Sukses

Mata Gatal Jadi Gejala Covid-19 Varian Omicron? Begini Kata Ahli

Dokter memperingatkan satu gejala Covid-19 varian Omicron yang bisa muncul di wajahmu.

Liputan6.com, Jakarta - Varian Omicron telah menyebar begitu cepat di seluruh negeri. Tapi kecepatan penyebaran virus varian baru Covid-19 ini bukanlah satu-satuya cara yang berbeda dari iterasi sebelumnya. 

Pakar virus dan dokter telah memperingatkan bahwa infeksi Covid-19 berbasis Omicron bermanifestasi berbeda dari kasus-kasus sebelumnya, baik dalam tingkat keparahan maupun dalam hal gejala.

Kini, dokter memperingatkan satu gejala Omicron yang bisa muncul di wajahmu.

Masalah mata memang belum sering terlihat sebagai gejala varian Covid-19 sebelumnya, tapi masalah seperti mata merah, sensitivitas cahaya, mata sakit dan mata gatal telah dilaporkan secara ankedot, menurut Mayo Clinic.

“Banyak virus pernapasan dapat berdampak pada kongjuntiva mata,” ucap Ames A. Adalja, MD, sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter mengatakan mata gatal bisa menjadi gejala Omicron

Penelitian yang muncul telah menunjukkan bahwa Omicron tebih mungkin mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas daripada paru-paru, tidak seperti beberapa versi virus sebelumnya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

“Omicron lebih mirip dengan infeksi saluran pernapasan atas,” ucap Diego Hijano, MD, spesialis penyakit menular pediatrik di Rumah Sakit Penelitian Anak ST. Jude di Memphis, Tennessee, kepada U.S. News & World Report.

Akibatnya, varian ini menghasilkan lebih banyak gejala di area seperti hidung, tenggorokan dan mata.

Tatevik Movsisyan, OD, kepala Layanan Perawatan Mata Lanjut di The Ohio State University College of Optometry, mengatakan bahwa dampak Omicron pada mata bisa menyebabkan beberapa perasaan tidak nyaman ini.

“Dengan virus apapun, respons tubuh adalah peradangan, yang bisa menyebabkan mata merah dan gatal,” ucapnya.

3 dari 4 halaman

Bukan menjadi satu-satunya gejala Covid-19

Namun, mata gatal sendiri seharusnya tidak terlalu membuat Anda panik. Adalja mengatakan bahwa jika Anda hanya mengembangkan masalah mata ini dan tidak ada yang lain, kemungkinan hasil dari sesuatu yang berbeda. 

“Mata gatal yang disebabkan oleh Covid-19 tidak mungkin terjadi secara terpisah,” katanya.

Tapi jika Anda mulai menunjukkan tanda-tanda gejala seperti pilek lainnya di samping mata yang gatal, ada baiknya melakukan tes untuk melihat apakah Anda telah terinfeksi varian Omicron.

CDC mencatat bahwa gejala yang paling sering dilaporkan dikaitkan dengan varian Omicron adalah batuk, kelelahan dan pilek.

4 dari 4 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.