Sukses

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Tentu tak sedikit dari kalian yang senang makan makanan ringan atau ngemil. Ngemil sering dipandang sebelah mata. Kebanyakan orang berpikir ngemil akan membuat tubuh gemuk. 

Faktanya, ngemil memiliki begitu banyak manfaat mulai dari penurunan berat badan hingga kualitas tidur. Ya, ini mungkin menjadi hal yang mengejutkan bagi Anda. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan manfaat ngemil bagi tubuh

1. Tubuh Mendapatkan Lebih Banyak Vitamin

 

Ngemil membantu Anda memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh Anda. Sulit untuk mendapatkan semua vitamin yang Anda butuhkan hanya dengan makan 3 kali sehari, oleh karena itu sering disarankan untuk makan buah dan sayuran di siang hari. Mereka yang makan terjadwal kehilangan vitamin esensial dan sebagai akibatnya mereka cenderung memiliki kuku yang rapuh dan bahkan kehilangan rambut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Membuat Anda Tidak Makan Berlebihan

Sarapan, makan siang, dan makan malam mungkin tidak cukup untuk semua orang. Camilan ringan membantu Anda merasa bertenaga sekaligus mencegah Anda makan berlebihan saat Anda akhirnya menyelesaikan makanan utama hari itu. Bahkan, Anda bahkan bisa menjadwalkan waktu camilan Anda. Inilah yang dipraktikkan di negara Swedia (fika), Jepang (Sanji no oyatsu), dan negara-negara lain.

3 dari 5 halaman

3. Kekuatan Otak Anda Meningkat

Otak menggunakan glukosa sebagai bahan bakar, terutama saat Anda melakukan tugas yang menantang. Kemampuan mental Anda berkurang secara signifikan ketika gula darah Anda rendah. Ngemil makanan seperti cokelat atau kenari dapat meningkatkan fokus mental Anda.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Stres

Ketika Anda merasa sedih, tubuh Anda melepaskan kortisol. Ini bisa menurunkan kadar gula darah, menurut ahli gizi. Jadi ketika Anda merasa frustasi, ambil camilan sehat dan aktifkan serotonin di dalam tubuh Anda.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Ikatan Sosial Anda

Ngemil sebenarnya berguna untuk membangun pertemanan dengan seseorang. Penelitian dari Universitas Oxford menemukan bahwa makan camilan bersama dapat meningkatkan kebahagiaan dan meningkatkan hubungan. Terlebih lagi, berbagi makanan ringan Anda dengan orang lain dapat membantu Anda memecahkan kebekuan dalam suatu situasi dengan lebih mudah. Itu membuat kita merasa dihargai dan diperhatikan.