Sukses

4 Bahan Alami Ini Bisa Bikin Kulit Glowing, Ada Madu dan Kayu Manis

Bahan mana yang tertarik untuk Anda coba? Cara menggunakannya sangat mudah

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang, rutin menggunakan berbagai produk perawatan wajah untuk mencegah kulit kusam dan mendapatkan wajah yang glowing. Nyatanya untuk memiliki wajah yang bercahaya, tidak hanya dengan rutinitas perawatan kulit memakai bahan-bahan racikan kimia saja tetapi juga bisa dengan bahan-bahan alami.  

Anda bisa menggunakan beberapa bahan-bahan yang Anda miliki di dapur seperti wortel, madu, dan kayu manis agar membuat kulit Anda tampak cerah dan bercahaya serta tampak sehat. Kelebihan dari penggunaan bahan-bahan alami tentu saja mereka tidak akan meninggalkan residu di kulit.

Lalu apa saja bahan-bahan alami tersebut? Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa membuat kulit Anda glowing, seperti melansir dari Brightside. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Madu

Bahan ini dikenal karena sifat anti-bakterinya pada kulit kita, apalagi bagi orang yang memiliki kondisi kulit berjerawat dan psoriasis. Jika Anda ingin menggunakan bahan madu manusia sebagai perawatan wajah, pastikan Anda menggunakannya semurni mungkin atau tidak dipasteurisasi.  

Hal ini dikarenakan semua bakteri alami bisa bekerja lebih maksimal di kulit Anda. Sebelum menggunakan madu, sebaiknya Anda pastikan tidak memiliki alergi terhadap madu. Anda bisa mengeceknya dengan melakukan tes alergi. 

3 dari 5 halaman

Kayu Manis

Selain memiliki aroma yang enak, kayu cendana juga dipercaya bagus untuk kulit. Bahan alami ini bisa membantu mencegah dan mengatasi kulit yang iritasi, keriput, atau bahkan psoriasis. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa kayu cendana bisa mengobati jerawat. 

Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampurkan dua sendok makan bubuk cendana dengan satu sendok makan air mawar. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda sebagai masker dan tunggu kering selama 10-15 menit dan kemudian Anda bisa membilasnya. 

4 dari 5 halaman

Kayu Manis

Kayu manis terkenal akan sifat antioksidannya karena bisa melindungi sel-sel kulit Anda. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan kolagen kulit. 

Jika Anda ingin menggunakan bahan ini sebagai masker, Anda bisa menggabungkan 3 sendok madu mentah dan 1 sendok kayu manis.. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda. Namun ingatlah, Anda harus berhati-hati jika memiliki alergi terhadap kayu manis. Dan, usahakan Anda menggunakan ekstrak kayu manis daripada kayu manis bubuk karena lebih bermanfaat bagi kulit Anda. 

5 dari 5 halaman

Blueberry

Buah yang kaya akan vitamin C sangat bagus untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur atau menjadikan blueberry sebagai campuran masker Anda. Pemakaian yang rutin akan meningkatkan produksi kolagen Anda dan melawan penuaan dini

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.