Sukses

5 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan kepada Anak

Liputan6.com, Jakarta Ungkapan yang kita gunakan dan hal-hal yang kita katakan kepada anak-anak kita dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama pada anak Anda dan itu dapat membantu atau menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memilih kata-kata kita dengan hati-hati di sekitar anak-anak dan menggunakan nada yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka.

Anak-anak dapat dengan mudah menangkap bahasa dan nada yang Anda gunakan. Jenis frase yang kita gunakan atau kata-kata yang kita pilih ketika berbicara dengan anak-anak kita atau bahkan di sekitar mereka akan mencerminkan anak-anak Anda dan bagaimana mereka memandang dunia.

Itu dapat membentuk keyakinan mereka saat dan ketika mereka tumbuh dewasa. Ungkapan-ungkapan ini mungkin tampak normal bagi Anda, tetapi anak-anak Anda mungkin tumbuh dengan mentalitas korban yang percaya bahwa mereka tidak akan pernah berhasil atau mereka selalu kekurangan sesuatu.

Kebiasaan kecil memilih kata-kata yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak-anak Anda dapat membantu anak-anak mencapai potensi mereka yang sebenarnya.

Berikut adalah 5 hal yang tidak boleh dikatakan kepada anak Anda:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

1. “Kita tidak akan pernah mampu untuk itu”

Anda tidak ingin anak-anak Anda merasa bahwa impian atau aspirasi mereka dapat dibatasi oleh uang. Sebaliknya, buat mereka bekerja keras untuk itu.

Anda ingin anak-anak Anda tahu bahwa uang adalah nilai besar yang dapat diperoleh melalui kerja keras tetapi tidak mengukur impian dan kebahagiaan Anda. Anak-anak Anda akan memupuk kebiasaan finansial yang cerdas dan memiliki kesabaran dalam memprioritaskan kebahagiaan daripada materialisme.

 

3 dari 6 halaman

2. “Aku melakukan segalanya untukmu”

Ini akan membuat mereka merasa bahwa semua yang Anda lakukan untuk mereka adalah karena kewajiban dan bukan karena cinta. Cinta orang tua untuk anak-anak mereka seharusnya tanpa syarat dan semua yang Anda lakukan untuk mereka murni karena cinta dan tidak disengaja.

 

4 dari 6 halaman

3. “Berhentilah menjadi anak seperti itu”

Tidak apa-apa bagi seorang anak untuk berperilaku seperti anak kecil. Tidak apa-apa bagi mereka untuk membuat kesalahan. Adalah normal bagi anak-anak untuk menangis.

Orang tua terkadang bisa sedikit terlalu keras pada anak-anak mereka, dengan mengatakan ini, Anda membuat mereka bertindak pada usia tertentu yang tidak datang secara alami kepada mereka. Menegakkan perilaku tertentu pada anak di usia yang begitu muda akan membuat mereka tegang dan konservatif.

 

5 dari 6 halaman

4. “Kamu tidak akan pernah bisa melakukan ini”

Ini adalah hal terburuk yang bisa Anda katakan kepada anak Anda. Ini akan langsung membuat mereka merasa tidak kompeten dan tidak efisien dalam berbagai cara.

Ini akan membatasi bakat yang mereka rasa percaya diri. Orang tua harus memotivasi anak-anak mereka dan merayakan pencapaian mereka untuk membuat mereka maju dalam hidup.

 

6 dari 6 halaman

5. Apa pun yang buruk tentang pasangan Anda

Apa pun yang terjadi, cobalah untuk tidak mengatakan hal negatif tentang pasangan Anda di depan anak-anak Anda. Orang tua harus berhati-hati tentang bagaimana mereka menganggap orang penting mereka di depan anak-anak mereka.

Cobalah untuk menghindari pertengkaran di depan anak-anak Anda atau berbicara dengan nada kasar kepada pasangan Anda. Anak-anak Anda harus merasakan cinta dan percaya bahwa segala sesuatunya selalu berhasil.