Sukses

6 Cara untuk Mengetahui si Dia Berbohong atau Tidak

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang ingin dikhianati atau dibohongi. Tapi pembohong yang dapat bersembunyi di balik kepercayaan, biasanya cukup licik.

Sangat sulit untuk mengidentifikasi pembohong karena mereka biasanya sangat efisien dalam menutupi jejak mereka. Namun terkadang, ada petunjuk tertentu yang mengarah pada ketidakjujuran yang dilakukan.

Jadi, tidak selalu mustahil untuk mengidentifikasi pembohong yang terang-terangan. Untuk memudahkan Anda, berikut ini beberapa cara mudah dan sederhana untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak.

1. Kontak mata

Pembohong akan selalu menghindari menatap langsung ke mata, saat mengucapkan kebohongan. Mereka akan mengalihkan pandangan mereka dan melihat ke sana kemari. Mereka mungkin akan berkedip dengan cepat atau sering menatap ke atas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

2. Bahasa tubuh

Bahasa tubuh seseorang dapat memberi tahu banyak tentang mereka. Seorang pembohong umumnya akan menutup diri. Mereka akan menyembunyikan tangan mereka, atau bahkan mungkin mengetuk kaki mereka dengan gugup. Menjilat atau mengigit bibir secara aneh juga merupakan tanda lain bahwa orang tersebut tidak mengatakan yang sebenarnya.

 

3 dari 6 halaman

3. Mengubah topik pembicaraan

Seorang pembohong akan selalu berusaha mengubah topik saat ini. Mereka merasa rentan saat berbohong. Jadi, mereka mencoba mengubah topik pembicaraan sehingga mereka tidak perlu berbohong lagi, dan agar pendengar tidak mengorek lebih jauh untuk mengungkapkan kebenaran.

 

4 dari 6 halaman

4. Mempertahankan diri

Ketika Anda menghadapi pembohong tentang kemungkinan kebenaran, mereka menjadi defensif dan mulai menyerang Anda dengan pertanyaan tentang diri Anda sendiri, bukan pertanyaan mereka. Mereka menjadi terlalu defensif dan menolak menjawab pertanyaan apa pun. Mereka bahkan mencoba mengalihkan pembicaraan dengan mengalihkannya ke arah Anda.

 

5 dari 6 halaman

5. Berkeringat

Seorang pembohong akan berkeringat berlebihan karena merasa stres dan cemas saat berbohong. Berkeringat merupakan indikasi bahwa orang tersebut sangat stres dan mungkin berbohong.

 

6 dari 6 halaman

6. Pernapasan lambat

Orang cenderung bernapas dengan berat dan lambat ketika mereka berbohong. Pernapasan mereka menjadi lebih dangkal, karena detak jantung meningkat secara radikal ketika mereka gugup atau stres. Dan dengan ini, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah orang tersebut berbohong atau tidak.