Sukses

10 Gejala Omicron Paling Buruk yang Bakal Anda Alami Bila Terinfeksi

Liputan6.com, Jakarta Varian Omicron telah membuat orang melaporkan beberapa gejala aneh. Gejala-gejala yang dilaporkan, amat berbeda dengan varian Delta yang sempat marak.

Namun, masih ada kekhawatiran karena kasusnya tetap tinggi. Terlebih, dengan semakin naiknya kasus Omicron di Indonesia yang mencapai 2000 kasus.

Tetap penting bagi orang-orang untuk dapat mengenali gejala sejak dini, terutama ketika gejala tersebut merupakan gejala Covid yang lebih tidak menyenangkan.

Satu studi telah mengumpulkan daftar 10 gejala paling tidak menyenangkan yang dialami oleh orang-orang dengan Covid-19 varian Omicron. Apa saja? Dihimpun dari Mirror, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Gejala umum infeksi varian Omicron

Studi Gejala Covid ZOE telah mengungkapkan beberapa gejala sangat tidak menyenangkan yang biasa dialami seseorang yang terinfeksi Omicron.

Gejala seperti sakit kepala dan nyeri sendi kerap terjadi, serta 'kabut otak' yang aneh di mana orang sulit mengingat apa yang mereka lakukan.

Tentang sakit kepala, penelitian tersebut melaporkan: "Sakit kepala adalah gejala yang sangat umum dari Covid-19 untuk semua kelompok umur. Rata-rata, sekitar tujuh dari sepuluh orang dewasa yang sakit dengan Covid-19 akan mengalami sakit kepala. Ini sedikit lebih jarang terjadi di anak-anak, mempengaruhi sekitar enam dari sepuluh anak."

"Sekitar 15% orang yang sakit dengan Covid-19 melaporkan sakit kepala sebagai satu-satunya gejala mereka."

 

3 dari 4 halaman

10 gejala terburuk varian Omicron

Dari 20 teratas yang dilaporkan, 10 yang terburuk adalah sebagai berikut:

  1. Sakit kepala
  2. Sakit tenggorokan
  3. Nyeri sendi
  4. Panas dingin
  5. Demam
  6. Pusing
  7. Kabut otak
  8. Nyeri otot
  9. Kelenjar bengkak
  10. Nyeri dada

 

4 dari 4 halaman

Gejala Omicron yang paling banyak ditemui

Meski demikian, dapat diketahui bahwa tiga gejala teratas sebagai kehilangan rasa atau bau, batuk terus menerus dan suhu tinggi sebagai tiga gejala paling umum. Ini tidak berubah sejak awal pandemi Omicron merebak.

Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, gejala Omicron tampak berbeda dan penelitian ZOE Covid memiliki daftar 20 gejala paling umum yang dilaporkan oleh pasien yang berbicara dengan mereka. Lima di antaranya adalah:

  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Bersin

Gejala mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda dan orang dapat mengharapkan untuk memiliki berbagai gejala atau tidak sama sekali.

Profesor Tim Spector, ilmuwan utama di aplikasi ZOE Covid Study, mengatakan: "Kami memiliki hal-hal seperti batuk di nomor enam, dan yang lain di sana yang mungkin Anda anggap layak untuk dilihat."

"Anda mengalami semua nyeri otot ini, bau yang berubah, melewatkan makan, nyeri dada, sakit telinga, dan banyak lainnya," tutupnya.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Omicron Covid
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    gejala omicron
  • COVID