Sukses

Bukan Prediksi, Apa Artinya Melihat Orang Meninggal dalam Mimpi?

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi bertemu dengan sahabat memang menyenangkan, tapi bagaimana jika ada skenario tidak menyenangkan melihat sahabat Anda tidak bernyawa dalam mimpi? Anda akan bangun dengan rasa kehilangan yang mendalam, tetapi tidak perlu khawatir karena ini tidak ada hubungannya dengan kematian.

Saat mencoba menafsirkan mimpi, ada baiknya untuk tidak terlalu fokus pada detail spesifik dan lebih pada cara Anda merasakannya. Pertimbangkan bagaimana perasaan ini berhubungan dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda.

Misalnya, jika Anda bangun dengan perasaan takut dan cemas, Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda stres tentang perubahan dalam hidup Anda atau takut akan hal yang tidak diketahui.

Dilansir Healthline, Jumat (3/12/2021), bukan hal aneh bagi orang yang sakit parah untuk bermimpi tentang orang yang telah meninggal, menurut sebuah studi pada 2016 yang dilakukan di India. Survei sebelumnya pada 2014 juga menemukan bahwa bukan hal aneh untuk memimpikan seseorang yang baru saja meninggal.

Mimpi buruk seperti itu mungkin menjadi bagian dari proses berkabung atau cerminan dari fakta bahwa Anda merindukan seseorang yang tidak lagi ada dalam hidupmu.

Namun, jika Anda tidak sakit parah atau berduka atas orang yang Anda cintai, impian Anda mungkin bukan tentang kematian sama sekali. Sebaliknya, kematian dapat mewakili perubahan atau masa transisi.

Mimpi Anda bukanlah sebuah prediksi, jadi jika bermimpi tentang kematian seseorang bukanlah suatu hal yang akan terjadi dalam waktu dekat. Hal-hal dalam mimpi merupakan simbol untuk hal lain. Mimpi meninggal bisa jadi bentuk berkabung atau representasi dari perubahan besar dalam hidup Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Mimpi tentang Kematian

Kematian dapat muncul dalam berbagai jenis mimpi. Entah itu kematian Anda sendiri atau kematian rang lain. Ada kemungkinan besar mimpi Anda menunjukkan tentang masalah yang belum terselesaikan.

1. Arti mimpi anggota keluarga meninggal

Sebuah studi 2018 tentang mimpi buruk masa kanak-kanak menemukan bahwa tema-tema umum, terdiri dari kematian, cedera, ancaman terhadap anggota keluarga. Saat Anda bermimpi tentang orang yang dicintai meninggal, mungkin karena perubahan baik yang dirasakan pada hubunganmu.

2. Mimpi tentang Anda meninggal

Bermimpi tentang diri Anda sendiri meninggal dapat berarti bahwa Anda berada dalam transisi kehidupan yang besar. Ini mungkin merupakan ucapan selamat tinggal simbolis untuk suatu hubungan, pekerjaan, atau rumah. Itu bisa mewakili bagian dari diri Anda yang sedang sekarat atau sesuatu yang ingin Anda hindari.

3. Arti mimpi selebritas meninggal

Ketika seorang selebritas meninggal dalam mimpi Anda, tidak berarti mimpi itu tentang selebritas tersebut. Maknanya mungkin terletak pada siapa atau apa yang direpresentasikan selebritas tersebut bagimu.

4. Mimpi hewan peliharaan mati

Anda mungkin bermimpi tentang hewan peliharaan Anda sekarat saat mereka sudah tua atau sakit dan Anda benar-benar peduli terhadap mereka. Namun, hewan peliharaan dalam mimpi mungkin melambangkan hal lain seperti kenyamanan, keamanan dan persahabatan. Mimpi tentang peliharaan yang mati mungkin melambangkan ketakutan Anda akan kehilangan ketiga kualitas tersebut.

5. Arti mimpi teman meninggal

Bermimpi tentang kematian seorang teman bisa menandakan kepedulian terhadap orang itu. Ini juga bisa berarti bahwa persahabatan Anda sedang mengalami perubahan atau bahwa Anda lebih memilih untuk bebas dari orang ini.

Perlu diketahui makna di balik mimpi tersebut mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan teman tersebut. Sebaliknya, itu mungkin berhubungan dengan apa yang diwakili teman itu dalam hidup Anda. 

6. Arti mimpi melihat orang tersayang yang sudah meninggal

Studi kecil 2016 yang disebutkan di atas menemukan bahwa mimpi akhir hayat adalah hal biasa. Orang yang sakit parah melaporkan bermimpi tentang orang yang dicintai yang sudah meninggal.

Mimpi-mimpi ini cenderung tidak mengancam dan orang-orang dalam mimpi itu terlihat dalam kondisi kesehatan prima. Ini bisa menjadi mekanisme koping.

3 dari 4 halaman

Cara Menghentikan Mimpi Ini Muncul Berulang

"Tujuan akhirnya mungkin bukan untuk menghindari mimpi seperti itu, melainkan mendekati mereka dengan rasa ingin tahu untuk lebih memahaminya," kata Dr. Alex Dmitiu dari Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine di California, kepada Healthline.

Mimpi berulang tentang kematian dapat menjadi hasil dari stres yang berkelanjutan dan masalah yang belum terselesaikan. Cobalah untuk mengidentifikasi penyebab stres dalam kehidupan nyata Anda. Menghadapi masalah dapat membantu menghentikan mimpi.

Anda juga dapat tidur lebih nyenyak dengan menjadwalkan waktu istirahat sebelum tidur. Pastikan kamar tidur Anda bebas dari elektronik yang menyala dan sumber cahaya lainnya.

Jika Anda bangun di malam hari, gunakan pernapasan dalam atau latihan relaksasi lainnya untuk kembali tidur. Jika itu tidak berhasil, bangun dan lakukan sesuatu yang menenangkan sampai Anda mengantuk lagi.

Jika Anda mengalami kesulitan menghadapi mimpi yang berulang atau stres yang berkelanjutan, bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan mental. Terapis yang berkualifikasi dapat membantu Anda mengatasi mimpi-mimpi cemas.

Penulis:

Anastasia Merlinda

4 dari 4 halaman

Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru