Sukses

4 Manfaat Berhenti Mencukur Bulu Ketiak Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir individu, khususnya wanita, memiliki bulu ketiak dianggap mengganggu penampilan dan bikin tak percaya diri.

Tak heran jika mereka memilih untuk menghilangkan bulu ketiak dengan berbagai cara, mulai dari waxing, mencukur atau mencabutnya.

Namun, nyatanya ada banyak manfaat kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan dari membiarkan rambut tubuhmu tumbuh. 

Berikut beberapa hal yang terjadi jika Anda berhenti mencukur bulu ketiakmu, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (29/1/2022). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Kurang rentan terhadap infeksi kulit

Jika Anda terbiasa mencukur dan melakukannya setiap hari, hampir tidak mungkin untuk menghindari sayatan kecil yang bisa menyebabkan iritasi. Jika tidak dirawat dengan benar, itu bahkan bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. 

Benjolan pisau cukur yang tampak tidak berbahaya sebenarnya bisa menjadi tanda kondisi kulit umum yang disebut folikulitis.

Jadi saat folikel rambut rusak, bakteri lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

3 dari 5 halaman

2. Mencegah kondisi kulit tertentu

Jika Anda memilih untuk membiarkan rambut tubuhmu tetap utuh, Anda akan melewatkan risiko luka bakar akibat pisau cukur dan rambut yang tumbuh ke dalam.

Jerawat mikro yang muncul di kulitmu saat bercukur bisa menyebabkan kondisi menjengkelkan lainnya, seperti iritasi kulit, jerawat di ketiak dan kutil.

4 dari 5 halaman

3. Membantu kulitmu sembuh lebih cepat

Jika Anda memiliki memar atau luka di tubuhmu, lebih baik membuang pisau cukurmu untuk sementara waktu, karena bulu tubuh sebenarnya bisa mempercepat proses penyembuhan. 

Folikel rambut mengandung sel induk yang membantu menyembuhkan kulitmu dari luka.

5 dari 5 halaman

4. Mengurangi iritasi

Jika Anda melakukan banyak aktivitas fisik, Anda akrab dengan perasaan tidak nyaman seperti lecet dan ruam yang tidak diinginkan di ketiakmu. 

Hal ini terjadi karena kelembapan yang dikombinasikan dengan gesekan dan bahan yang mengiritasi menyebabkan luka bakar pada kulitmu.

Ketika Anda memilih untuk tidak mencukur bulu ketiak, Anda membantu mengurangi kemungkinan iritasi lebih lanjut.