat Puasa Rajab Siang Hari

Berikut niat puasa Rajab untuk dibaca siang hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hazal yaumi ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya,

" Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.