Sukses

5 Tips dalam Mengatasi Kerontokan Rambut dan Kesalahan yang Kerap Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Kerontokan rambut benar-benar normal, tetapi ketika Anda mulai melihat lebih banyak rambut di sisir rambut Anda atau gumpalan yang menyumbat saluran pembuangan kamar mandi, itu bisa sangat mengkhawatirkan.

Genetika dapat berperan dalam rambut rontok, seperti halnya kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Tetapi ada beberapa pengaruh lain yang mungkin menjadi faktor seperti stres, penurunan berat badan, atau kekurangan zat besi.

Meskipun kita tidak selalu dapat mencegah penyebab kerontokan atau penipisan rambut, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalkannya.

Seperti dilaporkan oleh Mirror, Dr Ophelia Veraitch, Konsultan dermatologis dan pendiri Dr Ophelia Comsecutical Skin and Hair menjabarkan kesalahan dalam merawat rambut rontok dan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerontokan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

1. Pijat minyak almond ke kulit kepala Anda

Keadaan kulit kepala Anda dapat memiliki dampak besar pada kesehatan rambut Anda. Kulit kepala kering atau kulit kepala dengan banyak produk yang menumpuk dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan rambut.

Ini karena penumpukan perlahan mulai mencekik folikel rambut, yang dapat menghambat pertumbuhan atau menyebabkan rambut rontok.

Dr Ophelia menyarankan memijat kulit kepala dengan minyak, karena dia mengatakan "Ini adalah cara terbaik untuk menghidrasi kulit kepala dan rambut Anda secara alami dan membantu keduanya mempertahankan kelembapan."

Memijat minyak almond ke kulit kepala dan rambut seperti ini membantu mengurangi keriting pada rambut dan juga memperbaiki kondisi kulit kepala.

 

3 dari 6 halaman

2. Gunakan minyak zaitun pada psoriasis kulit kepala

Psoriasis adalah kondisi kulit yang mempengaruhi sekitar 2 persen orang di Inggris dan dapat menyebabkan masalah rambut bagi wanita berusia 45 tahun ke atas.

Ini menyebabkan bercak kulit bersisik yang biasanya berwarna merah dan berkerak dengan sisik keperakan dan dapat terjadi di kulit kepala, mengakibatkan sisik halus yang terlihat seperti ketombe, kerak tebal, atau plak berkerak yang menutupi seluruh kulit kepala.

Psoriasis adalah penyakit kronis, ini berarti berlangsung lama dan biasanya melibatkan periode ketika Anda memiliki gejala dan kemudian periode di mana Anda tidak memilikinya. Meskipun tidak ada obatnya, ada sejumlah perawatan yang aman dan efektif yang dapat memperbaiki gejala dan penampilan kulit serta mengurangi keparahan dan ukuran bercak.

Langkah-langkah gaya hidup seperti menurunkan berat badan, olahraga, makan sehat, berhenti merokok dan mengurangi asupan alkohol semuanya dapat membantu psoriasis.

"Memberi kulit kepala Anda minyak zaitun dapat membantu meringankan gejala psoriasis," kata Dr Ophelia.

Cukup beri kulit kepala minyak zaitun, bungkus dengan cling film/plastic wrap dan biarkan selama beberapa jam atau bahkan semalaman.

 

4 dari 6 halaman

3. Gunakan tonik pertumbuhan rambut

Pilihan lainnya adalah menggunakan produk rambut yang menargetkan penipisan dan kerontokan rambut yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut.

Misalnya, hormon tidur melatonin tidak hanya mengatur ritme sirkadian, tetapi juga merupakan antioksidan hebat yang disintesis dalam folikel rambut.

 

5 dari 6 halaman

4. Jangan mengeringkan rambut basah dengan handuk

Kesalahan umum yang dilakukan orang adalah mengeringkan rambut mereka dengan handuk katun.

Batang rambut terbuat dari keratin. Lapisan terluar dari batang rambut dikenal sebagai kutikula, dan terbuat dari sel-sel keratin yang tumpang tindih.

Kutikula rambut berfungsi sebagai lapisan pelindung, namun jika tidak dirawat, kerusakan pada kutikula rambut dapat membuat rambut terlihat dan terasa kering dan tidak sehat.

Handuk mengeringkan rambut basah dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel keratin di kutikula.

Sebagai gantinya, keringkan rambut Anda atau gunakan kain mikrofiber atau kaus oblong.

 

6 dari 6 halaman

5. Mitos: Pengeringan dengan handuk membantu kondisioner menyerap ke dalam rambut lebih banyak

Ada kesalahpahaman umum bahwa mengeringkan rambut dengan handuk sebelum menggunakan kondisioner membuat produk lebih mudah menyerap ke batang rambut.

Tapi Dr Ophelia memperingatkan untuk tidak melakukannya.

"Argumen ini bagi saya adalah bahwa itu seperti menggunakan kertas pasir di kulit Anda untuk membuat bahan aktif menyerap lebih baik ke dalam kulit .... Saya tidak tahu mengapa ada orang yang dengan sengaja merusak kutikula batang rambut agar kondisioner untuk 'diserap'."

Jika kerontokan rambut Anda menyebabkan kesusahan Anda, hubungi dokter umum Anda untuk saran lebih lanjut.